5 Alat Untuk Melarikan Diri Dari Balik Jeruji

oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Mereka duduk seharian di balik jeruji besi ataupun baja, tanpa sebuah perlengkapan dan akses untuk melihat dunia luar yang membuat pengetahuannya tidak berkembang dan bertambah, mungkin itulah yang terpikirkan oleh orang-orang ‘bebas’. Bahkan tidak ada kreatifitas yang bisa dikerjakan oleh para tahanan, dari dalam sebuah penjara. Namun ternyata para tahanan dengan segala keterbatasannya mampu mengerahkan kemampuan kreatif dan inovatifnya, walaupun berupa teknologi sederhana namun secara logis bisa diterima. Bagi seorang fotografer hebat Marc Steinmetz, yang telah menghabiskan banyak waktunya di bidang fotografi sejak tahun 1990, karya mereka sangat menarik. Ia kemudian memfoto beberapa benda miliki para tahanan yang diduga akan digunakan untuk melarikan diri. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 alat untuk melarikan diri dari penjara:

 

1. Gergaji

Dengan menghabiskan waktu di ruangan terapi Penjara Hohenasperg, alat ini dibuat dari gantungan jas dan dipasangkan mata gergaji. Namun menggunakan gergaji ini sebagai alat melarikan diri akan memakan waktu  lama, atau bahkan membutuhkan banyak mata gergaji untuk memotong jeruji dan pagar besi dan atau baja.

 

[spoiler]

Gergaji (Sumber:environmentalgraffiti.com )

[/spoiler]

 

2. Tali Dari Sprei

Beberapa orang dari kita mungkin pernah mendengar atau melihat para tahanan yang mencoba kabur dengan menggunakan sprei sebagai tali, baik di tayangan film ataupun kejadian nyata. Salah satunya yang tertangkap oleh kamera foto Marc, adalah tali sprei berukuran panjang 16 meter, setelah dipadukan dengan handuk cucian. Alat ini pernah digunakan dalam upaya melarikan diri beberapa tahanan di penjara ‘Santa Fu’ Hamburg, Jerman. Satu orang terjatuh dan lainya mendarat di atap, dan upaya mereka pun gagal.

 

[spoiler]

Tali Dari Sprei (Sumber:environmentalgraffiti.com )

[/spoiler]

 

3. Ketapel

Alat inovatif dan kreatif ini ditemukan di penjara Wolfenbuettel oleh seorang tahanan yang kreatif, bahkan ia menamakannya Dachsund. Alat ini berhasil ditemukan dan dirampas oleh petugas tahanan pada tahun 1991.

 

[spoiler]

Ketapel (Sumber:environmentalgraffiti.com )

[/spoiler]

 

4. Shotgun

Bukan saja mengagumkan; alat ini mampu berfungsi layaknya senjata api! Sebuah senjata api jenis shotgun, terbuat dari besi tempat tidur, besi gorden dan beberapa buah baterai berukuran AA. Pada sebuh upaya pelarian seorang tahanan menyandera seseorang, untuk membuktikan bahwa senjatanya berfungsi dengan baik ia pun menembakannya pada sebuah kaca jendela dan melarikan diri dengan menggunakan sebuah mobil yang telah menunggunya, peristiwa itu terjadi pada 21 Mei 1984.

 

[spoiler]

Shotgun (Sumber:environmentalgraffiti.com )

[/spoiler]

 

5. Tongkat Kait

Tongkat kait ini secara keseluruhan memiliki panjang 4,5 meter, memiliki 13 bagian dan terbuat dari beberapa batang besi yang dihubungkan dan tali kulit. Seorang tahanan di Penjara Ludwisburg, Jerman, pada 19 Agustus 1987, mencoba melarikan diri dengan menggunakan alat ini dan mampu melintasi dua tembok tinggi.

 

[spoiler]

Tongkat Kait (Sumber:environmentalgraffiti.com )

[/spoiler]

 

Sumber: environmentgraffiti.com,old.uniknya.com, Desember 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com