5 Fenomena UFO dalam Berbagai Film

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Fenomena kemunculan makhluk asing (“alien”), atau mahluk planet lain, banyak diadaptasi ke dalam film maupun layar televisi. Berbagai versi mengenai keberadaan mahluk asing di filmkan dengn berbagai kisah yang menarik. Dari sekian banyak film yang telah dibuat, berikut 5 diantaranya yang fenomenal mengangkat tema UFO menurut old.uniknya.com. Simak ulasannya:

 

1. E.T. the Extra-Terrestrial 

E.T. the Extra-Terrestrial merupakan sebuah film Amerika Serikat, yang dirilis pada tanggal 11 Juni 1982. Film yang disutradarai oleh Steven Spielbergini pemainnya antara lain ialah Henry Thomas, Dee Wallace-Stone, Robert MacNaughton, dan memperkenalkan Drew Barrymore (yang pada saat itu, baru berumur 7 tahun), pada publik dunia film. Film ini melejitkan karier Drew Barymoore dalam dunia film.

 

[spoiler]

E.T. the Extra-Terrestrial (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

2. Aliens

Aliens merupakan sebuah film Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1986. Film yang disutradarai oleh James Cameron ini pemainnya antara lain ialah Sigourney Weaver, Michael Biehn, Lance Henriksen, Carrie Henn, dan masih banyak lagi. Tanggal rilisnya pada 18 Juli 1986. Film ini menceritakan penjelajahan antariksa manusia, yang pesawatnya disusupi mahluk aliens yang dapat bermutasi dan berkembang biak dalam tubuh manusia yang sudah terjangkit.

 

[spoiler]

Aliens (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

3. Predator

Predator adalah sebuah film sains fiksi pada tahun 1987, sebuah film aksi dan horor arahan John McTiernan, dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger, Carl Weathers, Jesse Ventura dan Kevin Peter Hall. Berkisah tentang sebuah tim elit yang ditugaskan untuk menyelamatkan sandera dari sekelompok gerilyawan di Amerika Tengah. Tanpa mengetahui adanya Alien (makhluk asing luar angkasa), mereka di buru oleh makhluk asing tersebut. Reaksi penonton terhadap film ini sangatlah memuaskan dan film ini berhasil meraup keuntungan sebesar US$60 juta di negara Amerika. Film ini diikuti pula oleh sekuelnya yang berjudul Predator 2 (1990) dan dua film crossover dengan franchise Alien: Alien vs. Predator (2004) dan Aliens vs. Predator: Requiem(2007).

 

[spoiler]

Predator (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

4. Independence Day

Independence Day adalah film action Amerika tahun 1996 yang bercerita mengenai bencana fiksi tentang invasi alien ke Bumi. Cerita ini berfokus pada kelompok yang berbeda dari beberapa pasangan keluarga yang saling berhubungan dan dipertemukan di sebuah gurun yang terletak di Nevada. Di tempat yang menjadi basis militer rahasia Amerika itu, sebuah serangan balik terhadap alien direncanakan untuk menyelamatkan bumi pada tanggal 4 Juli  yang juga menjadi Hari Kemerdekaan Amerika Serikat. Film ini disutradarai oleh sutradara Jerman Roland Emmerich, yang ikut menulis naskah dengan produser Dean Devlin.

 

[spoiler]

Independence Day (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

5. The X-Files 

The X-Files adalah serial televisi terkenal dari Amerika Serikat yang diciptakan oleh Chris Carter dan pertama mengudara di FOX TV pada 10 September1993, dan berakhir pada 19 Mei 2002. Tokoh-tokoh utamanya adalah agen khusus FBI Fox Mulder dan Dana Scully yang menyelidiki berbagai kasus tak terselesaikan, dan diyakini bersifat paranormal.

Mulder diperankan oleh David Duchovny sedangkan Scully oleh Gillian Anderson. Keduanya bekerja di bawah kuasa Asisten Direktur FBI Walter Skinneryang diperankan oleh Mitch Pileggi. Mulder adalah tokoh yang mempercayai keberadaan alien dan dunia paranormal. Sedangkan Scully, sebagai ilmuwan berlatar belakang medis, dipasangkan dengan Mulder oleh pihak tertentu untuk menghentikan pekerjaan Mulder. Akan tetapi, seiring waktu berjalan, mereka membina hubungan persahabatan yang erat. Scully yang awalnya tidak menerima hal-hal yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah, lama kelamaan membuka pikirannya.

 

[spoiler]

The X-Files (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Tambahan:

 

The Invasion

The Invasion sebelumnya disebut sebagai Invasion dan The Visiting, adalah film sains fiksi tahun 2007 yang merupakan pembuatan kembali film tahun 1956, Invasion of the Body Snatchers. Film ini disutradai oleh Oliver Hirschbiegel dan dibintangi oleh Nicole Kidman dan Daniel Craig. The Invasion dirilis pada tanggal 17 Agustus 2007 di Amerika Serikat, memperoleh keuntungan sebesar $39,801,733.

Jatuhnya pesawat ruang angkasa Patriot di Bumi, ternyata membawa serta sejenis jamur yang diikuti aktifitas alien didalamnya. Siapapun orang yang terkena kontak tubuh dengan organisme tersebut, mereka sedang dikendalikan oleh pengaruh alien. Salah seorang pertama yang terinfeksi adalah Tucker Kaufman, seorang direktur CDC yang menyelidiki kecelakaan itu.(**)

 

[spoiler]

The Invasion (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sumber: dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Maret 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com