5 Logo Piala Dunia dari Masa ke Masa

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Ide melahirkan kejuaraan sepak bola dunia tercetus pada 1904 di Paris saat Konggres I Fédération Internationale de Football Association (FIFA). Sepanjang kali pertama (1930) sampai penyelenggaraan nanti (2014), 20 perhelatan World Cup telah digelar dengan sukses oleh negara-negara penyelengara. Berikut 5 logo World Cup dari masa ke masa:

 

1. Piala Dunia FIFA 1930, Uruguay

Piala Dunia FIFA yang pertama diselenggarakan pada tahun 1930. Kejuaraan ini diselenggarakan di Uruguay, juara Olimpiade saat itu. Uruguay menjadi juara yang pertama, mengalahkan Argentina di final dengan hasil 4–2. Piala Dunia ini adalah satu-satunya yang tanpa melalui babak kualifikasi. Keikutsertaan tim hanya melalui undangan. Sangat sedikit tim dari Eropa yang mengikuti turnamen ini, karena susahnya perjalanan menyeberangi Samudra Atlantik. Dua bulan sebelum kompetisi dimulai, tidak ada satu negara pun di Eropa yang mau turut serta. Hanya berkat campur tangan dari Presiden FIFA saat itu, Jules Rimet barulah empat tim dari Eropa bergabung, yaitu: Belgia,Perancis, Rumania, dan Yugoslavia.

 

[spoiler]

Piala Dunia FIFA 1930, Uruguay (Sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

2. Piala Dunia FIFA 1950, Brazil

Piala Dunia 1950 merupakan edisi keempat Piala Dunia FIFA yang digelar di Brasil, pada tanggal 24 Juni hingga 19 Juli. Piala Dunia ini merupakan penyelenggaraan Piala Dunia FIFA yang pertama setelah terjadinya Perang Dunia II, yang berlangsung selama sekitar 12 tahun. Brasil dipilih FIFA pada 1 Juli 1946 dalam Kongres FIFA di Luksemburg. Turnamen ini dimenangkan Uruguay, yang telah memenangkan kompetisi pertama pada tahun 1930, mengalahkan Brasil dengan skor 2–1 dalam babak final. Kemenangan Uruguay membuat kemajuan besar di sejarah dunia olahraga yang dikenal sebagai Maracanazo.

 

[spoiler]

Piala Dunia FIFA 1950, Brazil (Sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

3. Piala Dunia FIFA 1966, Inggris

Piala Dunia FIFA 1966, yang merupakan Piala Dunia FIFA ke-delapan, digelar di Inggris sejak 11 Juli 1966 hingga 30 Juli 1966. Inggris dipilih sebagai tuan rumah penyelenggara oleh FIFA pada Agustus 1960 untuk selebrasi centenary atas kodifikasi sepak bola. Piala Dunia ini adalah Piala Dunia FIFA yang penuh kemenangan kontroversial bagi tuan rumah, di mana Inggris memenangi pertandingan pada partai final, mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4 – 2. Atas hasil itu, mereka menerima kali pertamanya (dan hanya) kemenangan pada turnamen Piala Dunia FIFA dan menjadi tuan rumah kedua untuk memenangkan turnamen tersebut sejak Italia memenangkannya di negaranya pada tahun 1934.

 

[spoiler]

Piala Dunia FIFA 1966, Inggris (Sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

4. Piala Dunia FIFA 1982, Spanyol

Piala Dunia FIFA 1982, yang merupakan Piala Dunia FIFA ke-12, digelar di Spanyol mulai dari tanggal 13 Juni hingga 11 Juli. Spanyol dipilih FIFA sebagai tuan rumah oleh FIFA pada Juli 1966. Piala Dunia ini dimenangkan Italia, yang mengalahkan Jerman Barat dengan skor 3 – 1 di final. Dengan gelar ketiganya, (setelah 1934, 1938), Italia mengimbangi Brasil sebagai tim nasional paling sukses di Piala Dunia FIFA. Piala Dunia FIFA ini ditandai dengan seri – seri pertandingan menarik dan seru, ke-dua setelah Piala Dunia FIFA 1970, yang legendaris. Ini juga merupakan kali pertama penambahan jumlah tim menjadi 24 tim, setelah sebelumnya 16 tim di turnamen – turnamen sebelumnya.

 

[spoiler]

Piala Dunia FIFA 1982, Spanyol (Sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

5. Piala Dunia FIFA 1998, Perancis

Piala Dunia FIFA 1998, merupakan edisi keenam belas dari Piala Dunia FIFA, yang diselenggarakan di Perancis, 10 Juni hingga 12 Juli 1998. Perancis dipilih kembali menjadi tuan rumah oleh FIFA pada bulan Juli 1992 dalam pemilihan di Zürich, Swiss, mengalahkan dua calon lainnya, Maroko dan Swiss. Turnamen ini dimenangkan tuan rumah Perancis, setelah memenangkan pertandingan final di Stade de France, Saint-Denis atas Brasil dengan skor 0–3. Sementara, tim kuda hitam Kroasia meraih juara ketiga setelah menang dengan skor 1–2 atas Bulgaria dalam pertandingan perebutan tempat ketiga di Stadion Parc des Princes, Paris.

 

[spoiler]

Piala Dunia FIFA 1998, Perancis (Sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

Tambahan:

 

Piala Dunia FIFA 2014, Brazil

Piala Dunia FIFA 2014, adalah Piala Dunia FIFA ke-20, turnamen sepak bola internasional yang akan diadakan pada tahun 2014 di Brasil. Ini adalah kedua kalinya Brasil menyelenggarakan turnamen ini (setelah 1950), Brasil akan menjadi negara kelima yang pernah menyeleggarai Piala Dunia FIFA World Cup lebih dari satu kali, setelah Meksiko, Italia, Perancis dan Jerman. Turnamen ini juga merupakan Piala Dunia FIFA pertama yang diselenggarakan di Amerika Selatan sejak Argentina 1978. Sebelumnya tidak ada negara Amerika Selatan yang menyelenggarakan Piala Dunia FIFA lebih dari satu kali.(**)

 

[spoiler]

Piala Dunia FIFA 2014, Brazil (Sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, Januari 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com