5 Hewan Dengan Strategi Buru yang Unik (Bagian I)

Oleh : Iqbal Vetra (kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Sebagian besar aktifitas hewan dihabiskan dengan mencari makanan. Namun setiap hewan memiliki cara yang berbeda pula dalam memperoleh makanan. Banyak  predator (pemangsa)  memiliki cara yang unik untuk menaklukan dan menangkap mangsanya.  Tetapi pada setiap perburuan memiliki kesulitan tertentu, tergantung apa yang dimangsanya. Akibatnya, hewan predator harus memiliki berbagai strategi untuk memenuhi tantangan tersebut. Berikut Uniknya.com menghimpun 5 binatang aneh dengan beberapa macam strategi buruannya. Mari telusuri!

 

1. Archerfish

Ikan ini punya teknik berburu yang canggih. Ikan ini mencari mangsa yang berada di luar air, Untuk mengunci hewan (serangga) buruannya Archerfish menunggu serangga yang hinggap di atas selembar daun yang menjorok ke atas permukaan air di hutan bakau.  Ketika waktunya tepat maka archer fish akan menyemprotkan air melalui mulutnya yang mengakibatkan daun itu bergetar hebat, sehingga serangga terpental ke udara dan jatuh ke dalam air. Sebelum mangsa sempat menyadari situasi tersebut, tubuhnya langsung dilahap seekor Archefish yang menunggunya di dalam air.

 

[spoiler]

Archerfish (sumber: blogspot.com)

 

 [/spoiler]

 

2. Kelabang Raksasa Amazon

Dari tempat bertenggernya di langit – langit  goa. Serangga ini memiliki kaki panjang dan memiliki cakar berbisa, menusuk dan melumpuhkan kelelawar yang melewatinya.  Setelah mangsanya tidak berdaya, kelabang dapat melahap seluruh tubuh kelelawar dalam waktu 60 menit.

Lipan raksasa amazon juga dapat membahayakan manusia. Para lipan raksasa ini dapat di temukan di bagian utara Amerika Selatan dan beberapa pulau lainnya. Mereka bisa mencapai panjang hingga kaki manusia. Mereka memangsa serangga, laba-laba, kadal, katak, burung, tikus dan kelelawar. Kelabang ini bergerak cepat dan tidak takut manusia. Saat kelabang menggigit manusia, akan sangat menyakitkan, namun jarang menyebabkan kematian.

 

[spoiler]

Kelabang Raksasa Amazon (sumber: googleusercontent.com)

 

 [/spoiler]

 

 3. Laba-laba “Pintu Jebakan”

Laba-laba pintu jebakan bersembunyi di sebuah lubang pintu yang disamarkan oleh ranting-ranting dan daun. Ketika serangga yang tidak menaruh curiga berjalan mendekati jebakan tersebut, Laba-laba akan menjangkau dan menarik mangsanya ke dalam lubang untuk dimakan.

 

[spoiler]

Laba-laba (sumber: googleusercontent.com)

 

 [/spoiler]

 

 4. Udang Mantis

Hewan ini memegang pukulan tercepat dalam kerajaan hewan,  kecepatannya mencapai 50 mph, hingga dapat membuat mangsanya cacat seumur hidup dengan hanya beberapa pukulan saja. Hewan ini juga dapat melihat warna pantulan cahaya ultraviolet hingga inframerah. Dengan memiliki mata faset, yaitu kumpulan mata yang terdapat di dalam mata besar. Udang mantis juga memiliki 10.000 mata kecil (ommatidia) di setiap matanya, sehingga mampu membedakan 100.000 ragam warna. Itu berarti 10 kali lipat dari kemampuan mata manusia. Udang semantis juga bisa melihat sebuah jenis warna yang bernama circular polarized light (CPL). Kemampuan ini tidak bisa dimiliki hewan lain. Mata super dan ajaib itu memudahkan udang mantis untuk medeteksi musuh dan mangsanya.

 

[spoiler]

Udang Mantis (sumber: googleusercontent.com)

 

 [/spoiler]

 

5. Dragonfish

Dragonfish atau Grammatostomias flagellibarba, adalah predator ganas meskipun ukurannya yang kecil. Ini adalah salah satu dari banyak spesies yang diketahui menghuni lautan dalam dunia. Ikan ini tumbuh sampai sekitar enam inci panjangnya. Ia memiliki kepala besar dan mulut yang tajam dilengkapi dengan banyak gigi taring. Dragonfish memiliki sebuah  gandul yang melekat di bagian dagu. Gandul tersebut merupakan organ penghasil cahaya yang dikenal sebagai photophores. Dragonfish menggunakan organ ini untuk memancing ikan yang hidup dalam kegelapan pada kedalaman laut yang sangat dalam. Cahaya yang ditimbulkan oleh hewan ini membuat para mangsanya tertarik untuk mendekatinya. Setelah ikan yang tidak curiga terlalu dekat, itu tersentak dalam rahang kuatnya. Dragonfish juga memiliki photophores sepanjang sisi tubuhnya. Organ cahaya ini dapat digunakan untuk memberi sinyal dragonfish lain selama musim kawin. Dragonfish hidup di perairan laut dalam di kedalaman hingga 5000 kaki (1.500 meter). Mereka ditemukan di daerah yang paling tropis di seluruh dunia. (**)

 

[spoiler]

Dragonfish (sumber: googleusercontent.com)

[/spoiler]

 

Sumber: lilomag.com, old.uniknya.com, Januari 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com