5 Gembong Narkoba Terbesar Meksiko

Oleh : Galih Pakuan dan Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM]: Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif, hingga kini penyebarannya sudah hampir tak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapatkan narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja dari bandar narkoba yang senang mencari mangsa di kawasan sekolah, diskotik, tempat pelacuran, dan tempat-tempat perkumpulan geng. Namun seringkali sulit bagi para aparat hukum untuk membawa para bandar besar dan memiliki jaringan luas khususnya ke meja pengadilan, karena mereka mungkin tidak akan pernah secara langsung terlibat dalam kepemilikan narkoba, tapi  mereka berkerja di balik layar dalam jaringan peredaran narkoba yang mereka pimpin. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 Gembong narkoba terbesar  yang paling dicari:

 

1. Pablo Emilio Escobar Gaviria

Pablo Emilio Escobar Gaviria (1 Desember 1949 – 2 Desember 1993) adalah seorang gembong narkotika Kolombia. Escobar diklaim sebagai “tuhan perdagangan narkoba”dan pada tahun 1989 majalah Forbes mencatatnya sebagai orang terkaya ketujuh di dunia dengan kekayaan pribadi hampir 9 miliar dollar AS. Sementara tahun 1987 majalah Forbes memperkirakan Escobar termasuk tujuh orang terkaya di dunia dengan kekayaan pribadi mendekati 25 miliar dollar AS, sementara jaringan perdagangan narkoba  yang dilihat sebagai musuh Amerika Serikat dan pemerintah Kolombia kartel Medell yang dia pimpin menguasai 80% dari predagangan narkoba dunia. Escobar juga merupakan pahlawan bagi banyak orang di Medell (terutama orang-orang miskin) dia dikenal sebagai pahlawan bagi mereka, karena menciptakan kehidupan lebih baik bagi orang-orang miskin Kolombia.

 

[spoiler]

Pablo Emilio Escobar Gaviria (Sumber: googleusercontent.com)

[/spoiler]

 

Seumur hidupnya dia juga dikenal sebagai seorang penggemar olahraga, ia membangun lapangan sepak bola dan multi lapangan olahraga, serta menyeponsori tim sepak bola liga kecil. Perang melawan Escobar berakhir pada tanggal 2 Desember 1993, sebagai bagian dari upaya menangkapnya Amerika Serikat menyediakan teknologi radio triangulasi, tim pengawasan elektronik Kolombia menemukannya bersembunyi di kawasan miskin, Medell. Pada saat itu terjadi baku tembak antara pihak kepolisian nasional Kolombia dengan Escobar dan pengawalnya. Kedua buronan berusaha melarikan diri dengan berlari melalui atap rumah, tapi keduanya ditembak dan dibunuh oleh Polisi Nasional Kolombia.

 

2. Amado Carrillo Fuentes

Amado Carrillo (17 Desember 1956 – 3 Juli 1997), Lahir di Guamuchilito, Sinaloa, Carillo adalah seorang gembong narkotika Meksiko dan bos Juarez Cartel. Dia dikenal sebagai “El Sea atau de Los Cielos” (Tuhan Langit) karena ia menggunakan pesawat jet besar untuk mengangkut obat-obatan terlarang. Ia juga dikenal untuk pencucian uang lebih dari 20 juta dollar AS melalui Kolombia untuk membiayai armada pesawat yang besar. The U.S. Drug Enforcement Administration (DEA) menjelaskan Carrillo sebagai penyelundup obat yang paling kuat pada masanya. Dia meninggal di sebuah rumah sakit Meksiko setelah menjalani operasi plastik untuk mengubah penampilannya. Pada hari-hari terakhir sebelum kematiannya Carrillo sedang dilacak oleh otoritas Meksiko dan AS.

Pemakaman Carrillo di selenggarakan besar-besaran  dan mewah di Guamuchilito, Sinaloa, tempat ia dipuja sebagai “Robin Hood” oleh orang-orang, menurut laporan khusus  Diario de juarez. Ia dikenal karena hobi memberikan uang,dan ternak kepada ratusan orang, termasuk mobil seperti Ram Charger, Grand Cherokee, Chevrolet Suburban, dan Lincoln Continental. Amado Carrillo bahkan membiayai pembangunan sebuah gereja di sebuah desa. Rumah besarnya di Hermosillo, Sonora,yang  dijuluki “Istana Seribu Satu Malam”. Pada tahun 2006, Gubernur Eduardo Bours meminta pemerintah federal untuk meruntuhkannya.

 

[spoiler]

Amado Carrillo Fuentes (Sumber: googleusercontent.com)

[/spoiler]

 

3. Osiel Cardenas Guillen

Osiel Cardenas guillen (lahir 18 Mei 1967 di Matamoros, Tamaulipas) adalah seorang gembong narkotika Meksiko yang merupakan pemimpin simbolis dari gulf cartel. Awalnya ia hanya seorang mekanik di Matamoros, lalu ia memasuki  ke dalam sindikasi gulf cartel dengan membantu Juan Garca Abrego, capo (pemimpin distrik) pada saat itu, ketika Garca ditangkap pada tahun 1995, pertikaian meletus Cardenas pun ditangkap oleh Angkatan Darat Meksiko dalam pertempuran bersenjata dengan gulf cartel pada 14 Maret 2003 di Matamoros. Pada tahun 1999, di Matamoros, ia diduga mengancam akan membunuh dua agen federal AS yang mengangkut seorang informan gulf cartel melalui Matamoros. Cardenas dan lebih dari selusin anak buahnya mengepung mobil agen di dekat pusat kota. Setelah penyanderaan yang tegang dan dramatis, para agen yang disandera pun berbicara tentang  misi untuk memburu dan membunuh Cardenas, Setelah kejadian itu, Biro Investigasi Federal menawarkan hadiah 2 juta dollar AS untuk penangkapan Cardenas .

 

[spoiler]

Osiel Cardenas Guillen (Sumber: googleusercontent.com)

[/spoiler]

 

4. Jaquin Gusman Loera

Jaquin adalah orang paling dicari di Meksiko, Raja obat bius lolos yang dari penjara dengan bersembunyi di sebuah truk binatu hampir satu dekade lalu yang menjadi  legenda, Dengan  keberuntungannya  yang selalu ia dapatkan setiap kali akan ditangkap pihak kepolisian. Jaquin termasuk  dalam daftar  67 Orang-orang Dunia yang Paling Berpengaruh di Guzma oleh  majalah Forbes. Persaingan  dan perang  antara kartel narkoba dua setengah tahun terakhir, rata-rata 366 pembunuhan per bulan.

Perjuangan dan perdagangan narkotika selama dua dekade kebelakang Jaquin menjadi  tonggak dari bisnis narkotika di perbatasan Meksiko selatan. Seperti perpaduan sifat antara Al Capone dan Jesse James, Mr Guzman ini telah menjadi pahlawan rakyat, yang dikenal sebagai corridos, untuk menghormatinya. Ia dikenal di seluruh Meksiko sebagai “El Chapo,” Bahasa popular di Meksiko untuk seorang pria pendek dan kekar.

 

[spoiler]

Jaquin Gusman Loera (Sumber: lilomag.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Zhenli Ye Gon

Lahir 31 Januari 1963 di Shanghai dan pindah ke Meksiko pada tahun 2002. Sebagai pemilik legal dari Unimed-Pharm Chem Mexico dia menjadi tersangka penyelundupan pseudoephedrine dari Asia ke Meksiko. Ye Gon menjadi orang yang paling dicari di 180 negara, dia kemudian ditangkap oleh aparat AS pada Juli 2007 di Wheaton, Md. Jumlah uang yang di temukan oleh aparat keamanan mexico di kediamannya yang  berjumlah 207 juta dollar AS tunai! (**)

 

[spoiler]

Zhenli Ye Gon (Sumber: informate.com.mx,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: lilomag.com, old.uniknya.com, Desember 2011.

One Response to 5 Gembong Narkoba Terbesar Meksiko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com