5 Serba Serbi Bumi (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Banyak hal menarik yang bisa kita ketahui dari planet tempat kita berdiam bumi. Dari usia yang mencapai miliaran tahun tersebut terdapat sejuta misteri yang melingkupinya. Misteri-misteri tersebut menunggu terungkap oleh kecanggihan ilmu pengetahuan manusia. Berikut diantaranya 5 Serba Serbi Terkait Bumi:

 

1. Gua

Sistem gua terbesar adalah Gua Mammoth (Kentucky, Amerika Serikat) dengan panjang 579 km. Rekor ini sepertinya tidak akan dilewati dalam waktu dekat karena gua terpanjang kedua yang diketahui berada di Pechera Optymistychna di Ukraina dengan panjang 214 km.

 

[spoiler]

Gua Mammoth (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Pada tahun 2005, gua terdalam yang diketahui adalah Gua Voronya (Abkhazia, Georgia), dengan kedalaman 2.080 m. Ini merupakan gua pertama yang pernah dijelajahi sampai kedalaman lebih dari 2 km. Gua pertama dengan kedalaman lebih dari 1 km yang pernah dijelajahi adalah Gouffre Berger yang terkenal di Perancis. Gouffre Mirolda - Lucien Bouclier gua di Perancis dan Lamprechtsofen Vogelschacht di Austria merupakan gua ke-dua dan ke-tiga terdalam dengan kedalaman 1733 m dan 1632 m, berurutan. Rekor ini telah berganti beberapa kali dalam tahun-tahun terakhir. Rekor kedalaman gua menjorok ke bawah dipegang oleh gua Vrtoglavica di Slovenia dengan 603m, diikuti oleh gua Velebit di gunung Velebit di Kroasia dengan kedalaman 553m. Gua terbesar yang pernah ditemui adalah Sarawak Chamber, di Taman Nasional Gunung Mulu (Sarawak, Borneo, Malaysia), dengan luas 600 m x 400 m dan ketinggian 80 m.

 

2. Gunung Api

Bumi kita memiliki 850 buah gunung api aktif dan  75%  diantaranya berada pada gugusan “Lingkaran Api” dari Pantai Barat Amerika dan Chili ke Alaska serta membentang  ke pantai Timur Asia dari Siberia ke Selandia baru

 

[spoiler]

Gunung Api (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Arus Laut

Arus juga merupakan gerakan mengalir suatu massa air yang dikarenakan tiupan angin atau perbedaan densitas atau pergerakan gelombang panjang. Pergerakan arus dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain arah angin, perbedaan tekanan air, perbedaan densitas air, gaya Coriolis dan arus ekman, topografi dasar laut, arus permukaan, upwellng , downwelling. Arus laut deras diseluruh kawasan lautan dunia adalah: Nakwanto, Kanal Slingsby, Columbia, Inggris, Canada, yang kecepatan arusnya mencapai rata-rata 29,6 km/jam.

 

[spoiler]

Arus Laut (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Jurang

Jurang Mariana adalah jurang paling dalam di dunia, dengan kedalaman mencapai 11 km (11,034 m), dan merupakan lokasi paling dalam pada permukaan kerak bumi. Jurang ini terletak di dasar Lautan Pasifik di timur dan selatan Kepulauan Mariana, di timur Mindanao, Filipina. Jurang ini meliputi setengah kawasan lautan di selatan Filipina. Jurang ini ditemui oleh pemerintah Sepanyol yang memerintah Filipina ketika itu.

 

[spoiler]

Jurang (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Jurang ini membentuk sempadan antara dua plat tektonik antara Plat Pasifik dan Plat Filipina. Bahagian paling dasar adalah jauh lebih dalam dari aras laut daripada ketinggian Gunung Everest di atas aras laut (8,848m/29,028ka). Bahagian dasar laut di situ menerima tekanan sehingga setinggi 108.6 MPa, lebih seribu kali tekanan atmosfera piawai pada aras laut.

 

5. Karang

Great Barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).

 

[spoiler]

Karang (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Karang Penghalang Besar (KPB) dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organismetunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral (coral polyp). KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981.(**)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Maret 2012

 

One Response to 5 Serba Serbi Bumi (Bagian II – Habis)

  1. Panjang amat Guanya yaah, 579 km … kayak jarak Banten sampe cirebon… Mantaaap…. :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com