Orang Egois Lebih Berpeluang Menjadi Pemimpin

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Orang dengan perilaku egois dan agresif ternyata terlihat lebih menarik untuk memimpin. Menurut sebuah studi, sifat demikian juga paling memungkinkan seseorang untuk dipromosikan di tempat kerja.

 

 

Seorang egois berpeluang jadi pemimpin (sumber: liesyoungwomenbelieve.com)

 

Studi ini menemukan bahwa mereka yang bekerja tanpa pamrih merupakan jenis kepribadian yang disukai, tetapi sayangnya sifat itu justru dianggap sebagai kandidat yang kurang menarik untuk kepemimpinan dan cenderung diabaikan untuk promosi menurut Daily Mail. Studi ini juga menemukan bahwa agresif menyiratkan kekuatan, sedangkan altruisme dianggap sebagai kelemahan.

Penelitian yang digelar Sekolah Manajemen Kellog, Stanford Graduate School of Business dan Carneige Mellon University School of Business Tepper ini juga menemukan bahwa orang dengan kepribadian ramah merupakan sosok yang paling populer, tapi dianggap lemah atau mudah ditipu. Adapun mereka yang memiliki perilaku lebih dominan dan agresif dipandang sebagai kepribadian alpha.

“Menjadi egois membuat Anda tampak lebih dominan dan menjadi dominan membuat Anda tampak lebih menarik sebagai seorang pemimpin, terutama ketika ada kompetisi,” kata asisten peneliti Robert Livingston dari Kellog School. “Tanpa disadari, studi ini menyimpulkan bahwa kelebihan sama dengan kelemahannya.(**)

 

Sumber: Media Indonesia, old.uniknya.com, Oktober 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com