5 Keganjilan Cuaca Ekstrim di Dunia (Bag. I)

Oleh: Galih Pakuan dan Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Seringkali kita dijengkelkan dengan pengaruh yang dibawa pergantian musim (pancaroba), yaitu penyakit flu. Dari musim panas menjadi dingin, atau pun sebaliknya. Indonesia sendiri hanya memiliki dua musim, hujan dan panas. Bayangkan bagi mereka yang tinggal di negara-negara yang memiliki lebih dari dua musim. Apa dampak dari musim-musim tersebut? Bagaimana dengan negara yang mengalami cuaca panas secara tiba-tiba di dalam musim dingin atau pun sebaliknya – cuaca dingin dalam musim panas? Berikut old.uniknya.com merangkum 5 keganjilan cuaca ekstrim yang pernah terjadi di dunia:

 

1. Angin Chinook di Kota Calgary, Provinsi Alberta, Kanada (1992)

 

[spoiler]

Angin Chinook di Kota Calgary, Provinsi Alberta, Kanada (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Provinsi Alberta di Kanada memiliki cuaca dan udara hangat, yang dikenal sebagai chinook, sekali dalam satu tahun. Namun cuaca ekstrim ini merupakan kejadian yang paling unik dan patut diperhatikan yang pernah terjadi di Alberta. Angin Chinook kering secara rutin berhembus ke dalam kota Calgary dari gunung-gunung selama musim dingin, yang memberikan kehangatan sesaat bagi masyarakat Calgary. Angin ini menaikkan suhu musim dingin sampai 15 °C (27 °F) hanya dalam beberapa jam, dan mungkin bisa berlangsung selama beberapa hari.

Tanggal 27 Februari 1992, Alberta Selatan menerima sinar matahari hangat seperti saat musim panas, dimana kota Calgary mencapai suhu 22,6 derajat Celcius (72,7 suhu Farenheit). Sebagai perbandingan, suhu tinggi rata-rata untuk tanggal dan lokasi tersebut biasanya adalah 1,3 derajat Celsius (34,3 derajat Farenheit) dan Calgary diketahui kadang-kadang mengalami suhu tersebut di bulan Maret dimana suhu tingginya tidak lebih dari -20 derajat Celsius. Pada tahun tertentu, kota Calgary tidak menemui hari bersuhu 20 Celsius pertamanya sampai di satu hari dalam bulan April, bahkan di bulan Mei dalam beberapa tahun, namun hal ini merupakan satu-satunya yang pernah terjadi di kota provinsi Alberta di bulan Februari.

 

2. Udara Dingin di Musim Panas, Kota Calgary, Provinsi Alberta, Kanada (1992)

 

[spoiler]

Udara Dingin di Musim Panas, Kota Calgary, Provinsi Alberta (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Sekarang, kita berangkat dari suhu yang sangat panas ke suhu yang sangat dingin. Pada tahun yang sama kota Calgary mengalami chinook di bulan Februari tahun 1992, dan kota ini mengalami cuaca musim dingin yang tidak normal pada tanggal 23 Agustus, dimana suhunya hanya mencapai 5,3 derajat Celsius (41.5 derajat Fahrenheit). Selain dingin, terdapat juga debu salju berukuran 0,4 cm. Bayangkan, pergi ke halte bis atau supermarket memakai jas musim dingin di bulan Agustus. Konsep yang terlalu aneh untuk dibayangkan.

 

3. Gelombang Panas di bulan April, Kota Ottawa, Provinsi Ontario, Kanada (2010)

 

[spoiler]

Gelombang Panas di bulan April, Kota Ottawa, Provinsi Ontario, Kanada (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Menurut anda, kapankah waktu yang ideal untuk memasak barbekyu, menyimpan kemeja dan memakai kaos, atau pergi beramai-ramai ke pantai? Mungkin bulan Juli atau Agustus, ketika suhu cuaca biasanya mencapai 26 derajat Celsius, namun pastinya bukan di bulan Juni, September atau mungkin akhir Mei. Bagaimana kalau April? Awal April? Nah, hampir setiap tahun pada minggu pertama April biasanya mencapai 7 derajat Celsius. Namun jika anda datang pada tahun 2010, ceritanya akan menjadi sangat berbeda. Provinsi Ontario terendam di dalam sebuah gelombang panas dari selatan dan kota Ottawa dibombardir dengan dua hari panas berturut-turut. Suhu naik sampai 28,2 derajat Celsius (82,8 derajat Farenheit) pada tanggal 2 April dan 28,5 derajat Celsius (83,3 derajat Farenheit) pada tanggal 3. Setiap orang tercengang kalau suhu cuaca tersebut bisa membumbung sedemikian tingginya pada bulan ini dan peramal cuaca, ketika memprediksi gelombang panas tersebut, harus mengumumkan, “Ini bukan lelucon April Mop.”

 

4. Kenaikan Suhu Cepat, Kota Spearfish, Provinsi Dakota Selatan, Amerika Serikat (1943)

 

[spoiler]

Kenaikan Suhu Cepat, Kota Spearfish, Provinsi Dakota Selatan, Amerika Serikat (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Bagaimana jika kelonjakan suhu secara tiba-tiba? Pada tanggal 22 Januari, 1943, kota ini mengalami lompatan suhu dari -20 derajat Celsius (-4 derajat Fahrenheit) menjadi +7 derajat Celsius (45 derajat Fahrenheit) selama….coba tebak? Hanya 2 menit!

 

5. Gelombang Panas di Russia (2010)

 

[spoiler]

Gelombang Panas di Russia (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Pada musim panas tahun 2010, negara Rusia yang terkenal suhu dinginnya ini mengalami cuaca panas membakar dan tak tertahankan yang mencapai sampai suhu 40 derajat celsius di beberapa wilayah. Banyak orang, diperkirakan sekitar 15 ribu, mungkin lebih, tewas karena serangan panas dan kebakaran hutan. Periode cuaca panas tersebut berlanjut melewati bulan Juli dan  Agustus. (**)

 

Sumber: listverse.com, old.uniknya.com, Desember 2011

2 Responses to 5 Keganjilan Cuaca Ekstrim di Dunia (Bag. I)

  1. nice share..komen back gan.. :)

  2. Pingback: Member GX dari Jogja ,,, Absen sini !!! - Page 364

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com