5 Konsep Handphone Ramah Lingkungan Terbaik di 2011

Oleh:   Imamal Hakim (kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Banyak perusahaan handphone saat ini berlomba lomba membuat handphone yang canggih, unik ataupun ramah lingkungan. Salah satu tujuan membuat handphone ramah lingkungan adalah untuk membuat rakyat dunia sadar untuk menerapkan metode ramah lingkungan di kehidupan sehari hari. Juga handphone ramah lingkungan ini dapat menekan tingkat pencemaran di dunia ini. Banyak vendor yang sudah mengeluarkan handphone ramah lingkungan andalannya diantaranya Samsung, sony ericsson dll. Berikut ini adalah 5 konsep terbaik handphone ramah lingkungan terbaik 2011:

 

[spoiler]

HP (Sumber: thewondrous.com)

[/spoiler]

 

1. Handphone Bertenaga Surya

Walaupun handphone yang tersedia di pasaran beraneka ragam bentuk dan fungsinya, namun  manusia modern diduga masih mencari varian handphone yang lebih canggih dan efektif-efisien. Salah satu hal yang menyebalkan ketika menggunakan handphone adalah ketika mengisi baterai telepon dengan kabel dan charger, terkadang kita dipusingkan dengan mencari sumber listrik. Dan jika lupa untuk membawa pengisi daya, maka dipastikan Anda frustrasi setiap kali baterai menunjukan indikator “baterai lemah”dan apalagi ketika Anda tidak membawa charger ataupun tidak adanya aliran listrik di sekitar anda. Joseph K. Lee telah merancang sebuah handphone yang diberi nama “sign” yang memanfaatkan sinar matahari untuk mengisi baterai telepon hingga 80%. Sebuah trobosan baru pengisi daya handphone melalui sinar surya.

 

[spoiler]

Handphone Bertenaga Surya (Sumber: fgadgets.com,uniknyacom)

[/spoiler]

 

Berdasarkan fungsi yang digunakan, layarnya membuat pengoperasian handphone ini terasa menakjubkan. SIGN memiliki fasad tanpa noda, memiliki layar tersembunyi dan menggunakan OLED transparan. Nomor, teks, ikon, gambar, dll dapat dibuat untuk muncul ketika diperlukan sebagai keypad dan juga OLED area pixel. kombinasi dengan kaca putih tipis adalah panel surya diposisikan di bagian belakang handphone, yang menerima sinar matahari.

 

2. Samsung Galaxy Skin

Berikut ini adalah konsep handphone yang mungkin membuat Anda telah benar-benar jatuh cinta. Handphone ini memiliki banyak sekali fitur dan cukup lengkap. Layar fleksibel, proyektor, kamera. Salah satu desain, yang Anda membiarkan gambar-gambarnya seakan berbicara.

 

 

[spoiler]

Samsung Galaxy Skin (Sumber:yankodesign.com)

[/spoiler]

 

Mengambil ide dari Gumby dan Pokey, yaitu handphone ultra ramping dapat menjadi bengkok dan tertekuk untuk melayani sebagai berbagai macam gadget yang berbeda. Lipatlah  ke dalam, maka perangkat bisa duduk di dashboard Anda dan berfungsi sebagai pelacak GPS. lekuk mundur, Skin Galaxy makan Anda dapat melakukan sebuah presentasi Power Point pada pertemuan bisnis. Lipat handphone pada sisinya dan ternyata menjadi sebuah jam alarm Anda dapat melihat dalam gelap.

Handphone ini juga dapat digunakan untuk membuat meja stereo pribadi, untuk memainkan lagu-lagu kesayangan Anda. Desain ini bahkan termasuk multi-proyektor dan kamera mini, untuk memproyeksikan film ke permukaan yang datar di dekatnya. Keistimewaan lainnya adalah fleksibilitas  yang bisa berfungsi seperti jam tangan.

 

[spoiler]

Samsung Galaxy Skin (Sumber:yankodesign.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Skin’ fleksibel tidak hanya mengubah kenyamanan dari handphone pintar ini, tapi bagaimana pengguna mengontrol di permukaan layar. Dengan menggeser bentuk ini telepon pintar dapat mentransformasi ke berbagai perangkat dapat digunakan, sampai ke pembangkit tenaga listrik multi-media,anda dapat membuat handphone ini pas di saku Anda. Samsung telah bekerja keras pada display AMOLED prototipe, jadi Skin Galaxy ini bisa terwujud suatu saat nanti.

 

3. Handphone Bertenaga Surya, Yana muskalenko

 

[spoiler]

Handphone Bertenaga Surya (Sumber:thewondrous.com)

[/spoiler]

 

Yana Moskalenko telah merancang handphone konsep bertenaga surya. Konsep ini bekerja dengan bantuan baterai yang menyerap energi bersumber dari matahari, dari rangkaian panel yang melekat pada bagian belakang. Jenis tampilan klasik dengan warna hitam dan biru menjadi dua skema warna dasar yang ditawarkan. 114mm x 58,3 mm x 10,1 mm handphone ini memiliki berat sekitar 90 gram dan menampilkan layar multi-sensor TFT dengan resolusi 240 x 320 piksel dan 17.000.000 skema warna. Handphone ini kompatibel menggunakan frekuensi HSDPA 850/900/1900/2100 (10.2 MB) dan GSM 850/900/1800/1900 dengan waktu bicara 3 jam pada jaringan GSM dan 30 menit pada jaringan 3G HSDPA. Dengan pilihan antara Symbian S60 rel 9.3 dan 3.2 sistem operasi, handphone ini memiliki ARM 11 600 MHz serta 45 MB memori internal mungkin diupgrade dengan kartu microSD. Handphone ini dirancang oleh Yana Moskalenko.

 

4. Echo Spin

Echospin adalah perusahaan teknologi terkemuka yang memungkinkan menjadi pemegang solusi perintis hak untuk menjual dan mempromosikan gadget digital. Mitra mereka meliputi Universal Music Group, Sony Music, Warner Music Group, EMI Music, Disney Music Group, Grup Mesin Label Besar, Ticketmaster, Live Nation, National Geographic, Merah Manajemen Light & Catatan ATO, The, Kolektif Catatan Ultra, dan itu McSweeney, antara lain banyak.

 

[spoiler]

Echo Spin (Sumber: thewondrous.com)

[/spoiler]

 

Echo Spin merupakan sebuah konsep handphone yang didukung oleh energi kinetik user-nya (gerak tubuh pengguna). Setelah perangkat kehabisan daya, hanya baliklah  perangkat menjadi menghadap belakang, tekan tombol, lalu putar mengikuti garis melingkar. Ikuti langkah-langkah yang sederhana ini, maka gerakan tersebut akan mengisi ulang energi Handphone tersebut. Selain itu, konsep fitur dua jenis jenis baterai dilepas. Type 1memiliki warna logam (silver metal), lalu tipe 2 berwarna hitam. Hanphone ini juga memiliki user interface (GUI) yang dirancang secara khusus untuk tujuan bisnis

 

[spoiler]

Echo Spin (Sumber:environmentteam.com,uniknya.coM)

[/spoiler]

 

5. Handphone Origami

Apa yang bisa kita harapkan dari masa depan ketika membahas teknologi handphone? Nah, Jika Anda meminta desainer konsep Chengyuan Wei, jawabannya adalah “kertas” dan “origami” dalam kalimat yang sama sebagai handphone.

[spoiler]

Handphone Origami (Sumber:bitrebels.netdna-cdn.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Mungkin Anda setuju bahwa  konsep handphone  adalah salah satu yang aneh dari konsep-konsep teknologi handphone lainya. Tapi memang begitulah, mengusung konsep kertas yang bisa dilipat dan mengusung origami sebagai seni melipat kertas, merupakan unsur keindahannya. Handphone ini bukan lagi sekedar handphone murah yang berisikan sim card. Tetapi handphone ini adalah handphone yang amat sangat praktis. Jika ada tidak membutuhkannya lagi anda dapat melipatnya dan membuangnya, tidak ada orang lagi yang dapat memakainya. (**)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Desember 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com