Minim Tantangan = Minim Pula Motivasi

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Kebosanan akibat ketidaksesuaian beban kerja dengan potensi dan minat dapat menjadi penyebab sakitnya seorang pekerja.Demikian hasil studi yang dilakukan Karolinska Institute di Stockholm, Swedia. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 1.430 karyawan di enam kantor di Swedia, selama tiga sampai 12 bulan. Dari jumlah tersebut, 546 karyawan mengambil satu hari libur.

 

Ilustrasi (sumber: blogspot.com)

 

Dalam studi tersebut diketahui, responden 2,5 kali mengaku sakit saat beban kerja ringan, dibandingkan dengan saat-saat mereka mendapat beban kerja normal. Kemungkinan untuk mengaku sakit dan mengambil cuti sakit bahkan lebih tinggi ketika pekerja merasakan kelesuan, meski mereka belum benar-benar didiagnosa sakit. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah adanya kekurangpuasan terhadap rutinitas pekerjaan yang dipandang minim tantangan. Ini mengakibatkan kurangnya motivasi untuk masuk kerja ketika merasa sakit.

Kemungkinan lain adalah, para atasan mendorong mereka yang sakit untuk tetap tinggal di rumah, meski saat beban kerja ringan.”Hasil studi kami menunjukkan, faktor non-medis kemungkinan memiliki efek pemicu jangka pendek terhadap cuti sakit,” tulis para peneliti dalam Journal of Occupational and Environmental Medicine.(**)

 

Sumber: mediaindonesia.com, old.uniknya.com, 17 Februari 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com