Oh Ibu Getaranmu Selalu Menenangkan

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Peneliti Universitas Wisconsin, AS, membuktikan secara ilmiah bahwa kehadiran ibu, meskipun hanya suaranya, dapat membuat seseorang yang dirundung masalah menjadi lebih tenang.

 

Suara ibu yang selalu menenangkan (sumber:blogspot.com)

 

Sang peneliti Leslie Seltzer menyatakan perbincangan dengan ibu, lewat telepon ataupun tatap muka, dapat menurunkan tekanan kortisol. Kortisol adalah hormon yang mempengaruhi ketegangan seseorang. Namun, hal tersebut tidak berlaku bila perbincangan dilakukan lewat pesar singkat atau chatting via internet.

Seltzer menyimpulkannya setelah mengamati 64 anak perempuan dengan rentang usia 7-12 tahun. Mereka diminta mengisi soal-soal matematika yang sulit di bawah pengawasan tiga orang dewasa yang sama sekali tidak dikenal. Setelah itu, pertisipan dibagi empat kelompok, yakni yang dilarang bicara dengan ibunya, yang diperbolehkan berbincang hanya lewat telepon, diperbolehkan bertemu dengan ibunya langsung, dan yang hanya diizinkan chatting dengan ibunya. Hasilnya, anak perempuan yang mendengarkan suara ibu mereka lewat telepon dan bertemu langsung lebih tenang.(**)

 

Sumber: Media Indonesia, old.uniknya.com, Januari 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com