5 Penyanyi Wanita Keturunan Tionghoa – Indonesia (Bagian II – Habis)

Oleh: Ilham Santoso

 [UNIKNYA.COM] Untuk mewarnai Tahun Baru Imlek, sepertinya tidak lengkap apabila kami tidak mengangkat tema yang berkaitan dengan kebudayaan Tionghoa. Maka dari itu, selain kebudayaan Cina di Indonesia, berikut old.uniknya.com melanjutkan artikel bagian pertama yaituu 5 Penyanyi Wanita Keturunan Tionghoa – Indonesia. Tidak begitu banyak penyanyi wanita berketurunan tionghoa yang berkarir di negeri ini. Di antara mereka adalah lima penyanyi yang kami rangkum berikut:

 

 

1.Alena (9 November 1981)

 

[spoiler]

Alena (Sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

Karyanya di dunia tarik suara adalah album pertamanya berjudul Alena yang dirilis tahun 2002. Dan judul album kedua dari penyanyi pemilik nama Caroline Gunawan ini adalah Seindah Diriku yang dirlis pada tahun 2008. Wanita kelahiran Malang, Jawa Timur ini memiliki lagu Lavender sebagai lagu unggulannya karena ia ingin diterima di pangsa pasar Mandarin.

Alena sering disamakan dengan Helena dari Indonesian Idol. Menanggapi fakta ini, Alena berkomentar: “saya sih ok aja, Helena teman saya dan beberapa kali sempat menyanyi bersama. Sepertinya banyak yang bingung karena nama kita mirip dan sama-sama keturunan Tionghoa, tapi begitu lebih kenal pasti kelihatan beda karena jenis suara dan penampilan kita beda banget, aku yakin ini juga sering dialami Helena”.

 

2. Natashia Nikita (22 Mei 1988)

 

[spoiler]

Natashia Nikita (Sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

Gadis yang lebih akrab dipanggil Nikita ini adalah seorang penyanyi Rohani. Keturunan Tionghoa – Jawa ini merilis album perdananya berjudul “Di Doa Ibuku Namaku Disebut” tahun 1995. Nikita yang lahir di Jakarta ini lebih memilih untuk tetap setia melantunkan lagu-lagu rohani. Sudah belasan album lagu rohani yang dia rilis. Putri pasangan Otniel Nikola dan Lily Tanjaya ini banyak berpartisipasi dalam beberapa album rohani kompilasi seperti Private Collection, Best Worship.

 

3. Lydia Lau (5 Desember 1994)

 

[spoiler]

Lydia Lau (Sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

Gadis kelahiran Jakarta ini adalah aktris dan penyanyi muda Indonesia. Dia tercatat sebagai peraih penghargaan MURI sebagai penyanyi cilik pertama yang mengeluarkan album Mandarin pada usianya kelima. Penyanyi yang bermain sinetron Candy sebagai tokoh Felly ini telah mengisi lagu di beberapa album kompilasi mulai tahun 1999 dimana single pertamanya berjudul Si King Kong. Saat ini ia aktif dalam trio Candy bersama Meyla Bilqis, dan Gisela Cindy.

 

4. Agnes Monica (1 Juli 1986)

 

[spoiler]

Agnes Monica (Sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

Agnes Monica Muljoto yang lahir di Jakarta ini memulai kariernya pada usia enam tahun sebagai penyanyi cilik dengan tiga album anak-anak yang popularr di era 90-an. Gadis yang pernah menjadi presenter acara televisi anak-anak ini merilis album dewasa pertamanya berjudul And the Story Goes pada tahun 2003. Lalu, pesinetron ini merilis album keduanya pada tahun 2005 bertajuk Whaddup A’..?!, dimana ia menggandeng penyanyi asal Amerika Serikat Keith Martin. Pada album ketiganya, Sacredly Agnezious (2009), Agnes mulai terlibat sebagai produser dan penulis lagu.

Wanita berzodiak Cancer ini berhasil meraih penghargaan dua tahun berturut-turut atas penampilannya di ajang Asia Song Festival di Seoul, Korea Selatan, pada tahun 2008 dan 2009.

Selain sukses secara komersial, anak bungsu dari pasangan Jenny Siswono dan Ricky Suprapto ini merupakan penyanyi dengan jumlah penghargaan paling banyak di Indonesia. Ia telah memenangkan puluhan trofi, termasuk di antaranya sepuluh Anugerah Musik Indonesia, tujuh Panasonic Awards, dan empat MTV Indonesia Awards, dan yang paling besar adalah ia masuk sebagai nominasi di MTV Europe Music Awards tahun 2011 untuk Best World Wide Act Asia & Pasific.

 

5. Tina Toon (20 Agustus 1993)

 

[spoiler]

Tina Toon (Sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

Agustina Hermanto yang lebih dikenal sebagai Tina Toon adalah salah satu penyanyi dan aktris cilik Indonesia. Gadis kelahiran Jakarta ini terkenal dengan goyangan ngebor yang mirip dengan goyangan ngebor Inul Daratista. Anak pertama dari pasangan Megawati dan Aan Hermanto ini terkenal lewat lagunya Bolo-Bolo dan gerakan lehernya yang khas.

Album pertamanya berjudul Bolo-bolo (1999), dengan lagu andalan bertajuk sama, dan menjadi hit di pasar. Kesuksesan album pertama membuat Tina merilis lagi album kedua Siram (2000), Goyang Tina Toon (2001), dan Arti Bolo-bolo (2003). Setelah menjajal dunia layar lebar pada tahun 2004 dengan membintangi film komedi berjudul Tina Toon & Lenong Bocah, Tina merilis lagi album barunya pada tahun 2008 berjudul I Love Music dengan single “In My Birthday” yang merupakan ciptaannya sendiri. Single keduanya “Cinta Malu” ditulis oleh Tina sendiri.

Pada bulan Agustus 2011, Tina Toon membentuk sebuah band puteri bernama D’Girls dan telah memiliki 2 single, yakni: Cinta Pertama dan Cinta Buta. (**)

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, Januari 2012

One Response to 5 Penyanyi Wanita Keturunan Tionghoa – Indonesia (Bagian II – Habis)

  1. Pingback: Penyanyi RI keturunan China | Cah Nekat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com