5 Film Thriller Terbaik Tentang Narapidana

Oleh:Galih Pakuan dan Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Untuk mengisi musim liburan akhir tahun ini, berkumpul bersama keluarga dengan menonton film dapat menjadi momen yang hangat dan mengesankan. Nah, apabila Anda bingung untuk memilih film mana yang harus Anda tonton, berikut old.uniknya.com memberikan referensi bagi Anda pecinta film-film thriller maupun film-film langka, unik, namun tetap dibintangi oleh para aktor papan atas. Berikut 5 film thriller terbaik mengenai penjara:

 

1. The Hill (1965)

 

[spoiler]

The Hill (sumber: wikimedia.org)

[/spoiler]

 

Film berdurasi 123 menit ini disutradarai oleh Sidney Lumet dan dibintagi oleh Sean Connery (Joe Roberts), Harry Andrews (Sersan Mayor Wilson), Ossie Davis (Jacko King), Roy Kinner (Monty Bartlett), Alfred Lynch (George Stevens) dan Jack Watson (Jock McGrath). The Hill merupakan film pertama dari lima film Sean Connery yang dibuat dengan Sidney Lumet, dan merupakan salah satu film terbaiknya.

Film ini berlatar di sebuah penjara militer Afrika Utara selama Perang Dunia II, tempat lima tahanan baru (Joe Roberts, Jacko King, Monty Bartlett, George Stevens, dan Jock Mcgrath) berjuang untuk bertahan menghadapi hukuman brutal dan para penjaga sadis. Sersan Mayor Wilson yang menguasai segalanya di kamp tersebut memilliki sebuah teori baru tentang rehabilitasi – para tahanan disuruh untuk berlari naik turun bukit berpasir yang dibangun di tengah-tengah kamp, lalu buat mereka menjadi para tentara teladan. Meskipun memiliki sikap yang keras terhadap aturan, Roberts dan masing-masing rekannya mulai menentang Wilson dan asisten barunya yang sadis (Staf Sersan William yang dibintangi oleh Ian Hendry), yang memuncak pada kematian salah satu tahanan dan pada usaha berikutnya untuk menutupi insiden tersebut.

Film yang dikarang oleh Ray Rigby dan R.S. Allen ini telah mendapatkan Winner Best British Cinematography, Winner Best Screenplay di Festival tahun 1965, Winner Best Supporting Actor (Harry Andrews), dan Winner Best British Dramatic Screenplay Award.

 

2. Escape from Alcatraz (1979)

 

[spoiler]

Escape from Alcatraz (sumber: wikimedia.org)

[/spoiler]

 

Film berdurasi 112 menit ini disutradarai oleh Don Siegel dan dibintangi oleh Clint Eastwood (Frank Morris), Patrick McGoohan (Kepala Penjara), dan Fred Ward (John Anglin).

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata di Pulau Alcatraz, San Francisco, Amerika Serikat. Frank Morris dikirim ke penjara. Disana, ia berjumpa dengan tema-teman lamanya, John dan Clarence Anglin yang diperankan oleh Jack Thibeau, dan juga berkenalan dengan tahanan di sel sebelahnya, Charlie Butts yang diperankan oleh Larry Hankin. Setelah serangkaian pengalaman-pengalaman buruk dengan kepala penjara Alcatraz, Morris memutuskan untuk melarikan diri dan membujuk ketiga rekannya untuk bergabung dengan. Para tahanan tersebut menggali dinding-dinding sel-sel mereka dengan sendok. Pada malam pelariannya, Butts ketakutan dan tidak pergi dengan yang lainnya. Morris dan Anglin keluar dari tahanan dan mendayung rakit menuju Pulau Angel, akhirnya tidak pernah terlihat lagi.

Film diterima dengan baik oleh para kritikus dan dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu film terbaik di tahun 1979. Frank Rich dari majalan Time menggambarkan film ini sebagai “cool, cinematic grace” (baca: keapikan sinematis yang keren), sedangkan Stanley Kauffmann dari The New Republic menyebutnya “crystalline cinema” (baca: sinema kristal). Film ini menghasilkan $5,306,354 di Amerika Serikat selama akhir pekan pembukaannya dari tanggal 24 Juni, 1979, yang ditayangkan pada 815 layar. Total pendapatan film ini adalah $43,000,000 di teater-teater Amerika Serikat. American Film Institute menominasi film ini ke dalam kategori AFI’s 100 Years…100 Thrills category.

 

3. Brubaker (1980)

 

[spoiler]

Brubaker (sumber: wikimedia.org)

[/spoiler]

 

Film berdurasi 132 menit ini disutradarai oleh Stuart Rosenberg dan dibintangi oleh Robert Redford (Henry Brubaker), dan berlokasi di The Junction City Prison Farm di kota Persimpangan, Ohio, Bremen, Ohio, New Lexington, Ohio, dan di Gelanggang Wilayah Fairfield di Lancaster, Ohio.

Film ini menceritakan tentang sebuah penjara yang mengalami kesulitan dan Kepala Penjara baru Robert Redford yang berupaya untuk merubah sistemnya. Ketika Kepala Penjara masuk dengan menyamar sebagai seorang tahanan, ia menemukan biang korupsi, perampokan, para penjaga serta pegawai tahanannya yang lalai. Ketika ia membuka identitasnya, dan mulai melakukan perubahan untuk menghentikan koprusi, perusahaan rakyat setempat, yang telah mengambil keuntungan dari para koruptor tersebut, menentang, dan sistem tahanan selatan yang korup mulai membuat masalah politik dengan kepala penjaga yang baru tersebut.

Film ini memenangkan Golden Reel Award untuk Best Sound Editing.

 

4. Animal Factory (2000)

 

[spoiler]

Animal Factory (Sumber: media-imdb.com)

[/spoiler]

 

Film thriller berdurasi 94 menit ini disutradarai dan oleh Steve Buscami (salah satu produsernya) dan dibintangi oleh Willem Dafoe sebagai Earl Copen dan bersetting di San Quentin.

Ron Decker yang diperankan oleh Edward Furlong, pemuda langsing dan memiliki hak istimewa, dihukum masa tahanan atas konsumsi mariyuana. Willem Dafoe berperan sebagai seorang tahanan veteran Earl Copen yang menjaga Ron dan memperkenalkannya kepada  gang Dafoe. Film ini mengkaji dasar hubungan, bagian Ron di dalam gang Earl, dan bagaimana Ron berurusan dengan tahanan-tahanan agresif yang suka menyiksa dan memperkosa. Terdapat rasisme juga terhadap para tahanan dan penjaga, mogok kerja oleh para tahanan Kulit Hitam dan kehadiran obat-obatan keras dimana-mana. Pengacara Ron sedang berusaha mengeluarkan Ron secepatnya, Earl berusaha mendapatkan pembebasan bersyarat, dan kematian sedang menunggu di sel sebelahnya. Akankah penjara tersebut berubah Ron menjadi binatang?

Film ini mendapatkan ulasan-ulasan yang sangat positif. Film ini mendapatkan banyak pujian di Sundance Film Festival. Film ini memiliki rating 81% di Rotten Tomatoes berdasarkan 31 ulasan (25 positif, 6 negatif).

 

4. The Escapist (2008)

 

[spoiler]

The Escapist (Sumber: media-imdb.com)

[/spoiler]

 

Film drama thriller berdurasi 102 menit ini dibintangi oleh Brian Cox (Frank Perry), Joseph Fiennes (Lenny Drake), Liam Cunningham (Brodie), Seu Jorge (Viv Batista), Dominic Cooper (Lacey), Steven Mackintosh (Tony), dan Damian Lewis (Rizza), disutradarai oleh Rupert Wyatt, dan diproduseri oleh Alan Moloney dari Parallel Films dan Adrian Sturges dari Picture Farm.

Frank Perry adalah seorang narapidana yang harus mendapatkan hukuman selama hidupnya di penjara tanpa kebebasan bersyarat. Ketika anak perempuannya yang renggang hubungannya dengan dia jatuh sakit, ia bertekad untuk berdamai dengannya sebelum terlambat. Ia mengembangkan rencana pelarian, dan merekrut sekumpulan orang yang mau melarikan diri – orang-orang yang tidak dapat mencocokkan diri dengan lingkungannya namun memiliki keterampilan-keterampilan unik yang diperlukan untuk rencana berani tersebut dan digabungkan oleh keinginan melarikan diri dari lubang neraka ini. Action ini sebagian besar terjadi di dalam terowongan-terowongan, got-got dan sungai-sungai bawah tanah di London.

Film ini mendapatkan BAFTA Scotland Award untuk Best Film Performance 2008 (Brian Cox) dan British Independent Film Awards 2008 untuk Best Production Achievement (Adrian Sturges and Alan Moloney). (**)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Desember 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com