5 Tarian yang Identik dengan Musik Jazz

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Perkembangan musik jazz, tidak semata-mata berawal dari musikalitasnya saja. Tetapi lebih dari itu, musik jazz juga ternyata diiringi tarian yang semakin melambungkan musik jazz, hingga diterima para penikmat jazz mania di dunia. Berikut old.uniknya.com uraikan 5 tarian yang identik dengan musik jazz:

 

1. Tap Dance 

Tap dance adalah bentuk tarian dengan menggunakan suara ketukan sepatu seseorang yang memukul lantai sebagai instrumen perkusinya. Dengan demikian, tap dance juga sering dianggap sebagai bentuk musik. Dua variasi utama pada tap dance ada: rytem (Jazz) tap dan Broadway tap. Broadway tap lebih memfokuskan pada tarian, dan secara luas dilakukan sebagai bagian dari teater musikal. Sedangkan pada rytem tap lebih berfokus pada musikalitas.

 

[spoiler]

Tap Dance (Sumber: swiga.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Boogie-woogie

Boogie-woogie adalah gaya ber-piano yang berbasis pada blues yang populer di akhir 1930-an dan awal 1940-an. Awalnya tarian ini berasal dari aktifitas simfoni gereja, yang menitikberatkan pada piano, gitar, dan alat musik lainnya. Sementara blues tradisional menggambarkan berbagai emosi, boogie-woogie sangat terkait dengan menari.

 

[spoiler]

Boogie-woogie (sumber: edenatencio.com)

[/spoiler]

 

3. Swing Dance

Swing Dance dikenal juga sebagai tarian yang berkembang dengan gaya swing dari musik jazz di tahun 1920-tahun 1950-an. Meskipun awal tarian ini didahului musik “swing era”. Yang paling terkenal dari tarian jenis ini adalah Lindy Hop, yang berasal di Harlem pada tahun 1927 dan masih dimainkan hingga hari ini. Tarian ini dikembangkan oleh komunitas Afrika Amerika sebagai bahasa tariannya orang-orang Afro-America.

 

[spoiler]

Swing Dance (Sumber:swingfashionista.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Cakewalk Dance

Tarian Cakewalk dikembangkan dari ”Prize Walk” yang dahulunya banyak dilakukan para budak, umumnya pada kumpul-kumpul di perkebunan di Amerika Serikat Selatan. Nama lain untuk bentuk asli dari tarian ini  ”chalkline-walk “ dan ”walk around”.

 

[spoiler]

Cakewalk Dance (Sumber: flickr.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Charleston Dance

Charleston adalah jenis tarian yang namanya diambil dari kota pelabuhan Charleston, Carolina Selatan. Irama musiknya, dipopulerkan dari tari mainstream di Amerika Serikat yang diambil dari sebuah lagu berjudul “The Charleston”. Lagu ini, karya komposer James P. Johnson yang berasal dari pertunjukan Broadway Runnin ’Wild dan menjadi salah satu hits paling populer dekade 1923.(**)

 

[spoiler]

Charleston Dance (Sumber:flickr.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, Januari 2012.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com