5 Temuan Besar Masa Depan (Bagian I)

Oleh: Ilham Santoso (Kontributor Uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Berikut old.uniknya.com meringkas beberapa temuan yang seharusnya atau akan diciptakan oleh manusia demi keberlangsungan hidup ini. Karena semua temuan ini belum terciptakan, maka inilah kesempatan bagi anda untuk menjadi seorang penemu. Sampai sekarang temuan-temuan berikut hanya telah menjadi bagian khayalan manusia. Meskipun begitu, teknologi-teknologi nyata yang telah ada pernah menjadi impian para penemu atau manusia di jaman dahulu kala. Berawal dari mimpi. Ya, itu merupakan ungkapan yang tepat untuk mewakili gerbang temuan sesuatu yang baru. Tertarik untuk mengukir nama anda di museum sejarah dunia?

 

1. Penjelajahan Antar Bintang

[spoiler]

Penjelajahan Antar Bintang (Sumber:wikimedia.org)

[/spoiler]

Penjelajahan antar bintang adalah perjalanan dengan menggunakan pesawat ruang angkasa bergerak melewati bintang-bintang, baik berawak maupun tak berawak. Konsep perjalanan antarbintang masih berupa konsep yang banyak terdapat dalam fiksi ilmiah. Karena pada kenyataannya perjalanan antarbintang ini amatlah sulit direalisasikan.

Banyak karya ilmiah telah dipublikasikan tentang konsep terkait. Dibutuhkan waktu perjalanan dan teknik kerja yang memadai untuk melakukannya, baik antar generasi dan perjalanan tak berawak tampaknya mungkin, meskipun membutuhkan teknologi yang sangat canggih. NASA telah terlibat dalam penelitian ini menjadi topik untuk beberapa tahun, dan telah melakukan sejumlah pendekatan teoritis.

Tantangan utama dari perjalanan ini adalah jarak tempuh yang amat sangat jauh, karena itu tidak memakan waktu yang tidak sedikit. Dengan teknologi yang kita miliki saat ini membutuhkan waktu dekade ke ribuan tahun untuk mencapainya.

 

2.Terraforming

 

[spoiler]

Terraforming (Sumber:wikimedia.org)

 

[/spoiler]

 

Gambaran artis mengenai proses terraform Mars dalam empat tahap.

Terraform (berarti “membentuk Bumi”) planet, bulan, atau struktur lainnya, adalah proses bersifat hipotesis yang mengubah atmosfir, temperatur, topografi permukaan atau ekologi menjadi mirip dengan Bumi sehingga dapat dihuni oleh manusia.

Istilah ini kadang-kadang lebih digunakan sebagai sinonim ilmu rekayasa planet. Konsep terraform dikembangkan dari baik sains fiksi maupun sains aktual. Istilah ini ditemukan oleh Jack Williamson dalam kisah sains fiksi tahun 1942, Astounding Science Fiction, tetapi konsep aktual terraform mendahului kisah ini.

Dapatkah hal ini dilakukan? Secara teori, ya. Inilah caranya:

Ekosintesis: Ini adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penggunaan spesies-spesies yang dimunculkan untuk mengisi ceruk-ceruk di sebuah lingkungan yang telah tercemar, dengan tujuan untuk meningkatkan kecepatan restorasi ekologis. Paraterraforming: Adalah pembangunan pagar yang dapat dihuni di sebuah planet yang akhirnya berkembang meliputi hampir semua area planet yang dapat digunakan.

 

3. Lift Luar Angkasa

[spoiler]

Lift Luar Angkasa (Sumber:wikimedia.org)

[/spoiler]

 

Lift luar angkasa adalah lift yang didesain untuk mengirim material dari permukaan bumi ke luar angkasa. Banyak proposal telah diusulkan dan melibatkan perjalanan melalui struktur dan bukan dengan menggunakan roket. Konsepnya seringkali mengacu pada struktur yang menjangkau orbit geostasioner dari permukaan bumi.

Konsep lift luar angkasa berawal dari ide seorang ilmuwan Rusia Konstantin Tsiolkovsky, yang pada tahun 1985 mengajukan struktur kompresi atau yang disebut Menara Tsiolkovsky.

Dapatkah ini dibuat? Tentu saja. Teori yang paling umum adalah sebuah tali tambatan, biasanya berbentuk sebuah kabel atau pita, yang merentang dari permukaan dekat khatulistiwa sampai ke satu poin di luar orbit geosinkronis. Ketika planet berotasi, inersi pada ujung tali tambatan meniadakan gravitasi, dan juga menjaga kabel agar tetap kencang. Kendaraan kemudian dapat menaiki tali tambatan tersebut dan mencapai orbit tanpa menggunakan dorongan roket.

 

4. Perisai Energi (Energy Shield)

[spoiler]

Perisai Energi (Sumber:wikimedia.org)

[/spoiler]

 

Biasanya, perisai-perisai energi adalah bentuk medan kekuatan yang dirancang untuk melindungi sesuatu dari senjata atau elemen-elemen dengan cara membiaskan atau menyerap dampaknya. Medan tersebut menyelimuti di sepanjang permukaan, atau dimasukkan ke dalam ruang sekitar sebuah obyek. Perisai ini biasanya bekerja dengan menyerap atau menghilangkan energi dari serangan yang datang; eksposur yang berkepanjangan terhadap serangan-serangan melemahkan perisai dan akhirnya merobohkan perisai, sehingga membuat area yang dilindungi menjadi mudah terkena serangan.

Dapatkah alat ini dibuat? Yang ini cukup sulit. Para ilmuwan sedang bermain-main dengan kemungkinan persentasenya, dan sejumlah rintangan harus diatasi sebelum alat ini dapat dibayangkan.

Energi. Biaya proyeksi satu perisai bisa jadi sangat luar biasa.

Teknologi. Kita harus bisa memproyeksikan energi ke dalam bentuk yang solid. Apabila kita dapat melakukannya, sisanya dapat dibantu oleh sejarah.

 

5. Panacea (Obat untuk Segala Penyakit)

 

[spoiler]

Panacea (Sumber:wikimedia.org)

[/spoiler]

 

Panacea adalah sebuah obat yang dapat mengobati semua penyakit, dan memperpanjang umur. Ini adalah obat terakhir untuk kanker, AIDS, semua virus, semuanya. Selama beberapa milenium, obat semacam ini telah didambakan, dan seiring ilmu pengetahuan medis berkembang, gagasan panacea ini menjadi jauh lebih dekat dengan kenyataan.

Dapatkah obat ini diciptakan? Secara teori, ya. Kemajuan sains medis genetika (khususnya interplay antara gen-gen warisan dan lingkungannya), dan sistem kekebalan sudah merupakan proses menuju penemuan obat ini tiap tahunnya.

 

Sumber: listverse.com, old.uniknya.com, Januari 2012.

2 Responses to 5 Temuan Besar Masa Depan (Bagian I)

  1. saya rasa beberapa temuan lain seperti Archangel, Lilypad… Mega proyek untuk tahun 2058, dan beberapa proyek besar lainnya perlu dimasukkan ke dalam kategori ini dah ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com