5 Peristiwa Besar Tahun 2011 – 2012 (Bagian II – Habis)

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Meskipun ada pepatah bijak mengatakan “lupakanlah cerita-cerita buruk di masa lalumu”, namun lebih bijak lagi apabila kita dapat belajar dari sejarah dan bisa mengambil hikmah dari peristiwa-peristiwa buruk tersebut. Seperti halnya peristiwa-peristiwa besar yang kami rangkum berikut ini. Kejadian-kejadian tersebut bisa dianggap sebagai peristiwa yang paling menghancurkan, khususnya bagi orang-orang yang menyaksikan dan mengalami sendiri peristiwa-peristiwa menggemparkan dan menghancurkan hati tersebut.Peristiwa-peristiwa tersebut sebagian terjadi pada tahun 2011 dan sisa pengaruhnya tetap terasa di tahun 2012. Berikut lima peristiwa besar tahun 2011 – 2012 bagian dua.

 

1. Kematian Steve Jobs

 

[spoiler]

Kematian Steve Jobs (Sumber: tiptoptens.com)

[/spoiler]

 

Semua orang berduka ketika tirai panggung menutup kisah perjalanan kehidupan Steve Jobs, yang dikenal sebagai tokoh bisnis yang terkemuka dan pemilik Perusahaan Apple yang sangat kuat. Para pemimpin dunia dan bisnis menangisi kepergiannya. Bermacam-macam artikel dan pesan-pesan yang mendalam pun dibuat oleh para pendukung dan orang-orang setia di dalam situs-situs jejaring sosial. Selain itu, persembahan-persembahan lainnya pun dibuat karena warisan yang telah ia kontribusikan begitu besar bagi dunia. R.I.P, Steve.

 

2. Jatuhnya Pemimpin Libya Muammar Gaddafi

 

[spoiler]

Jatuhnya Pemimpin Libya Muammar Gaddafi (Sumber: tiptoptens.com)

[/spoiler]

 

Protes dan perang sipil telah berakhir ketika diktator Libya yang terkenal dibunuh secara brutal oleh kelompok pemberontak dikarenakan oleh kecemasan besar yang mereka telah rasakan di bawah kekuasaan dan kepemimpinan mantan pemimpin Libya tersebut. Jabatan dan kehidupannya telah berakhir tanggal 20 Oktober, 2011 dan warga negara Libya akhirnya merasakan kebebasan dan keadilan yang telah lama mereka dambakan. Kematiannya merupakan tanda kebebasan bagi warga Libya.

 

3. Pemberantasan Anti-Korupsi Besar-besaran oleh Anna Hazare

 

[spoiler]

Pemberantasan Anti-Korupsi Besar-besaran oleh Anna Hazare (Sumber: tiptoptens.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Anna Hazare yang berusia 74 tahun, aktivis yang sangat giat, mengambil inisiatif di India untuk melawan korupsi melalui sebuah gerakan anti-sogok pada tanggal 5 April 2011. Terdapat serangkaian protes dan demonstrasi yang juga mengarah kepada mogok makan di Jantar Mantar, New Delhi tanggal 24 Agustus 2011. Rancangan Undang-undang di dalam parlemen telah disetujui setelah 42 tahun namun ada ketentuan-ketentuan yang dinyatakan oleh aktivis tersebut, yang tidak termasuk pada protes-protes yang mereka suarakan.

 

4. Berbagai Bencana di Jepang

 

[spoiler]

Berbagai Bencana di Jepang (Sumber: tiptoptens.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Siapa yang dapat melupakan video-video banjir yang disebabkan oleh tsunami dimana bencana ini menghancurkan harta benda, gedung-gedung, dan bahkan bisnis masyarakat Jepang, yang juga menghilangkan nyawa orang-orang yang dicintainya? Malapetaka pertama terjadi tanggal 11 Maret 2011 dengan kekuatan gempa 9,1 Skala Richter, diikuti dengan sebuah tsunami yang membuat 4000 orang hilang dan hampir 16 ribu orang tewas. Hal ini tidak berhenti di sana karena berdampak dan mempengaruhi pabrik-pabrik tenaga nuklir yang menyebabkan kehidupan di Jepang dalam bahaya.

 

5. Pengusiran Presiden Hosni Mubarak

 

[spoiler]

Pengusiran Presiden Hosni Mubarak (Sumber: tiptoptens.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Disebabkan oleh kebangkitan yang terjadi pada warga Mesir, mereka memulai demonstrasi dan rangkaian protes untuk menggulingkan pemimpin Mesir, Presiden Hosni Mubarak, yang dimulai tanggal 25 Januari 2011 dan berlanjut sampai Desember 2011. Keberhasilan pertama datang ketika pengumuman dibuat pada tanggal 11 Februari 2011 oleh Wakil Presiden Mesir bahwa Presiden Mubarak akan mengundurkan diri dan kekuasaannya akan diserahkan kepada Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata. Tahun 2012 memang merupakan tahun baru bagi para warga Mesir dimana mereka dapat benar-benar mengalami kebebasan dan kemedekaan. Merdeka! (**)

 

Sumber: tiptoptens.com, old.uniknya.com, Februari 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com