5 Penyanyi Wanita Keturunan Tionghoa – Indonesia (Bagian I)

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Mungkin Anda tidak begitu memperhatikan berapa banyak penyanyi wanita keturunan Tionghoa – Indonesia yang mewarnai layar kaca dan menyenandungkan suara-suara indahnya. Selain Agnes Monica, Leony, dan Mey Chan, ada beberapa penyanyi wanita lainnya yang berketurunan Tionghoa – Indonesia yang kami rangkum dalam artikel ini. Apakah Anda termasuk penggemar mereka? Berikut old.uniknya.com merangkum 10 Penyanyi Wanita Keturunan Tionghoa – Indonesia dalam dua bagian:

 

 1. Gisella Anastasia (16 November 1990)

 

[spoiler]

Gisella Anastasia (Sumber:ggpht.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Gadis kelahiran Surabaya ini lebih dikenal dengan nama Gisel ‘idol’. Finalis Indonesian Idol 2008 ini pun merupakan salah satu sinden tamu dalam acara Opera Van Java.

Ia adalah pelajar kelas 2 SMA Kr Petra 1 Surabaya dan sekarang melanjutkan kuliah di Universitas Bunda Mulia Jakarta. Dari Senin hingga Minggu ia mengisi jadwal sepulang sekolahnya dengan beragam kegiatan seperti bernyanyi di restoran, kursus matematika, kursus vokal, hingga fitness. Pada awal kariernya, ia biasanya menerima tawaran untuk bernyanyi di pesta pernikahan dan juga gereja di akhir pekan.

 

2. Irene Pratami Angriawan (5 April 1988)

 

[spoiler]

Irene Pratami Angriawan (Sumber:status-selebritis.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Wanita keturunan Tionghoa Indonesia ini biasa dipanggil Irene. Gadis cantik kelahiran Padang, Sumatera Barat ini menjadi terkenal saat menyandang gelar “brand-ambassador” Rejoice 2008. Penyanyi yang pernah dihebohkan karena wajahnya mirip Wulan Guritno pada sebuah video mesum ini pernah berduet dengan Delon setelah meraih juara pertama kompetisi menyanyi “Duet Bareng Delon” yang diselenggarakan Rejoice pada tahun 2008.

 

3. Mey Chan (14 Mei 1986)

 

[spoiler]

Mey Chan (Sumber: ggpht.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Pemilik nama asli Dita Anggraini ini adalah anggota dari grup musik Duo Maia bersama Maia Estianty. Pada awal kariernya sebelum bergabung dengan duo tersebut, penyanyi kelahiran Malang ini sempat beberapa kali bergabung dengan grup musik yang bermain dari kafe ke kafe. Grup-grup musik tersebut adalah Komet 14, Infinity, Dimensi Baru Band, dan Punk Romance yang ditinggalkannya pada bulan Juni 2007.

 

4. Helena Andrian (5 September 1984)

 

[spoiler]

Helena Andrian (sumber: kapanlagi.com)

[/spoiler]

 

Penyanyi wanita keturunan Tionghoa – Indonesia berikutnya adalah gadis kelahiran Jakarta yang namanya melejit setelah menjadi 4 besar finalis ajang Indonesian Idol Musim Pertama. Wanita yang memulai serius menyanyi pada umur 12 tahun ini pernah mengikuti berbagai festival, sempat menjalani Trio Permata Jakarta Cool sampai remaja bersama Diajeng Kurnia Fajrin dan Maria (Molucas) – tampil di acara Permata Nusantara TVRI. Penganut Kristiani ini sempat bergabung dengan Antero Bagus asuhan Chris Pattikawa. Selepas itu, ia bergabung dengan Audiensi Band selama 4 tahun sebagai backing vocal.

Setelah lepas dari Indonesian Idol, ia memulai karir solonya dengan mengeluarkan album perdananya berjudul Keajaiban Cinta yang dirilis bulan Juli 2005. Glenn Fredly, Melly Goeslay, Bebi Romeo, Dewiq, Icha Jikustik, dan Eicky RM adalah musisi-musisi yang terlibat dalam pembuatan album tersebut.

 

5. Leony Vitria Hartanti (20 September 1987)

 

[spoiler]

Leony Vitria Hartanti (sumber: kapanlagi.com)

[/spoiler]

 

Penyanyi kelahiran Jakarta ini semula dikenal sebagai penyanyi cilik dengan grupnya Trio Kwek Kwek, bersama Dhea Ananda dan Alfandy. Setelah beranjak dewasa, Leony mulai menggeluti dunia peran. Sinetron yang dibintanginya, antara lain, Anak Ajaib, Vlaad Bocah Remote Control, Sahabatku, Jangan Panggil Aku Cina (FTV), Wo Ai Ni Indonesia, Siapa Takut Jatuh Cinta, Ajari Aku Cinta, Demi Cinta, 12 Lilin (FTV) dan JanjiMU Seperti Fajar.

Bulan Februari 2004, penyanyi yang pernah menerima berbagai penghargaan ini akhirnya merilis album solo remaja pertamanya yang bertajuk “No Apologies!” (**)

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, Januari 2012

One Response to 5 Penyanyi Wanita Keturunan Tionghoa – Indonesia (Bagian I)

  1. Pingback: Penyanyi RI keturunan China | Cah Nekat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com