5 Atlet Olimpiade Tercantik Dunia (Bagian I)

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM]: Beberapa waktu yang lalu old.uniknya.com telah memberikan angin kesegaran kepada pembaca dengan memberikan artikel 5 Grandmaster Catur Tercantik Dunia dimana citra olahraga otak itu selalu diidentikkan dengan pria dan kolot. Namun, kehadiran mereka telah mengubah wajah dunia olahraga, khususnya permainan catur. Dalam kesempatan ini, old.uniknya.com menengok beberapa atlet olimpiade tercantik dunia. Tak kenal maka tak sayang. Bukan sekedar foto-fotonya, namun kami juga sedikit memperkenalkan identitas dan prestasi mereka. Majulah terus dunia olahraga! Berikut 5 atlet olimpiade tercantik dunia:

 

1. Erin Hamlin (19 November, 1986)

 

[spoiler]

(sumber: poptower.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Erin Hamlin adalah seorang luger Amerika yang telah berkompetisi sejak tahun 2005. ia memenangkan medali emas di event single untuk wanita di 2009 FIL World Luge Championships yang diselenggarakan di Lake Placid, New York; hal ini menandai kali pertamanya dalam 99 perlombaan bahwa atlet wanita Jerman tidak menjadi pemenang pertama.
Warga asli Remsen, New York ini berakhir di posisi 12 pada event single untuk wanita di Olimpiade Musim Dingin 2006, Turin, Itali. Ia dipilih pada Desember 2009 untuk berkompetisi pada Olimpiade Musim Dingin 2010 di Vancouver. Anak perempuan dari pasangan Eileen dan Ronald Hamlin ini menempati posisi 16 pada kompetisi luge, sekaligus menempati posisi tertinggi di antara atlit luge Amerika.
Pada tahun 2009, wanita yang memiliki rumah di Lake Placid ini menjadi juru bicara untuk National Headache Foundation setelah mengalami sakit kepala migrain.

 

2. Katie Uhlaender (17 Juli 1984)

 

[spoiler]

(Sumber: malewail.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Pembalap skeleton Amerika ini telah berkompetisi sejak tahun 2003. Warga asli Vail, Colorado ini memenangkan empat medali di FIBT World Championships dengan satu eprak (skeleton untuk wanita: 2008) dan tiga perunggu (skeleton untuk wanita: 2007, event campuran bobsleigh-skeleton: 2008, 2009).Uhlaender, yang kini tinggal dekat Breckenridge ini, memenangkan gelar Juara Dunia Skeleton untuk wanita sebanyak dua kali (2006-7, 2007-8). Anak dari mantan outfielder Major League Baseball (dan mantan pelatih Cleveland Indians) Ted Uhlaender ini, menempati posisi keenam pada event skeleton wanita pada Olimpiade Musim Dingin 2006 di Torino, Itali. Ia memperoleh waiver medis untuk berkompetisi di musim Piala Dunia Skeleton 2009-10 setelah operasi karena kecelakaan di bulan April 2009 dimana tempurung lututnya remuk, dan patah lagi pada bulan Agustus 2009 (total empat kali bedah).
Untuk mengenang ayahnya, ia memakai cincin peninggalan ayahnya di lehernya yang pernah dipakai ayahnya pada musim Cincinnati Reds tahun 1972 dimana tim Reds memenangkan National League. Tanggal 16 Januari 2010, Uhleander lolos babak kualifikasi untuk Olimpiade Musim Dingin 2010 di Vancouver dimana ia menempati posisi ke-11. Ia kini berlatih untuk Olimpiade 2012 di London, untuk olahraga Angkat Beban Olimpiade.

 

3. Therese Johaug (25 Juni 1988)

 

[spoiler]

(Sumber: visitrauland.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Atlet ski XC dari Norwegia ini telah berkompetisi untuk klab Tynset IF dan IL Nansen.
Setelah mengikuti beberapa balapan domestik pada musim 2006, Johaug mengambil bagian di Kejuaraan Norwegia pada tahun 2007, memenangkan satu medali perunggu pada event double pursuit 7.5 km + 7.5 km. Ia dipilih untuk dua balapan Piala Dunia sebelum Kejuaraan Dunia, yang akhirnya menempati posisi ke delapan dan ke-33 dalam dua balapan interval sekitar 10 km, yang cukup untuk diseleksi pada kompetisi jarak 30 km pada Kejuaraan Dunia Sapporo 2007 dimana ia memenangkan medali perunggu.
Pada Olimpiade Musim Dingin di Vancouver, ia memenangkan medali emas pada reli 4 x 5 km, posisi keenam pada double pursuit the 7.5 km + 7.5 km dan ketujuh pada mass start race 30 km. Johaug memenangkan medali emas pertamanya pada mass start race 30 km di Kejuaraan Dunia 2011 di Oslo. Ia juga memenangkan medali emas pada relay 4 x5 km, perunggu pada double pursuit 7.5 km + 7.5 km dan keempat pada individual start.

 

4. Allison Baver (11 Agustus 1980)

 

[spoiler]

(Sumber: zimbio.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Pemain skat cepat jarang pendek dari Amerika ini berlatih dengan tim Olimpiade olahraga musim dingin permanen di Amerika Serikat, di Kota Salt Lake, Utah. Pada musim 2005-2006, wanita berumur 31 tahun ini menempati posisi ketiga di World Ranking.
Pada Pertandingan Olimpiade Musim Dingin 2006, di Turin, Italia, lulusan Universitas Pennsylvania State tahun 2003 ini menempati posisi ketujuh di kompetisi 500 meter untuk Wanita, setelah menempati posisi ketiga di Semifinal A dan koalisi dengan Kateřina Novotná dari Republik Ceko di Final B, yang akhirnya mengalahkannya untuk mendapatkan posisi kelima.
Tanggal 25 Februari, 2007, Baver memenangkan Kejuaraan Nasional Amerika Serikat pertamanya.
Pada Olimpiade Musim Dingin 2010, yang diselenggarakan di Vancouver, pada relay 3000 m, tim Baver menempati posisi keempat namun hanya mendapatkan medali perunggu setelah salah satu timnya didiskualifikasi atas pelanggaran.
Pada Oktober 2010, Baver menjadi Grand Marshal untuk perayaan Reuni Alumni Universitas Pennsylvania State tahun 2010.

 

5. Lindsey Vonn (18 Oktober 1984)

 

[spoiler]

(Sumber:zimbio.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Pembalap ski gunung alpine dari Amerika ini telah memenangkan tiga kejuaraan Piala Dunia untuk disiplin overall dan downhill secara berturut-turut (2008, 2009, 2010), wanita pertama dan ketiga yang pernah mencapai prestasi tersebut. Vonn memenangkan medali emas untuk disiplin downhill pada Olimpiade Musim Dingin 2010, yang pertama di dalam event tersebut untuk wanita Amerika. Vonn juga memenangkan tiga gelar musim Piala Dunia berturut-turut di Super G (wanita Amerika pertama yang mencapai prestasi ini), dan dua gelas berturut-turut pada kedua disiplin.
Vonn adalah salah satu dari lima wanita yang telah memenangkan perlombaan Piala Dunia di kelima disiplin ski alpine – Downhill, Super G, Giant slalom, Slalom, dan Super campuran – dan, pada tanggal 7 Desember 2011, telah berhasil mengumpulkan 46 balapan Piala Dunia selama karirnya. Dengan medali emas dan perunggu Olimpiade, dua medali emas Kejuaraan Dunia pada tahun 2009 (plus tiga medali perak pada tahun 2007/2011), dan tiga gelar Piala Dunia disiplin overall, Vonn telah menjadi pemain ski Amerika yang paling berhasil selama sejarah olahraga ski alpine. Hanya dua pemain ski wanita yang telah mencapai kemenangan lebih di Piala Dunia selama karirnya: Annemarie Moser-Pröll dari Austria, dan Vreni Schneider dari Swiss – keduanya telah pensiun.Vonn menerima Penghargaan Laureus World Sport untuk Sportswoman of the Year untuk tahun 2010. Ia juga menerima gelar sebagai USOC’s sportswoman of the year untuk tahun 2010. (**)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Januari 2012.

4 Responses to 5 Atlet Olimpiade Tercantik Dunia (Bagian I)

  1. rata-rata yg cantik olahraganya diatas es ya…. seger jadi tambah seger liatnya :)

  2. Pingback: 5 Atlet Olimpiade Tercantik Dunia (Bagian II-Habis) | www.uniknya.com

  3. Pingback: Atlet Olimpiade Tercantik Dunia | INFO INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com