5 Film Bertemakan Mimpi dan Imajinasi

Oleh : Iqbal Vetra (kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]:  Mimpi merupakan hal yang biasa kita alami saat kita tertidur, entah dalam bentuk mimpi indah ataupun mimpi buruk. Dunia mimpi dapat kita perlakukan sesuka hati, tak heran kemudian orang-orang akan lebih suka bermimpi daripada menjalani kenyataan hidup. Tema mimpi memang bukanlah hal yang baru, namun mimpi menjadi hal yang berbeda ditangani oleh sutradara-sutradara terkenal seperti Christoper Nolan pada film Inception atau David Lynch pada film Mulholland Drive. Beberapa sutradara tersebut menerjemahkan tema mimpi hingga menjadi sebuah film sains fiksi yang sarat akan laga aksi, drama dan horror. Film yang akan bahas menjadi rekomendasi film bagus bagi Anda pecinta film genre drama, thriller, dan fiksi-ilmiah. Berikut Uniknya.com merangkum 5 film dengan tema mimpi dan imajinasi:

 

1.    The Science Of Sleep (2006)

Film ini adalah film komedi fantasi yang ditulis dan disutradarai oleh Michael Gondry, yang menceritakan Stephane (Gael Garcia Bernal) yang hidup dengan mimpi dan imajinasi yang kerap mengganggu kemampuannya untuk berinteraksi secara sosial. Akibat pengalaman waktu sulit dan kemunduran masa kanak-kanak yang membedakan mimpi-mimpinya dari perjalanan hidup. ia tidur di kamar masa kecilnya, tempat tidur berbentuk mobil, penuh dengan mainan dan penemuan – penemuan ajaibnya.  Stephane sangat kekanak – kanakan, ia adalah bocah dalam tubuh kecil laki – laki dewasa yang sulit membedakan kapan ia bangun, tidur, dan bermimpi. Stephane jatuh cinta dengan tetangganya, yang bernama Stephanie (Charlotte Gainsbourg), karena ia merasa bahwa Stephanie sangat mirip dengannya.
The Science of Sleep akan membawa kalian menuju dunia penuh gadget – gadget handmade aneh buatan Stephane seperti helm transmisi pikiran  dari helm sepeda sampai  helm  mesin waktu.

 

[spoiler]

The Science Of Sleep (Sumber: .sundancechannel.com)

 

 [/spoiler]

 

2.    Inception         

Inception bermula dengan kegelisahan Cobb (Leonardo DiCaprio). Ia tidak bisa kembali ke Amerika Serikat lantaran dituduh membunuh sang istri. Saat ia bertemu dengan konglomerat Jepang Saito (Ken Watanabe) untuk memasuki mimpi pesaingnya Robert Fisher (Cillian Murphy). Cobb tahu bahwa ini adalah salah satunya kesempatan untuk bisa pulang . Lalu Cobb mulai membuat rencana menanamkan ide dalam mimpi Fisher. Hal ini tidaklah mudah mengingat Cobb sendiri masih dibayangi kematian istrinya.
Film yang disutradai oleh Christoper Nolan, konon kabarnya Nolan membutuhkan waktu sepuluh tahun untuk mewujudkan film ini. Kerja keras nya tidak lah sia-sia lantaran Inception dapat menggelontarkan dollar yang melimpah. Inception juga dinilai tinggi oleh situs IMDB, yaitu 9.1 dari 10 poin.

 

[spoiler]

Inception (sumber:nolanfans.com)

 

 [/spoiler]

 

3.    Requiem for a Dream (2000)

Film drama yang didasarkan pada novel dengan judul yang sama yang di tulis oleh Hubert Selby, Jr . Disutradarai oleh  Darren Aronofsky dan dibintangi Ellen Burstyn , Jared Leto , Marlon Wayans dan Jennifer Connelly.  Film ini menggambarkan tentang empat orang terperangkap oleh beragam bentuk kecanduan mereka. Sebuah fantasi  yang mengarah pada karakter dalam dunia mimpi, mengkonsumsi pikiran, tubuh dan jiwa akibat penggunaan drugs,  Namun kehidupan mereka hancur ketika kecanduan mereka menjadi lebih kuat. Film ini diputar pada kompetisi  Festival Film Cannes 2000. Dan Burstyn dinominasikan untuk Academy Award untuk Aktris Terbaik untuk penampilannya.

 

[spoiler]

Requiem for a Dream (sumber: blogspot.com)

 

 [/spoiler]

 

4.    Mulholland Drive (2001)

Film ini menceritakan tentang seorang wanita Betty Elms (Naomi Watts) yang berjuang untuk mencari tahu identitas yang sebenarnya, setelah ia kehilangan ingatan saat kecelakaan mobil. Seorang calon aktris muda menemukan dirinya tinggal di rumah bibinya. Dan Teka-teki mulai terungkap, mendorong kita masuk dalam labirin yang misterius atas pengalaman sensual, sampai kita tiba di persimpangan dari impian dan mimpi buruk.

Film yang ditulis dan disutradarai oleh David Lynch , dibintangi Justin Theroux , Naomi Watts , dan Laura Harring. Film ini secara luas dianggap sebagai salah satu karya terbaik Lynch, bersama Eraserhead (1977) dan Blue Velvet (1986), dan telah dipilih oleh banyak kritikus sebagai mewakili perspektif yang signifikan dari tahun 2000-an. Film ini memenangkan Penghargaan Best Director di Festival Film Cannes 2001 serta mendapatkan Oscar nominasi untuk Sutradara Terbaik.

 

[spoiler]

Mulholland Drive (sumber:sundancechannel.com)

 

 [/spoiler]

 

5.    Videodrome (1983)

Film ini merupakan film terbaik yang di sutradarai oleh Corenenberg. Memperluas perjalanan pikiran anda dengan paranoia techno dan horror. Yang menceritakan tentang seorang programmer TV (James Woods) mulai melihat kehidupan dan masa depan media terlepas dari kontrol dalam cara yang sangat tidak biasa ketika dia mendapatkan jenis baru pemrograman untuk stasiun nya. CEO sebuah stasiun TV kabel kecil yang tersandung pada sinyal siaran yang menampilkan kekerasan ekstrem dan penyiksaan. Menyesatkan kontrol pikiran, konspirasi terungkap saat ia menyingkap sumber sinyal dan kehilangan sentuhan dengan realitas dalam serangkaian halusinasi organik semakin aneh dan keras. (**)

 

[spoiler]

Videodrome (sumber:sundancechannel.com)

 

 [/spoiler]

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Januari 2012.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com