5 Sumber Air Panas Terkenal Di Dunia

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Keagungan yang diperlihatkan alam tidak pernah ada habisnya. Bahkan banyak yang jauh dari nalar kita. Semua itu tentu saja pemberian sang pencipta yang pastinya akan sangat berguna bagi manusia di dunia.

Dari berbagai mahakarya alam yang berguna bagi manusia adalah sumber air panas alami.  Atau mata air tanah yang keluar dari kerak bumi setelah dipanaskan secara geotermal. Semakin dalam letak bebatuan di dalam perut bumi,  semakin meningkat pula temperatur air tanah yang keluar.

Tak terhitung berapa jumlah sumber air panas yang ada di planet biru ini. Kebanyakan dari kita hanya mengetahui jika sumber air panas letaknya di kaki gunung berapi. Padahal, ada juga sumber air panas yang letaknya di dasar lautan dan samudra.  Dari sekian banyak sumber air panas alami. Berikut old.uniknya.com merangkum beberapa sumber mata air  terbaik dan terindah:

 

  1. Grand Prismatic Spring (Amerika Serikat)

Yang pertama, sumber air panas di Taman Nasional Yellowstone, Wyoming, yang diberi nama Grand Prismatic Spring. Sumber air panas ini merupakan yang paling besar di Amerika Serikat, atau terbesar ketiga di dunia. Sumber air panas yang dikenal dengan sebutan danau mendidih ini,  berada di ketinggian 2.220 meter di atas laut. Memiliki diameter lebih dari 121 meter, dengan debit air panas 560 galon per menit,  serta suhu 70 derajad celcius.

Pemandangan di sumber air panas ini sangat menganggumkan. Warna-warna indah tersaji di sekeliling danau. Warna-warna hidup dalam prisma agung adalah hasil dari bakteri berpigmen di tikar mikroba,  yang tergantung pada rasio klorofil karotenoid.

Di musim panas,  tikar ini cenderung oranye dan merah. Sedangkan di musim dingin, tikar biasanya berwarna hijau gelap. Pusat kolam atau danau sendiri tergolong steril karena panas yang ekstrim ini.

 

[spoiler]

Grand Prismatic Spring (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

 [/spoiler]

 

2.    Mammoth Hot Springs (Amerika Serikat)

Sumber air kedua, masih di Taman Nasional Yellowstone,  Amerika Serikat. Di sebuah bukit bernama Travertine yang artinya marmer batu alam kapur,  terdapat kompleks sumber air panah besar Mammoth hot springs.

Sumber air panas ini tercipta ribuan tahun yang lalu. Meski terletak di luar kaldera batas energi, namun mata air ini telah dikaitkan dengan sistem magmatik yang sama dengan daerah panas bumi lain di Yellowstone.

Air panas yang berasal dari Feed Mammoth Norris Geyser Basin, melakukan perjalanan bawah tanah melalui garis patahan, kemudian mengalir melalui batu kapur yang kira-kira sejajar dengan perjalanan dari Norris ke Mammoth.

Sirkulasi dangkal di sepanjang koridor ini memungkinkan air panas didinginkan sebelum ke permukaan di Mammoth.  Suhu umumnya sekitar 170 derajat fahrenheit atau 80 derajad celcius.

Fitur paling terkenal di mata air adalah teras minerva.  Serangkaian teras travertine menjadi pemandangan yang menakjubkan. Teras-teras telah disimpan oleh pegas selama bertahun-tahun. Namun karena gempa kecil, lubang musim semi telah bergeser. Daerah ini adalah salah satu sumber air panas terbaik di dunia.  Sekaligus daerah dengan suhu paling dinamis.

 

[spoiler]

Mammoth Hot Springs (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

 [/spoiler]

 

3.   Blood Pond Hot Spring (Jepang)

Selain Amerika Serikat, negara matahari terbit juga memiliki sumber air panas yang tak kalah eksotis. Blood Pond adalah salah satu sumber air panas di Jepang yang memiliki pemandangan indah.  Karena kandungan besinya tinggi, sumber air panas ini berwarna merah terang.  Banyak wisatawan yang memilih memotret keindahan alamnya,  dibanding berendam di kolam air panas yang tersedia.

Blood Pond Hell, biasa orang menyebut, atau artinya neraka di Bepu, Jepang ini, memiliki sembilan sumber air panas alami yang mempesona,  dengan suhu rata-rata 78 derajat celcius.

Sumber air panas ini telah menjadi salah satu objek wisata yang wajib di kunjungi di Jepang. Maka dari itu,  setiap musim libur tiba, Blood Pond Hell selalu dipenuhi wisatawan. Bahkan beberapa wisatawan juga memanfaatkannya untuk melakukan refleksi penyembuhan.

 

[spoiler]

Blood Pond Hot Spring (sumber:blogspot.com)

 

 [/spoiler]

 

4.    Blue Lagoon (Islandia)

Sumber air panas alam berikutnya adalah, Blue Lagoon atau laguna biru. Sumber air panas ini terletak  di Islandia yang juga sangat menarik untuk dikunjungi. Terletak di Grindavik,  di barat daya Islandia,  atau 13 kilometer dari Bandara Internasional Keflavik. Waktu tempuh perjalanan ke lokasi ini hanya 20 menit.

Sementara dari Ibukota Reykjavik, jarak ke Blue Lagoon mencapai 39 kilometer atau membutuhkan 40 menit waktu perjalanan. Pendeknya jarak tempuh menuju Blue Lagoon menjadi keuntungan tersendiri bagi pemerintah setempat dalam mempromosikannya sebagai destinasi liburan.

Air panas di Blue Lagoon terkenal kaya mineral seperti silika dan belerang. Berendam di Blue Lagoon, dipercaya bisa membantu penderita penyakit kulit. Suhu air di pemandian,  rata-rata 37 hingga 39 derajat celcius. Di Blue Lagoon juga ada fasilitas penelitian dan pengembangan untuk membantu menemukan obat penyakit kulit.

Ada keunikan di sumber air panas Blue Lagoon.  Yakni pemerintah Islandia menerapkan aturan ketat kebersihan wisatawan. Mereka tidak diperkenankan menggunakan pakaian,  saat mandi di kamar mandi komunal Blue Lagoon.

Panoramanya yang sangat cantik, juga mengundang para selebritis untuk syuting melakukan pemotretan dengan latar belakang Blue Lagoon. Bahkan  beberapa waktu lalu, band rock ternama, Incubus melakukan syuting pembuatan video klip terbarunya di tempat ini. Begitu pula dengan beberapa top model Inggris yang memanfaatkan keindahan laguna biru sebagai latar pemotretan.

 

[spoiler]

Blue Lagoon (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

 [/spoiler]

 

5.   Gleenwood Springs,  Colorado

Yang terakhir adalah sumber air panas Gleenwood Springs.  Lokasi ini lebih tepat digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga. Wisatawan dapat menikmati kolam renang terapi, atau berenang di dalam kolam biasa dengan air yang cukup panas,  dengan dilengkapi pula kolam renang anak-anak.  Semua kolam renang di Gleenwood kaya akan garam mineral.  Gleenwood springs awalnya dikenal sebagai Defiance. Defiance didirikan pada tahun 1883,  yakni sebuah kamp tenda dan salon,  yang dilengkapi sejumlah kabin dan tempat menginap. Setelah berdiri,  kamp lebih banyak diisi para pejudi.

Istri pendiri kota, Ishak Cooper yakni Sarah, mengalami kesulitan beradaptasi dengan kehidupan tersebut. Bersama suaminya,  ia kemudian membujuk pendiri lain untuk mengubah nama menjadi Gleenwood Springs, Colorado.

 

[spoiler]

Gleenwood Springs (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

 [/spoiler]

 

Sumber: Berbagai sumber, old.uniknya.com, Februari 2012

 

* Tulisan ini pernah ditayang diacara Spotlite Trans7, yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 9.45-10.45

 

One Response to 5 Sumber Air Panas Terkenal Di Dunia

  1. Waw, baru tahu Ane, hehehe
    Nice share Sob… Lanjutkand…
    Salam bLogger,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com