5 Mobil Jawara Di Ajang Rally Dakar (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Reli Dakar adalah balapan rally ketahanan tahunan yang dilaksanakan oleh Amaury Sport Organisation. Balapan ini terkenal karena melahap gurun-gurun gersang dengan medan yang terkenal berat. Tak heran jika kendaraan-kendaraan yang terjun di ajang ini, haruslah kendaraan yang berada diatas rata-rata dengan dukungan teknologi mumpuni. Berikut ini old.uniknya.com meramu mobil-mobil jawara di ajang rally paling bergengsi ini:

 

1. Kamaz, (10 Kali Juara Rally Dakar)

Kamskiy avtomobilny zavod atau  Kamaz merupakan sebuah perusahaan yang menghasilkan berbagai macam produk truk. Didirikan pada tahun 1969. Perusahaan ini bermarkas di Naberezhnye Chelny, Rusia. Kendaraan Kamaz telah memenangkan banyak kejuaraan rally termasuk salah satunya Rally Dakar kategori truk dengan catatan sepuluh kali juara terhitung tahun 1996 sampai 2011.

 

[spoiler]

Kamaz (Sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

2. Range Rover, (2 Kali Juara Rally Dakar)

Range Rover adalah salah satu mobil yang pernah memenangkan kejuaraan rally Dakar yang terkenal di dunia, yakni pada tahun 1979 dan 1981. Melalui pembalap Alain Génestier (1979), dan René Metge (1981), mobil jenis SUV ini teruji ketangguhannya sebagai salah satu mobil yang tangguh untuk menghadapi medan ekstrem seperti Rally Dakar.

 

[spoiler]

Range Rover (Sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

3. Porsche 959 Rally Varian, (1 Kali Juara Rally Dakar)

Pada tahun 1984, tiga unit Porsche 911s dimodifikasi menjadi tipe 959 rally varian, yang siap digunakan diajang Rally Paris-Dakar. Pada tahun 1985 varian reli 959 sudah siap digunakan, dengan awal yang mengecewakan, kesemua  mobil tersebut gagal finis. Namun, pada tahun 1986, dengan 959 1 dan 2 berhasil menyabet gelar juara. Tapi ini bukan kali pertama buat pabrikan Porsche memenangkan Rally Dakar. Pada rally tahun sebelumnya atau 1984, melalui tipe 911 Porsche juga berhasil meraih posisi puncak.

 

[spoiler]

Porsche 959 Rally Varian (Sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

4. Mercedes 280 GE, (1 Kali Juara Rally Dakar)

Mercedes-Benz G-Class atau G-Wagen, singkatan Geländewagen adalah kendaraan sport utility vehicle (SUV) berpenggerak four-wheel drive yang diproduksi oleh Steyr-Puch di Austria berdasarkan pesanan  mobil Jerman Mercedes-Benz. Melalui tipe 280 GE  yang dimodifikasi khusus, mobil ini pernah terjun dikancah rally Dakar pada tahun 1983, dan berhasil menyabet gelar juara melalui pembalapnya Jacky Ickx dan navigator Claude Brasseur.

 

[spoiler]

Mercedes 280 GE (Sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

5. Mini All 4 Racing, (1 Kali Juara Rally Dakar)

Mini adalah merek perusahaan otomotif Britania Raya yang dimiliki oleh BMW. Mobil-mobil buatan MINI berkompetisi di kelas mobil-mobil kecil. Mini sendiri pada awalnya berasal dari sebuah mobil kecil yang dulu dikenal dengan nama Morris Mini-Minor dan Austin Seven, diluncurkan oleh British Motor Corporation tahun 1959, kemudian berkembang menjadi merek terpisah dengan berbagai modelnya, misalnya Clubman, Traveller dan Moke. Mobil Mini yang asli berbentuk 2 pintu masih diproduksi sampai tahun 2000. Model baru dari mobil ini dikembangkan mulai tahun 1995 dan akhirnya model itu diluncurkan tahun 2001. Melalui tim X-Raid, tipe khusus Mini All 4 Racing berhasil menjajal kebringasan rute Mar del Plata-Arica-Lima di kancah Rally Dakar 2012 hingga merebut podium utama. (**)

 

[spoiler]

Mini All 4 Racing (Sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Maret 2012


One Response to 5 Mobil Jawara Di Ajang Rally Dakar (Bagian II – Habis)

  1. Indomilk maksud saya indosatnya sangat menggangu dan memperlambat komunikasi kawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com