5 Tim Aerobatik Udara Terkenal Amerika

Oleh Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Aerobatik adalah demonstrasi manuver terbang pesawat yang tidak digunakan dalam penerbangan normal. Karenanya dalam sebuah tim aerobatik, banyak manuver-manuver berbahaya yang dilakukan. Biasanya selain untuk unjuk gigi ketangkasan pilot dan pesawat, atraksi udara ini juga sebagai hiburan diajang-ajang airshow. Berikut ini old.uniknya.com, sisipkan 5 tim aerobatik terkenal di Amerika yang melibatkan pesawat-pesawat bermesin canggih:

 

1. Blue Angels

Blue Angels adalah skuadron aerobatik Angkatan Laut Amerika Serikat yang  terbentuk pada tahun 1946. Blue Angels juga merupakan, tim aerobtik paling tua di dunia penerbangan. Skuadron ini terdiri dari enam pilot aerobatik yang menerbangkan F/A-18 Hornet, di lebih dari 70 pertunjukan di 34 lokasi berbeda di seluruh Amerika Serikat setiap tahunnya. Skuadron ini juga masih mendemonstrasikan, teknik yang sama digunakan pada tahun 1946 silam. Misi dari Blue Angels sendiri adalah untuk meningkatkan kemampuan udara Angkatan Laut dan Marinir, serta mampu merekrut pilot-pilot terbaik yang ada dijajaran corps penerbang Angkatan Laut Amerika.

 

[spoiler]

Blue Angels (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

2. Thunderbirds 

Thunderbirds adalah skuadron aerobatik Angkatan Udara AS (USAF), yang berbasis di Nellis AFB di Las Vegas, Nevada. Skuadron ini, melakukan tur penerbangan di Amerika Serikat dan sebagian besar dunia, guna menampilkan demonstrasi udara terbaik dengan menggunakan pesawat jet khusus. Nama Thunderbirds sendiri diambil dari makhluk legendaris yang muncul dalam mitologi beberapa budaya asli Amerika Utara. Selain bertanggung jawab dalam demonstrasi udara, Thunderbirds adalah bagian dari kekuatan tempur USAF. Jika diperlukan, dapat dengan cepat diintegrasikan ke dalam sebuah unit tempur operasional. Sejak 15 Februari 1974, Thunderbirds telah menjadi komponen dari Wing ke-57 di Nellis AFB.

 

[spoiler]

Thunderbirds (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

3. Patriots Jet Team

Tim Jet Patriots adalah tim aerobatic sipil yang melakukan demonstrasinya diajang pameran udara di barat Amerika Serikat. Tim ini beroperasi dengan menggunakan enam kapal terbang L-39 Albatros. Patriots berbasis di Byron, California. Tim ini mulai melakukan demonstrasi udaranya pada tahun 2003 dengan hanya diperkuat dua pesawat L-39. Tim ini dimiliki oleh mantan pilot United Airlines Randy Howell. Patriots juga disponsori oleh perusahaan Fry’s Electronics dan Hot Line Construction, dan lebih 25 awak darat yang kesemuanya relawan.

 

[spoiler]

Patriots Jet Team (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

4. Horsemen Aerobatic Team

Tim aerobatic Horsemen adalah satu-satunya tim aerobatik yang menggunakan pesawat P-51 Mustang. Terdiri dari tiga pilot yang memiliki keinginan sama untuk menampilkan kehebatan P-51 Mustang. Sejak pembentukannya pada tahun 1994, misi tim Horsemen adalah, “membawa kepentingan yang lebih besar ke sejarah dunia penerbangan, sekaligus untuk mengingatkan generasi masa depan bagaimana mesin-mesin yang powerful membantu perubahan Sekutu pada Perang Dunia II silam.”

 

[spoiler]

Horsemen Aerobatic Team (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]
5. GEICO Skytypers Air Show Team

Tim Air Show  GEICO Skytypers adalah tim aerobatic yang tampil dipameran dirgantara di Amerika Serikat. Menggunakan  enam pesawat SNJ-2 era Perang Dunia II.Tim ini disponsori oleh GEICO. Dikenal sebagai skytyping, pesawat melakukan tingkat rendah manuver terbang dan juga membuat pesan asap udara yang dibuat melalui komputer yang dikendalikan tiupan asap.
Pada bulan April 2007, Skytypers GEICO dilakukan pembentukan manusia hilang dalam penghargaan khusus kepada Kevin ”Kojak” Davis yang tewas dalam kecelakaan2007 Blue Angels Carolina Selatan.(**)

 

[spoiler]

GEICO Skytypers Air Show Team (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sumber: dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Maret 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com