5 Wisata Gunung Unggulan Jawa Barat (Bagian II)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Di Tatatar Priangan menjulang gunung-gunung berapi yang sangat indah. Kini oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Gunung-gunung tersebut dijadikan objek wisata unggulan. Penasaran dengan objek wisata yang dimaksud, berikut 5 wisata gunung unggulan di Jawa Barat:

 

1. Riung Gunung, Kabupaten Bogor

Terletak pada ketinggian 1500 m, Riung Gunung menawarkan pada Anda panorama alam daerah puncak yang indah dengan hamparan perkebunan teh yang luas. Tambahkan suasana nyaman dengan udara segar khas pegunungan yang akan melengkapi setiap kunjungan Anda di sini. Selain panorama alam, Amda juga dapat berkunjung ke salah satu vila di daerah ini tempat Soekarno pernah menginap dan memohon kepada Allah SWT demi kemajuan dan kesejahteraan Bangsa dan Negara Republik Indonesia.
Kegiatan lain yang dapat dilakukan di sini juga adalah paralayang.

 

[spoiler]

Riung Gunung (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Objek Wisata Pondok Halimun, Kabupaten Sukabumi

Pondok Halimun menawarkan pada Anda keindahan alam dan hawa pengunungan yang masih sejuk. Di sepanjang jalan menuju ke lokasi, Anda juga dapat melihat perkebunan teh yang hijau. Lakukan berbagai kegiatan rekreasi di tempat ini untuk memaksimalkan kunjungan Anda.

 

[spoiler]

Objek Wisata Pondok Halimun (sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

3. Objek Wisata Cinumpang, Kabupaten Sukabumi

Selami keindahan Cinumpang. Di sini Anda dapat menikmati keindahan alam dan hawa pengunungan yang masih sejuk. Jangan lupa untuk datang bersama keluarga Anda agar pengalaman Anda terasa lebih menyenangkan.

 

[spoiler]

Objek Wisata Cinumpang (sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

4. Objek Wisata Talaga Bodas, Kabupaten Garut

Taman Wisata Alam ( TWA ) Talaga Bodas merupakan kawah yang membentuk sebuah danau dengan air berwarna putih. Kawasan TWA ini dikelola oleh BKSDA Jawa Barat II dengan status kepemilikan lahan oleh Departemen Kehutanan. TWA Talaga Bodas dikelola berdasarkan aspek legalitas berupa SK Mentri No : 98 / KPTS / UM / 1978. Kawasan TWA Kawah Talaga Bodas memiliki luas kawasan sebesar 23,85 ha. kawah Talaga Bodas berada di ketinggian 1512 m diatas permukaan laut dengan konfigurasi umum lahan berbukit dan kemiringan lahan yang curam.
Daerah Kawah Talaga Bodas memiliki temperatur rata-rata 24-26 derajat celsius per tahun, dengan curah hujan 1321 mm / tahun serta penyinaran matahari yang sedang. Flora dominan kawasan sekitar Kawah Talaga Bodas berupa tanaman kebun seperti ; tomat, kol dan rumput ilalang. Kondisi lingkungan Kawah Talaga Bodas cukup baik dengan kebersihan dan bentang alam yang tergolong baik.
Aktivitas wisata yang ada berupa trekking, hiking, fotografi, piknik, atau sekedar jalan-jalan.

 

[spoiler]

Objek Wisata Talaga Bodas (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Objek Wisata Kawah Darajat, Kabupaten Garut

Kawasan Kawah Darajat ini memiliki daya tarik berupa kawah yang menghasilkan uap panas dan pemandangan berupa bentang alam pegunungan serta perkebunan. Pengunjung yang datang ke kawasan Kawah Darajat dapat melakukan aktivitas wisata seperti trekking, menikmati pemandangan serta penelitian mengenai kawah. Kawasan Kawah Darajat dikelola oleh PT. Amoseas yang bekerjasama dengan PT. Pertamina, namun status kepemilikan lahannya adalah milik Perhutani. Luas kawasan keseluruhan Kawah Darajat ini sekitar 40 Ha dengan waktu kunjungan wisata tidak terbatas namun harus ada izin dari pihak Amoseas karena kawasan ini merupakan kawasan perindustrian dan masih banyak terdapat gas beracun yang dapat keluar kapan saja.
Ketinggian rata – rata Kawah Darajat ini adalah 1920 meter diatas permukaan laut, dengan konfigurasi umum lahan yang berbukit dan berlembah dengan tingkat kemiringan lahan yang agak curam dan stabilitas tanah yang cukup baik serta daya serap tanah yang cukup. Terdapat pula pengaruh musim yang terjadi di kawasan ini yaitu pada saat kemarau produksi uapnya agak menurun.
Kawah darajat merupakan barisan gunung Papandayan yang mempunyai jenis gunung aktif dengan jumlah kawah 2 buah, namun banyak terdapat sumur uap yang berjumlah sekitar 24 buah , yang biasa digunakan oleh pihak Amoseas sebagai tenaga Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Kualitas lingkungan dikawasan ini dapat dibilang cukup baik, tingkat kebersihan yang sangat terjaga dan bentang alam yang baik.(**)

 

[spoiler]

Objek Wisata Kawah Darajat (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: disparbud.jabarprov.go.id, old.uniknya.com, Februari 2012


2 Responses to 5 Wisata Gunung Unggulan Jawa Barat (Bagian II)

  1. Objek wisata di JawaBarat memang sangat beragam dan banyak sekali ada pantai, gunung,alam dll pokonya komplit dehh i love Jabar

    info pariwisata , akomodasi, kuliner kota Bandung klik http://www.bandungreview.com
    joint on twitter : @bandungreview , Facebook : bandungreview.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com