5 Ordo Laki-laki Terkenal Katolik Roma

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Ordo adalah satu kongregrasi dalam Gereja Katolik Roma dimana para anggotanya hanya terdiri dari rohaniwan dan rohaniwati, baik imam, maupun biarawan dan biarawati. Para anggotanya mengikrarkan kaul, baik sementara maupaun kekal. Mereka hidup dalam komunitas sosial sesuai dengan tata-cara dan konstitusi masing-masing kongregasi, yang telah disetujui oleh otoritas Gereja Katolik. Berikut old.uniknya.com rangkai 5 ordo yang paling dikenal bagi laki-laki:

1. Ordo Karmelit

Ordo Karmelit adalah salah satu ordo keagamaan Katolik dari Katolik Roma yang didirikan di abad ke-12 oleh para rohaniwan di gunung Karmel. Para rohaniwan dari ordo ini menyandang nama O.Carm di belakang nama mereka. Di Indonesia, salah satu gereja yang didirikan oleh ordo ini antara lain adalah gereja Maria Bunda Karmel dari paroki Tomang. Saat ini dipimpin oleh pastor kepala Sixtus Pudjadarma, O.Carm.

 

[spoiler]

Ordo Karmelit (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

2. Ordo Dominikan

Ordo Dominikan adalah sebuah ordo keagamaan Katolik Roma. Di Inggris mereka disebut bruder putih karena jubah yang mereka pakai berwarna putih, sama seperti Ordo Karmelit yang dikenal sebagai bruder hitam karena alasan yang sama. Ordo Dominikan didirikan oleh Santo Dominikus pada awal abad ke-13 adalah salah satu ordo besar dari ordo mendikan yang mengubah kehidupan keagamaan di Eropa secara revolusioner pada masa pertengahan tinggi.

 

[spoiler]

Ordo Dominikan (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

3. Ordo Jesuit

Serikat Yesus biasa dikenal dengan Yesuit atau Jesuit adalah ordo Gereja Katolik Roma. Serikat ini didirikan pada 1534 oleh sekelompok mahasiswa pascasarjana dari Universitas Paris yang merupakan teman-teman Iñigo López de Loyola (Ignatius Loyola). Mereka bersumpah untuk melanjutkan persahabatan mereka setelah mereka selesai studi, hidup dalam kemiskinan sesuai Injil dan pergi mengemban perutusan di Yerusalem. Mereka menyebut diri mereka amigos en el Señor — sahabat-sahabat di dalam Tuhan.

 

[spoiler]

Ordo Jesuit (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Serikat Yesus didirikan bertepatan dengan Reformasi Katolik (Kontra-Reformasi), gerakan dalam Gereja Katolik yang ditujukan untuk melawan Reformasi Protestan (yang ajarannya menyebar ke seluruh Eropa yang beragama Katolik). Mereka melaksanakan ketaatan total kepada Kitab Suci dan doktrin Katolik.

 

4. Ordo Benediktin

Ordo Santo Benediktin atau nama Latin lengkap: Ordo Sancti Benedicti, kadangkala juga disebut Ordo Benediktin, adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk ke biara Katolik Roma yang mengikuti Peraturan Santo Benediktus, ditambah konstitusi lainnya. Biara di Monte Cassino di Italia didirikan oleh Santo Benedict dari Nursia pada sekitar tahun 529 adalah biara Benedictine pertama. Kebanyakan biara pada Zaman Pertengahan adalah dari Ordo Benedictine.

 

[spoiler]

Ordo Benediktin (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

5. Ordo Fransiskan

Istilah Fransiskan digunakan untuk menunjuk ke ordo keagamaan Katolik dan Anglikan yang mengikuti aturan yang dikenal “Aturan St. Francis”, atau seorang anggota dari ordo-ordo tersebut. Ada juga beberapa komunitas kecil Katolik Tua dan Protestan.

 

[spoiler]

Ordo Fransiskan (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Grup yang paling terkenal yang mengikuti “Aturan St. Francis” adalah Ordo Friar Minor (seringkali disebut “Fransiskan” atau “Minoritas”). Ordo Friar Minor adalah ordo keagamaan yang bermula dari Francis dari Assisi.(**)

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, Desember 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com