Oh Rupanya Obesitas Pun Diwariskan Secara Genetika

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: SEBUAH penelitian menyebutkan bahwa anak-anak dari orang tua yang mengalami obesitas memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami berat badan berlebih. Studi yang dilakukan selama 20 tahun oleh para ilmuwan di Universitas Glasgow Skotlandia, menemukan hampir 1.500 keluarga di Skotlandia bagian barat sebanyak 24 persen anak yang mengalami obesitas dengan riwayat yang sama dengan orang tuanya.

 

Obesitas turunan (sumber: blogspot.com)

 

Anak perempuan cenderung lebih memiliki berat badan yang mirip dengan ibunya. Para ahli percaya karena hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang ditularkan seperti pola makan atau kurangnya aktivitas fisik.

“Ada hubungan kuat antara anak perempuan dan berat badan ibu mereka daripada di antara kerabat lainnya, kata Dr Jennifer Logue, dosen klinis dalam pengobatan biokimia dan metabolik di Universitas Glasgow, yang dikutip dari health.com.

“Untuk semua orang, jika orang tua Anda besar, Anda akan menjadi besar, akan tetapi anak perempuan tampaknya lebih diwariskan oleh ibu dengan riwayat obesitas.,” Tambahnya. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Jurnal Epidemiologi Eropa.(**)

 

Sumber: mediaindonesia.com, old.uniknya.com, Februari 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com