5 Album Menarik yang Akan Dirilis di Tahun 2012

Oleh:  Iqbal Vetra (kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Banyak persiapan musisi dunia yang sudah mempersiapkan rencana album yang akan mereka rilis di tahun 2012. Dengan memulai banyak perubahan lebih jauh ke depan pada pilihan album yang dikabarkan akan menggebrak  musik dunia di tahun 2012. Mengawali tahun dengan perubahan diharapkan membawa warna musik lebih baik . Berikut Uniknya.com menghimpun 5 catatan musisi dunia yang akan merilis album nya di tahun 2012.

 

1. Air – La Voyage dans la Lune (February 7)

Album ini terinspirasi dari film bisu klasik tahun 1902 “Voyage Dans Le La Lune” (Sebuah perjalanan ke bulan) “oleh Georges Méliès, yang saat ini sedang ramai ditampilkan di festival film di seluruh dunia. The Seven Stars Songfacts melaporan bahwa “Air” ditugaskan untuk menulis sebuah soundtrack baru untuk pemutaran perdana film bisu Georges Méliès, Le Voyage Dans La Lune, di festival film Cannes 2011. Meskipun Film Méliès ‘hanya berdurasi  14 menit, Air mampu menghasilkan musik cukup untuk mengisi seluruh album, yang akan dirilis sebagai album ketujuh mereka pada tanggal 7 Februari 2012.

Air merupakan band “duo france” yang terdiri dari Nicolas Godin dan Jean Benoit Dunckel. Mereka merupakan musisi yang mengusung  aliran Electronic. Electronic dimulai lama sebelum ditemukannya synthesizer, Para pelopornya adalah John Cage, Pierre Schaeffer, dan Karlheinz Stockhausen. Selain mengusung aliran House dan Techno Band ini juga terinspirasi dari pelopor psychedelic rock Pink Floyd dan Krautrockers Tangerine Dream.

 

[spoiler]

Air - La Voyage dans la Lune (sumber: last.fm,old.uniknya.com)

 

 [/spoiler]

 

2. Of Montreal — Paralytic Stalks (February 7)

of Montreal akan merilis album baru ke-11 mereka berjudul Paralytic Stalks di awal tahun depan melalui Polyvinyl Records, sebuah label yang sempat merilis album Deierhof dan Asobi Seksu. Melalui Pitchfork Media, sang vokalis yang menjadi frontman dari of Montreal, Kevin Barnes berkomentar mengenai album barunya, “Album baru of Montreal ini lebih dimengerti oleh orang tertentu saja, dan bukan sesuatu yang semua orang akan suka. Lagu-lagunya lebih intim dan merupakan pengakuan.”

Of Montreal adalah sebuah band indie pop yang dibentuk di Athena, Georgia, Amerika Serikat pada tahun 1997. Band ini dikomandani oleh Kevin Barnes, penulis, peubah, dan komposer sebagian besar musik untuk albumnya. Gaya band ini dikenal memiliki konsep album yang berbeda – beda. Pada Awalnya band ini mengusung musik yang sederhana dan aneh. Lo-fi suara pop indie, yang terkadang berbatasan dengan musik  twee pop.

 

[spoiler]

Of Montreal (sumber: last.fm)

 

 [/spoiler]

 

3. Mark Lanegan Band — Blues Funeral (February 7)

Mark Lanegan rencananya akan merilis album barunya yang diberi judul Blues Funeral pada bulan Februari 2012. Pria yang memiliki suara parau dan emosional yang mampu menyaingi Leonard Cohen dan Tom Waits, Mark Lanegan (lahir November 25, 1964 di Ellensburg, Washington) adalah seorang musisi rock Amerika dan penulis lagu. Lanegan memulai karir musiknya pada 1980-an. Pada tahun 1985, ia menjadi vokalis grup grunge Screaming Trees. Namun kelompok itu bubar pada tahun 2000. Lalu Lanegan memulai karir solo, pada tahun 2004 Lanegan merilis terobosan besar  di album Bubblegum. Lanegan juga telah terlibat dalam proyek musik lainnya, termasuk berkolaborasi dengan band hard rock Queens Of The Stone Age, dan juga kolaborasi jangka panjang dengan Isobel Campbell.

 

[spoiler]

Mark Lanegan Band (Sumber: last.fm,old.uniknya.com)

 

 [/spoiler]

 

4. Leonard Cohen — Old Ideas (January 31)

Old Ideas” merupakan judul album yang  menarik, memiliki karakter menonjolkan diri, tapi jujur​​, kita tidak peduli apakah ini adalah ide dari sekitar tahun 1965. Dengan umurnya yang sudah tidak lagi muda. Leonard Norman Cohen merupakan musisi yang  masih terus konsisten di dengan konsepanya. Dibuktikan oleh album yang akan dirilisnya pada awal tahun 2012.

Leonard Norman Cohen,  (lahir di Montreal, Quebec, Kanada, 21 September 1934; umur 77 tahun) adalah seorang penyair, novelis, dan penyanyi-pengarang lagu Kanada. Karier musiknya pada umumnya dibayang-bayangi oleh karyanya sebelumnya sebagai seorang penyair dan novelis, meskipun ia masih secara sporadis tetap menerbitkan puisinya setelah ia berhasil menembus industri musik. Lagu-lagu Cohen seringkali berat secara emosi dan liriknya pun kompleks yang disebabkan oleh permainan kata puisi yang metaforis daripada aturan-aturan penulisan lagu yang lazim. Karyanya seringkali menjelajahi tema-tema agama, keterasingan, seks, dan hubungan antar-pribadi yang ruwet.

 

[spoiler]

Leonard Cohen (sumber: last.fm)

 

 [/spoiler]

 

5. Paul McCartney Rilis Album  “As-yet-untitled” (Februari 6)

Paul McCartney akan mengawali tahun 2012 dengan merilis sebuah album (belum diberi judul) yang berisikan dua lagu baru dan selebihnya adalah lagu-lagu cover. Album ini sangat unik, karena ini kali pertamanya Paul McCartney merekam suaranya dalam sebuah booth tanpa instrumen. Dalam pernyataan yang dikutip Daily Telegraph, salah satu personil The Beatles itu juga membeberkan albumnya akan terdiri dari dua lagu terbaru bersamaan dengan sejumlah lagu AS klasik yang terinspirasi oleh rekan bandnya John Lennon “The Beatles”. Paul McCartney bekerja sama dengan musisi jazz pemenang Grammy Diana Krall dan produser Tommy LiPuma. Paul McCartney juga melibatkan beberapa musisi kenamaan seperti Stevie Wonder dan Eric Clapton.  McCartney dikenal produktif pada pertengahan era 2000′an dengan merilis album-album andalannya seperti “Chaos and Creation In The Backyard (2005)”, “Memory Almost Full (2007)”, dan “Electric Arguments (2008)” bersama Youth dengan nama sebutan The Firemen. (**)

 

[spoiler]

Paul McCartney (Sumber: thequietus.com)

[/spoiler]

 

Sumber : flavorwire.com, old.uniknya.com Desember 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com