5 Miliarder Indonesia versi Forbes 2012

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Majalah ekonomi terkemuka dunia, Forbes, kembali memaparkan daftar orang terkaya di dunia tahun 2012. Sebanyak 1.226 pengusaha masuk dalam jajaran top dunia dan berhak menyandang predikat orang kaya baru. Pengusaha Indonesia, tak lepas dari daftar para taipan kaya dunia tersebut. Forbes setidaknya menemukan 17 pengusaha nasional yang layak masuk Forbes 2012. Berikut adalah rangking lima besar asal Indonesia sebagai orang terkaya dunia yang old.uniknya.com sarikan dari berbagai sumber:

 


1. Robert Budi Hartono, (US$6,5 miliar)

Posisi puncak pengusaha tanah air yang masuk dalam daftar Forbes tahun 2012 ini masih ditempati R Budi Hartono (71 tahun). Pengusaha yang besar di bisnis perbankan dan rokok ini berada berada di posisi 146 dunia. Budi Hartono mengantongi kekayaan hingga US$6,5 miliar (Rp58,5 triliun). Robert Budi Hartono adalah pemilik dari salah satu perusahaan rokok kretek terbesar di Indonesia, Djarum. Robert adalah anak kedua dari Oei Wie Gwan, pendiri Djarum. Ia adalah orang terkaya ke-10 di Asia Tenggara dan ke-321 di dunia pada tahun 2005 menurut majalah Forbes, dengan kekayaan sebesar 2,3 miliar dolar AS. Sebelumnya, pada tahun 2004, ia berada di posisi ke-8 dengan kekayaan sebesar 2,2 miliar dolar AS. Kakaknya bernama Michael Bambang Hartono alias Oei Hwie Siang.

 

[spoiler]

Michael Bambang Hartono (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Pada 23 November 2011, Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia, Robert Budi Hartono dan Michael Hartono menduduki peringkat pertama dengan total kekayaan 14 miliar dollar AS. Pada bulan Juli 2007, majalah Globe Asia menyatakan Robert sebagai orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan 4,2 miliar dolar AS atau sekitar 37,8 triliun rupiah. Selain Djarum, Robert dan Michael adalah pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA). Mereka berdua melalui Farindo Holding Ltd. menguasai 51 persen saham BCA. Selain itu, mereka juga memiliki perkebunan sawit seluas 65.000 hektare di Kalimantan Barat sejak tahun 2008, serta sejumlah properti di antaranya pemilik Grand Indonesia dan perusahaan elektronik.

 

2. Michael Bambang Hartono, (US$6,3 miliar)

Menguntit di belakang Budi Hartono, adalah kakak kandungnya, Michael Hartono (72 tahun). Sama seperti saudaranya, Michael juga memperoleh kekayaan dari bisnis perbankan dan rokok dan dengan nilai US$6,3 miliar. Michael berada di posisi ke 157 daftar Forbes 2012. Michael Bambang Hartono adalah salah seorang pemilik perusahaan rokok kretek Indonesia, Djarum. Saat ini Djarum mendominasi pasar rokok kretek di Amerika Serikat, jauh melebihi Gudang Garam dan Sampoerna. Pada 23 November 2011, Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia, Robert Budi Hartono dan Michael Hartono menduduki peringkat pertama dengan total kekayaan 14 miliar dollar AS.

 

[spoiler]

Michael Bambang Hartono (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

3. Low Tuck Kwong, (US$3,6 miliar)

Di posisi ketiga, peringkat teratas pengusaha Indonesia dalam daftar Forbes 2012 adalah Low Tuck Kwong (63 tahun). Pengusaha di bisnis pertambangan batu bara ini berada di peringkat 304 dunia dengan total kekayaan mencapai US$3,6 miliar. Pria ini terlahir di Singapura serta ikut bisnis konstruksi orangtuanya hingga usia 20 tahun. Namun, kemudian pindah kewarganegaraan jadi warga Indonesia. Dia dikenal sebagai raja batu bara Kalimantan.
Low Tuck Kwong memulai bisnis di Indonesia pada 1973 ketika ia membentuk perusahaan konstruksi yang khusus menangani pekerjaan umum, konstruksi bawah tanah, hingga konstruksi di laut. Dalam perkembangannya, perusahaan konstruksi sipil ini kemudian mendapatkan kontrak batu bara pada 1988.
Lima tahun setelah berganti kewarganegaraan Indonesia, pada November 1997, Low Tuck mengakuisisi PT Gunung Bayan Pratamacoal dan PT Dermaga Perkasapratama yang memiliki tambang dan mengoperasikan terminal batu bara di Balikpapan sejak 1998.Sejak itu, sejumlah konsesi baru diakuisisinya hingga resmi membentuk perusahaan induk yang dikenal dengan PT Bayan Resources. Sejak 2001, Bayan Group rata-rata menambah satu konsesi dalam portofolio perusahaan. Bahkan, Bayan terus mengevaluasi peluang untuk menambah konsesi batu bara di Indonesia.

 

[spoiler]

Low Tuck Kwong (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Martua Sitorus, (US$3 miliar)

Sementara pengusaha yang mengandalkan bisnis dari perkebunan kelapa sawit, Martua Sitorus (52 tahun), menduduki peringkat 377 Forbes 2012. Total kekayaan pengusaha pemilik bisnis Wilmar  ini mencapai US$3 miliar. Di dunia bisnis nasional Martua Sitorus tak banyak dikenal. Namun, nama ini masuk dalam daftar 1.000 orang terkaya dunia versi majalah Forbes.

 

[spoiler]

Martua Sitorus (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Martua sempat menyandang orang terkaya di Indonesia ke 7 pada 2007 dan ke 14 pada 2006 versi majalah yang sama. Meski berkebangsaan Indonesia, dia saat ini tinggal di Singapura sambil menyetir semua bisnis-bisnisnya. Martua lahir 49 tahun lalu di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Ia sarjana ekonomi dari Universitas HKBP Nommensen, Medan, yang kecilnya dikenal dengan nama Thio Seng Hap dan dikenal juga dengan panggilan A Hok.

 

5. Sukanto Tanoto,  (US$2,8 miliar)

Pada posisi tertinggi kelima pengusaha Indonesia dalam daftar Forbes 2012 adalah Sukanto Tanoto (62 tahun). Pengusaha yang bergerak di berbagai aneka bisnis ini memiliki kekayaan hingga mencapai US$2,8 miliar. Dia ada di peringkat 418 dunia. Sukanto Tanoto adalah CEO Raja Garuda Mas, sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Singapura dengan usaha di berbagai bidang, terutamanya kertas dan kelapa sawit. Tanoto dinyatakan sebagai orang terkaya di Indonesia oleh majalah Forbes pada September 2006, namun pada tahun 2011 dan 2012 ini , Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Ia menduduki peringkat ke-5 dengan total kekayaan US$ 2,8 miliar.(**)

 

[spoiler]

Sukanto Tanoto (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Maret 2012

 

2 Responses to 5 Miliarder Indonesia versi Forbes 2012

  1. Alo bro,

    Sedikit revisi saja ya, gambar nomor satu itu setahu saya eka cipta pemilik sinarmas dan nomor 2 adalah peter soindakh pemilik grup rajawali. Thx yaa. Keep posting

  2. Pingback: Arti Kekayaan Bagi Orang-Orang Kaya - Catatan Perjalanan Spiritual, Pengembangan Diri, Ide, Informasi, Hobi, Ilmu, wisdom, Filosofi, idealism dan Pemikiran .To Reach Highest Human Potentiality. - FajarNurzaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com