5 Film K-Horor Terseram (Bagian II – Habis)

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Film-film Korea Selatan selalu diidentikkan dengan cerita-cerita percintaan yang mengundang air mata. Tetapi dibalik itu, tidak sedikit film horor Korea Selatan yang kualitasnya bisa dibandingkan dengan film horor Barat dan bisa dibilang lebih jauh dibanding kualitas film horor di negeri kita, bahkan beberapa di antaranya telah mendapatkan penghargaan di festival-festival bergengsi di dunia film Barat. Berikut old.uniknya.com merangkum lima lagi film horor terseram dari karya para sutradara Korea Selatan sebagai referensi alternatif untuk koleksi film Anda. Lihat juga 5 film K-Horor Terseram bagian pertama apabila anda menyukai artikel ini:

 

1. Living Dead (2009)

 

[spoiler]

Living Dead (sumber: wikimedia.org)

 

[/spoiler]

 

 Film ini disutradarai oleh Lee Yong Joo-I dan dibintangi oleh Nam Sang Mi sebagai Hee Jin, Kim Bo-yeon sebagai Ibu, dan Shim Eun Kyung sebagai So Jin. Seorang mahasiswi bernama Hee Jin (Nam Sang Mi) kembali ke rumahnya ketika adik perempuannya yang berumur 14 tahun So Jin (Shim Eun Kyung) menghilang. Ibunya, seorang pengikut gereja yang fanatik, berdoa dan menolak bekerja dengan polisi yang malas untuk menemukan So Jin. Sementara itu, seorang tetangga bunuh diri dan meninggalkan sebuah surat wasiat untuk So Jin, dan Hee Jin mendengar banyak rumor bahwa adiknya telah kemasukan setan. Tempa dimana So Jin berada semakin sukar dipahami dan tetangganya yang mati itu mulai muncul di dalam mimpi-mimpi Hee Jin.

 

2. Phone (2002)

 

[spoiler]

Phone (sumber: wikimedia.org)

 

[/spoiler]

 

Film horor ini disutradarai dan ditulis oleh Ahn Byeong-ki dan dibintangi oleh Ha Ji-Won dan Kim Yu-Mi. Film ini merupakan sebuah cerita cinta yang rumit dan melibatkan banyak hantu.

Setelah menulis serangkaian artikel tentang pedofilia, jurnalis Ji-won menerima telepon ancaman dan ia merubah nomor ponselnya. Teman dekatnya Ho-jung dan suaminya Chang-hoon mengajak Ji-won untuk pindah ke rumah mereka di Bang Bae yang kosong dan tertutup. Ketika anak perempuan temannya itu Young-Su menjawab sebuah panggilan telepon di ponsel Ji-won, gadis tersebut berteriak dan perilakunya berubah, merasakan daya tarik yang besar kepada ayahnya dan menolak ibunya. Sementara itu, Ji-won menerima panggilan-panggilan telepon aneh dan melihat serta mendengarkan seorang remaja memainkan lagu “Moonlight Sonata” dengan piano. Setelah menyelidiki nomor teleponnya, Ji-won menemukan bahwa pemilik asal nomor tersebut adalah, Jin-hee, telah menghilang dan dua pemilik nomor berikutnya telah meninggal secara misterius dalam kondisi-kondisi yang tidak wajar. Penyelidikan lebih lanjut tentang Jin-hee menyingkapkan bahwa remaja tersebut benar-benar terganggu dengan cinta obsesifnya terhadap seorang lelaki yang telah memutuskan hubungan mereka ….

 

3. The Evil Twin (2007)

 

[spoiler]

The Evil Twin (sumber: wikimedia.org)

 

[/spoiler]

 

Film berdurasi 95 menit ini disutradarai oleh Kim Ji-hwan dan dibintangi oleh Park Shin-hye sebagai So-yeon dan Jae Hee sebagai Hyun-sik.

Ketika sebuah kecelakaan merenggut nyawa saudara kembarnya, So-yeon jatuh koma dimana ia bangun sepuluh tahun kemudian. Namun, serangkaian pembunuhan misterius mulai terjadi setelah ia sembuh, dan ia menjadi berperilaku seperti saudara kembarnya. Tetapi, tersingkap bahwa seseorang yang terbunuh di danau sepuluh tahun yang lalu bukanlah Hyo-jin namun So-yeon dan kembaran yang masih hidup tersebut adalah Hyo-jin. Rahasia tersebut disembunyikan oleh ibunya, yang memberitahu penduduk desa bahwa Hyo-jin telah mati, namun roh yang mengerikan dari Hyo-jin Palsu (So-Yeon) kembali untuk mengambil seseorang untuk hidup di dalam danau dengannya.

 

4. Cello (2005)

 

[spoiler]

Cello (sumber: wikimedia.org)

 

[/spoiler]

 

Film horor misteri ini disutradarai oleh Woo-cheol Lee dan dibintangi oleh Hyeon-a Seong, Da-an Park, dan Ho-bin Jeong.

Pemain celo sekaligus guru Mi-Ju Hong dikunjungi oleh kolega sekaligus temannya Sun-Ae yang akan memangku jabatan profesor di sebuahu institusi terkenal, dan memberikan sebuah undangan konser Hae-Young Kim, adik perempuan mantan sahabat di sekolahnya Tae-Yeon Kim yang meninggal karena kecelakaan mobil. Sebelum meninggalkan gedung tersebut, ia diancam oleh mantan pelajarnya yang gagal dalam ujian. Ketika pulang ke rumah, ia melarikan diri dari sebuah kecelakaan di jalan dan setiba di rumahnya, ia mendapatkan kejutan pesta ulang tahun dengan suami sekaligus jaksa Jun-Ki, anak-anak perempuannya slow Yoon-Jin yang lemah dan Yoon-Hye Song yang masih muda, dan saudara iparnya Kyung Ran, yang tunangannya berada di Manhattan untuk menjalani program MBA. Pada pagi berikutnya, suaminya menyewa pembantu Ji-Sook, seorang perempuan yang sangat aneh. Ketika berbelanja dengan Yoon-Jin, gadis tersebut terpesona oleh sebuah celo dan Mi-Ju membelikan alat musik tersebut. Setelah kematian misterius yang menimpa anjingnya Sunny ….

 

5. Bunshinsaba (2004)

 

[spoiler]

Bunshinsaba (sumber: wikimedia.org)

 

[/spoiler]

 

Film ini disutradarai oleh Ahn Byeong-ki dan ditayangkan pada Puchon International Fantastic Film Festival ke 8. Film ini memperoleh premier Amerika pada New York Korean Film Festival tahun 2005 dan kemudian pada tahun yang sama ditunjukkan di Screamfest Horror Film Festival ke 5.

Yu-jin dan ibunya yang buta pindah ke sebuah desa kecil dari Seoul. Pada hari pertamanya di sekolah barunya, Yu-jin diusik oleh teman-teman sekelasnya. Bersama dengan korban lainnya, Yu-jin mengutuk empat gadis yang menyiksa mereka melalui Ouija Board. Pada hari kedua di sekolahnya, salah satu empat gadis tersebut terbakar dan tewas ketika ia duduk dimana Yu-jin menggunakan papan tersebut. Hari berikutnya, korban lainnya terbakar sampai mati, dan kini sekolah itu terkurung oleh horor. (**)

 

Sumber: berbagai sumber, old.uniknya.com, Januari 2012

One Response to 5 Film K-Horor Terseram (Bagian II – Habis)

  1. Pingback: 10 K-Horor Terseram « Ilham Santoz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com