5 Fakta Menarik Terkait Bumi dan Isinya

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 miliar tahun. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari, sinar ultraviolet dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer.

Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer dan Eksosfer. Berikut 5 fakta menarik terkait bumi dan isinya:

 

1. Pulau Terbesar di Dunia

Pulau terbesar adalah pulau Greenland. Greenland dalam bahasa Inggris, atau Tanah Hijau adalah sebuah pulau di Samudra Atlantik bagian utara di arah timur laut Kanada. Luas wilayahnya adalah 2.166.086 km² dan merupakan pulau terbesar di dunia. Pulau ini termasuk wilayah Kerajaan Denmark. Sejak tahun 1979, Tanah Hijau diberi kemandirian dan sejak tahun 1985 tidak lagi menjadi anggota Uni Eropa. Akan tetapi, Ratu Denmark masih tetap menjabat sebagai kepala negara.

 

[spoiler]

Pulau Greenland (Sumber: hopechristianchurch.com.au)

[/spoiler]

 

2. Kecepatan Angin Tertinggi

Angin adalah udara yang bergerak yang diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah. Kecepatan angin tertinggi terjadi di Belgrano II, wilayah Argentina di Antartika pada kecepatan 351 km/h.

 

[spoiler]

Angin (sumber: globalwindgroup.com)

[/spoiler]

 

3. Pegunungan Terpanjang

Gugus pegunungan terpanjang adalah pegunungan Andes di Amerika selatan yang membentang sejauh 5.000 mil. Pegunungan Andes adalah pegunungan terpanjang di dunia yang membentuk rangkaian dataran tinggi sepanjang pantai barat Amerika Selatan. Pegunungan ini panjangnya lebih dari 7.000 km, lebarnya mencapai 500 km pada beberapa tempat (terlebar pada 18° sampai 20° LS), dan memiliki ketinggian rata-rata sekitar 4.000 m. Pegunungan ini membentang melalui tujuh negara: Argentina, Bolivia, Chili, Kolombia, Ekuador, Peru, dan Venezuela, yang kadang disebut “Negara-Negara Andean” (Andean States).

 

[spoiler]

Pegunungan Andes(Sumber: roadlesstravelled.com.au,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Air Terjun Tertinggi

Air terjun tertinggi adalah Angel Falls di Venezuela. Air Terjun Angel atau Salto Angel adalah air terjun jatuh-bebas tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter (3.212 kaki) dengan jatuh tanpa hambatan sekitar 807 meter (2.647 kaki). Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela. Ketinggian resminya ditentukan oleh National Geographic Society pada 1949. Air terjun ini merupakan atraksi turis paling terkenal di Venezuela.

 

[spoiler]

Angel Falls (sumber: populartourismplace.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Gelombang Laut Tertinggi

Gelombang permukaan adalah fenomena yang akan kita temui ketika mengamati permukaan air laut, dan biasa disebut sebagai ombak. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya ombak adalah hembusan angin, disamping ada pula faktor lain seperti pasang surut laut yang terjadi akibat adanya gaya tarik bulan dan matahari. Gelombang laut tertinggi terjadi pada 9 Juli 1958 di Teluk Lituya, Alaska ketika sebuah gempa besar menimbulkan longsor besar di teluk Lituya menimbulkan gelombang setinggi 524 m (1.720 kaki).(**)

 

[spoiler]

Ombak (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Januari 2012

5 Responses to 5 Fakta Menarik Terkait Bumi dan Isinya

  1. Sangat menakjubkan…………

  2. ingat dahulu waktu SMA belajar geografi dan semua yang berhubungan dg bumi.

    happy blogging

  3. wahh ..
    Thanks infonya, lumayan buat bacaan Mingguan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com