5 Musisi yang Menginspirasi Jimi Hendrik

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Siapa tak kenal James Marshall Hendrix atau dikenal dengan Jimi Hendrix. Seorang musisi, penyanyi, penulis lagu, gitaris dan tokoh budaya Amerika yang sering disebut sebagai salah satu pemain gitar listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik rock dunia. Kepiawaiannya bermain gitar, ternyata sedikit banyak terpengaruh oleh seniman musik blues seperti BB King, Muddy Waters, Howlin’Wolf, Albert King dan Elmore James. Berikut ini old.uniknya.com, tampilkan profile ke limanya sebagai sosok yang menginspirasi Jimi Hendrix:

 

1. BB King

Riley B. King dikenal dengan nama panggung BB King, adalah gitaris blues Amerika sekaligus penyanyi dan penulis lagu. Majalah Rolling Stone menempatkan dia diposisi nomor 3 pada daftar 100 gitaris terbesar sepanjang masa. Menurut Edward M. Komara, King memperkenalkan gaya canggih bermain gitar. Permainan gitarnya mempengaruhi hampir setiap gitaris blues listrik yangada sekarang ini. King telah dimasukan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame.

 

[spoiler]

BB King (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]
2. Muddy Waters

McKinley Morganfield yang dikenal sebagai Muddy Waters, adalah seorang musisi blues Amerika, yang sering disebut sebagai “bapak blues Chicago modern”. Dia adalah sosok yang  menginspirasi geliat musik blues Inggris yang berkembang di tahun 1960, Muddy menduduki peringkat # 17 di majalah Rolling Stone dalam daftar 100 Greatest Artists of All Time.

 

[spoiler]

Muddy Waters (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

3. Howlin ‘Wolf

Chester Arthur Burnett yang dikenal sebagai Howlin ‘Wolf, seorang penyanyi blues, gitaris dan pemain harmonika berpengaruh di Amerika. Dengan suara yang keras dan fisik yang tinggi, Burnett menjadi pemain gitar paling mencolok dimasanya. Sejumlah lagu yang ditulis atau dipopulerkan olehnya antara lain;  ”Smokestack Lightnin”, “Back Door Man”, “Killing Floor” dan “Spoonful” telah menjadi standar blues dan blues rock. Pada tahun 2004, majalah Rolling Stone menempatkan Burnett diperingkat # 51 dalam daftar ” 100 Greatest Artists of All Time “.

 

[spoiler]

Howlin 'Wolf (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

4. Albert King

Albert King adalah seorang gitaris dan penyanyi blues Amerika, yang permainan gitarnya berpengaruh besar dalam dunia blues sekarang. Albert merupakan salah satu dari “Tiga Raja Gitar Blues” (bersama dengan BB King dan Freddie King), Albert King yang memiliki tinggi badan 1,93 m dan berat badan  110 kg, kerap dijuluki sebagai “The Velvet Bulldozer”. Ia terlahir dengan nama Albert Nelson di perkebunan kapas di Indianola, Mississippi, yang juga tempat kelahiran BB King. Meskipun keduanya tidak memiliki pertalian darah, Albert kadang-kadang disebut sebagai saudara tiri BB King.

 

[spoiler]

Albert King (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Elmore James

Elmore James adalah seorang gitaris blues Amerika, penyanyi, penulis lagu dan pemimpin band. Dia dikenal sebagai “Raja Guitar Slide” dan memiliki gaya bermain gitar yang unik. James lahir Elmore Brooks dalam komunitas tua Richland di Holmes County, Mississippi.(**)

[spoiler]

Elmore James (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Februari 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com