Kelahiran 15 Maret (Harry Darsono)

[UNIKNYA.COM] Mengenang tokoh yang berjasa bagi Indonesia dan lahir 15 Maret.

Harry Darsono dikenal sebagai perancang busana yang juga piawai memainkan piano. Putra Haji Darsono, pemilik perusahaan rokok Surabaya yang memproduksi rokok merk Dji Sam Soe, Sampoerna, dan Wismilak ini memutuskan untuk tak bekerja di perusahaan ayahnya, berbeda dengan kedelapan saudaranya.Pria kelahiran Mojokerto, Jawa Timur, 15 Maret 1950 ini pernah menempuh pendidikan di Paris Academy of Fashion (1971), London College of Fashion (1972), dan The London Film & Television Academy (1972).

 

Harry Darsono (sumber : blogspot.com)

 

Pria yang sejak kecil suka mencoret-coret dan menggambar ini sempat bekerja sebagai Instruktur Paris Academy of Fashion (1972-1974), Pengajar Etika dan Estetika Busana Muslim Fatayat NU (1976-1978), Penata motif dan busana sutera Mido Pte. Ltd. dan China Silk House, Singapura (1978), dan menjadi Perancang motif dan busana jadi PT Batik Keris (1979 s/d sekarang) serta Konsultan mode dan penasihat rancangan (1982 s/d sekarang).

Selain itu, pria yang setelah dibaptis sebagai penganut Katolik tahun 1980, namanya menjadi Mercelino Dominicus Savio Harry Daroeharto Darsono ini juga memiliki butik yang mempekerjakan puluhan pekerja seni. Ada sekitar 22 motif batik, 20 motif tenun ikat, 18-20 desain kain, dan 25 desain pakaian jadi yang dihasilkannya per bulan. (**)

 

Sumber: kapanlagi.com, old.uniknya.com, Maret 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com