5 Keganjilan Cuaca Ekstrim di Dunia (Bagian II–Habis)

Oleh: Galih Pakuan dan Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM]: Pada bagian satu kita telah melihat keganjilan-keganjilan cuaca yang ekstrim di Rusia, beberapa kota di Kanada, dan Kota Spearfish di Amerika Serikat. Kita lihat bagaimana dahsyatnya gelombang panas yang terjadi di Rusia selama musim dingin yang mengakibatkan ribuan orang meninggal. Lalu, kelonjakan suhu yang datang secara tiba-tiba di musim dingin menjadi sangat panas dan setelah 2 menit hilang kembali di Spearfish. Pada artikel ini, old.uniknya.com merangkum lagi lima keganjilan cuaca ekstrim yang terjadi di belahan dunia lainnya:

 

1. Dingin Bukan Kepalang di Bulan Januari, Vancouver, Kanada (1950)

 

[spoiler]

Dingin Bukan Kepalang di Bulan Januari (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Selama bulan Januari, 1950, Amerika Serikat Barat dan Kanada benar-benar cukup beku!Orang-orang dari Negara Bagian Washington menggambarkan bulan tersebut sebagai bulan yang “jahat”, dan Vancouver, Kanada hampir selalu tetap berada di bawah titik beku! Di samping suhu tiap bulan di Vancouver, setelah November yang sejuk dan Desember yang biasa-biasa saja, merupakan suhu yang terdingin yang pernah terjadi di Vancouver, yaitu -2,9 derajat Celsius. Sedangkan suhu normal di Vancouver pada bulan Januari adalah 6,1 derajat, begitu juga dengan kota Calgary yang belum pernah mengalami suhu di bawah titik beku, yaitu -6,7 derajat Celsius pada tanggal 5 Januari, dan 2 hari bersuhu lebih dari -10 derajat Celsius, dan suhu tinggi rata-rata bulan itu adalah -20,4 derajat Celsius. Bayangkan!

 

2. Musim yang Sangat Dingin menjadi Musim yang Sangat Panas, Vancouver, Kanada (2008)

 

[spoiler]

Musim yang Sangat Dingin menjadi Musim yang Sangat Panas (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Bulan Desember 2008 membawa banyak salju ke jalan-jalan Vancouver. Natal itu benar-benar putih, dengan banjir salju setinggi lutut sehingga sulit untuk berjalan, dan juga hampir mustahil untuk berkendaraan. Suhu pada waktu itu tetap berada di bawah titik beku, dengan kerendahan -15,2 derajat Celsius yang dicatat pada tanggal 20 Desember, hanya 2,6 derajat Celsius di atas suhu terendah yang pernah ada sebelumnya yaitu -17,8 pada tanggal 14 Januari 1950. Bulan Juli 2009, di sisi lain, sangat terbalik. Suhu di Vancouver jarang mencapai atau melebihi 30 derajat Celsius (86 derajat Fahrenheit). Faktanya, hal ini terjadi sekitar satu hari di setiap lima tahun sekali. Namun, Vancouver di bulan Juli tersebut mengalami suhu di atas 30 derajat selama empat hari. Dua hari diantaranya memecahkan rekor sebelumnya yaitu 33,3 derajat pada tanggal 9 Agustus 1960, dan rekor baru yaitu 34,4 derajat pada tanggal 30 Juli 2009.

 

3. Musim Semi yang Hangat, Kanada (2004)

 

[spoiler]

Musim Semi yang Hangat, Kanada (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Musim semi tahun 2004 adalah musim semi terhangat yang pernah ada di Kanada. Suhu di bulan April tersebut cukup hangat, dengan catatan suhu yang pernah memecahkan rekor suhu di berbagai tempat. Osoyoos mengalami ketinggian suhu rata-rata di bulan April tahun itu yaitu 21,5 derajat Celsius (sedangkan ketinggian suhu rata-rata di April biasanya adalah 17,6 derajat Celsius); Vancouver mengalami ketinggian suhu rata-rata pada bulan April di tahun itu yaitu 15,7 derajat Celsius (biasanya adalah 13,1 derajat). Rekor ini pun dipecahkan di berbagai kota: Kota Calgary mengalami ketinggian suhu 25,4 derajat Celsius pada tanggal 30 Maret di tahun 2004, Edmonton 24,2 derajat Celsius pada hari yang sama (memecahkan rekor ketinggian suhu ekstrim sebelumya di bulan Maret yaitu 17,6 derajat). Vancouver mencatat ketinggian suhu 24,3 derajat Celsius pada tanggal 1 Mei, 21,5 tanggal 11 April dan 18,5 pada tanggal 29 Maret 2004. Osoyoos mengalami suhu yang lebih tinggi dari 15 derajat selama 29 hari dari ketiga puluh hari di bulan April. Musim semi yang sangat hangat bagi semua orang.

 

4. Salju Ajaib, Florida, Amerika Serikat (1977)

 

[spoiler]

Salju Ajaib, Florida, Amerika Serikat (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

 Penduduk Homestead, Florida, sebuah kota dengan garis lintang Utara 25 derajat, sangat terheran-heran ketika melihat debu-debu salju yang berkilatan di semua barang mereka pada tanggal 19 Januari 1977. Hal ini merupakan salju pertama yang pernah ada, dan tidak pernah ada salju yang jatuh lagi semenjak itu.

Para penduduk tidak hanya heran, namun cukup gelisah disebabkan oleh zat putih yang dingin yang jatuh dari langit tersebut. Banyak tanaman, termasuk panen, rusak karena dingin, dan banyak orang tidak percaya bahwa prediksi ajaib dari peramal cuaca “Dingin dengan pancuran hujan, dan kemungkinan bersalju.” Peramal cuaca tersebut harus menjelaskan kepada orang-orang salju apa itu dan bagaimana pengaruhnya, namun banyak orang hanya berpikir sebelumnya bahwa ia hanya sedang bercanda, dan tidak mengambil peringatan secara serius.

 

5. Satu Tahun tanpa Musim Panas (1816)

 

[spoiler]

Satu Tahun tanpa Musim Panas (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Pada tahun 1816, Gunung Tambora meledak dan menutupi udara dengan abu dan debu. Sunspot dapat dilihat oleh mata telanjang, dan Eropa Barat, Amerika Serikat bagian Timur Laut dan Kanada masih menghadapi kebekuan di bulan Mei dan Juni. Sekitar 1800 orang beku dan mati kelaparan, karena panen tidak dapat terjadi pada waktunya. Orang-orang Selatan di Pennsylvania masih menemukan es danau dan sungai di bulan Juli dan Agustus.(**)

 

Sumber: listverse.com,old.uniknya.com, Desember 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com