Apa? Sebuah Catatan Laku Rp 2,25 milliar?

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Sebuah catatan yang digunakan Komandan Apollo 13 James Lovell untuk membuat perhitungan yang mengantarkan pesawat ulak alik yang rusak itu kembali ke bumi terjual seharga 388.375 dolar Amerika atau sekitar Rp 3,4 milliar dalam sebuah pelelangan.

 

Komandan Apollo 13 James Lovell dan catatannya (sumber: theblaze.com)

 

Rumah lelang Heritage Auction menjual catatan tersebut sebagai bagian dari artefak program angkasa luar Amerika Serikat yang ditawarkan dalam program Pelelangan Luar Angkasa mereka. Catatan itu dijual kepada kolektor yang tidak disebutkan namanya. Sebellumnya barang tersebut diperkirakan akan terjual seharga 250 ribu dollar Amerika atau sekitar Rp 2,25 milliar.

Michael riley, sejarawan di Heritage Auction menyebut tanpa catatan tersebut, kru Apollo 13 tidak akan bisa mengetahui posisi mereka di luar angkasa dan akan kesulitan kembali ke bumi.

Pada 13 April 1970, sebuah tangki oksigen meledak saat pesawat luar angkasa itu dalam perjalan menuju bulan. Apollo 13 terpaksa membatalkan misi mereka ke bulan dan berusaha kembali ke bumi dengan selamat.(**)

 

Sumber: Media Indonesia, old.uniknya.com, Januari 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com