5 Lokasi Paling Ekstrem di dunia (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Apa yang terhampar di atas permukaan bumi, memiliki rekor tersendiri yang menakjubkan jika kita amati. Mulai dari yang terdalam, tertinggi hingga rekor –terlainnya. Berikut old.uniknya.com himpun, 5 lokasi paling ekstrem di dunia:

 

1. Titik di Daratan Terjauh dari Lautan

Titik di daratan yang merupakan titik terjauh dari lautan adalah 320 km dari kota Urumqi di daerah otonomi Xinjiang di Republik Rakyat Cina pada 46°16.8′ LU 86°40.2′ BT. (sekitar gurun Dzoosotoyn Elisen). Posisi ini adalah garis lurus sejauh 2648 km dari garis pantai terdekat.

 

[spoiler]

Urumqi (sumber:cs.pitt.edu)

[/spoiler]

 

2. Titik di Lautan Terjauh dari Daratan

Titik di lautan yang merupakan titik terjauh dari daratan disebut titik Nemo berada di Samudra Pasifik pada koordinat 48° LS 125° BB yaitu sejauh kurang lebih 2670 km dari daratan terdekat. Berada di tengah-tengah wilayah lautan seluas 22.420.000 km². Wilayah ini lebih luas dari keseluruhan wilayah bekas Uni Sovyet.

 

[spoiler]

Samudra Pasifik (Sumber: oahspestandardedition.com)

[/spoiler]

 

3. Titik Terbasah

Cherrapunji, adalah sebuah kelurahan di Distrik East Khasi Hills di negara bagian Meghalaya, India. Meghalaya berarti “Rumah Awan”. Begitu indahnya Meghalaya sehingga dijuluki “Skotlandia-nya Asia”. Tempat ini dikenal sebagai Tempat Terbasah di Dunia. Cherrapunji berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, dengan curah hujan rata-rata per tahun sebesar 1270 cm.

 

[spoiler]

Cherrapunji (sumber: jogbir.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Titik Terkering

Gurun Atacama adalah dataran tinggi di Amerika Selatan, meliputi sebidang tanah seluas 600-mil (1,000 km) di pantai Pasifik Amerika Selatan, sebelah barat pegunungan Andes. Gurun Atacama, menurut NASA, National Geographic dan publikasi lainnya, gurun terkering di dunia, karena bayangan hujan di sisi angin bawah Pegunungan Pantai Chili, serta lapisan inversi pesisir yang diciptakan oleh arus Humboldt dingin lepas pantai. Atacama menempati wilayah seluas 40.600 mil² (105,000 km²) di Chili utara, sebagian besar terdiri dari cekungan garam (salares), pasir, dan aliran lava felsik terhadap Andes. Sebagai titik terkering berada di dunia, Atacama hanya menerima curah hujan rata-rata per tahun sebesar 0.01 cm. Beberapa lokasi di gurun Atacama malah tidak pernah turun hujan selama 400 tahun.

 

[spoiler]

Gurun Atacama (sumber;ning.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Pulau Paling Terpencil

Pulau yang paling terpencil adalah Pulau Bouvet yaitu pulau yang tidak berpenghuni yang merupakan wilayah Norwegia yang berada di koordinat 54°26′ LS 3°24′ BT. Pulau Bouvet adalah pulau vulkanik yang tidak berpenghuni yang terletak di sub-antartika, sebelah selatan Samudra Atlantik, sebelah barat daya Tanjung Harapan, Afrika Selatan. Pulau ini diklaim oleh Norwegia sebagai bagian dari wilayahnya. Pulau ini ditemukan oleh kapten kapal Perancis Jean-Baptiste Charles Bouvet de Lozier dan diberi nama Pulau Bouvet menurut namanya. Daratan terdekat merupakan daerah tidak berpenghuni Ratu Maud di Antartika sekitar 1.600 km sebelah selatan.

 

[spoiler]

Pulau Bouvet (Sumber: esr.org,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Tambahan:

 

Kepulauan Paling Terpencil

Kepulauan yang paling terpencil terdiri atas Pulau Paskah dan Isla Sala y Gómez berjarak sekitar 480 km satu sama lain. Berada sejauh 2.250 km sebelah barat laut Kepulauan Pitcairn dan 3.300 km dari pantai barat Chili. Pulau Paskah (bahasa Polinesia: Rapa Nui, bahasa Spanyol: Isla de Pascua) adalah sebuah pulau milik Chili yang terletak di selatan Samudra Pasifik. Walaupun jaraknya 3.515 km sebelah barat Chili Daratan, secara administratif ia termasuk dalam Provinsi Valparaiso. Pulau Paskah berbentuk seperti segitiga. Daratan terdekat yang berpenghuni ialah Pulau Pitcairn yang jaraknya 2.075 km sebelah barat. Luas Pulau Paskah sebesar 163,6 km². Menurut sensus 2002, populasinya berjumlah 3.791 jiwa yang mayoritasnya menetap di ibukota Hanga Roa. Pulau ini terkenal dengan banyaknya patung-patung (moai), patung berusia 400 tahun yang dipahat dari batu yang kini terletak di sepanjang garis pantai.(**)

 

[spoiler]

Pulau Isla Sala y Gómez (sumber: communication.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, Januari 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com