5 Kamar Jenazah Angker di Dunia

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Kamar mayat, seperti kita ketahui adalah sebuah ruangan yang digunakan untuk menyimpan mayat sebelum akhirnya dimakamkan. Banyak yang menganggap kamar jenazah ini tempat yang menakutkan, bagaimana tidak, di dalamnya tersimpan berbagai mayat manusia yang semasa hidupnya bisa saja seorang penjahat, korban pembunuhan, pemerkosaan serta mereka yang meninggal akibat penyakit taboo. Bahkan tidak ada seorang pun yang ingin memasukinya, karena itu adalah kabar buruk dan sedih. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 kamar jenazah tua yang diabaikan di seluru penjuru dunia:

 

1. Kamar Jenazah yang tidak diketahui keberadaanya,

Foto kamar jenazah ini diabadikan oleh seorang fotografer yang enggan menyebutkan lokasi dan nama. Sehingga dalam kasus yang satu ini, kami tidak memiliki informasi secara detail. Namun sang fotografer hanya mengatakan,”Bangunan ini terakhir digunakan pada tahun 2009. Di sebuah tempat yang tidak dikenal…beberapa fasilitas seperti listrik, peralatan kerja dan saluran air masih berfungsi dengan baik. Gedung ini juga memiliki kamera pengawas (CCTV) besar yang mengarah ke segala penjuru ruangan dan halaman.

 

[spoiler]

Kamar Jenazah yang tidak diketahui keberadaanya (Sumber: environmentalgraffiti.com)

[/spoiler]

 

Keadaan dan situasi ruangan yang terlihat di dalam foto ini terlihat diabaikan dan semakin memburuk. Namun pastinya di ruangan ini pernah menyimpan beberapa mayat manusia. Beberapa mayat yang menanti untuk dibedah dan diotopsi. Tidak saja mayat yang memiliki identitas namun juga sebaliknya, yang sering membuat bingung para ahli patologi memberikan nama kepada jenazah tersebut.

 

[spoiler]

Kamar Jenazah yang tidak diketahui keberadaanya (Sumber: environmentalgraffiti.com)

[/spoiler]

 

2. Kamar Jenazah di Ellis Island, di Kota New York.

Ellis Island adalah sebuah gerbang utama bagi para pendatang asing yang berbondong-bondong mendatangi Amerika Serikat antara tahun 1892 dan 1954. Perlu Anda ketahui bahwa sebanyak 3.000 nyawa telah melayang di kamar jenazah, sebuah angka fantastis bagi rumah sakit yang saat itu masih berfungsi di kawasan Ellis Island ini.

 

[spoiler]

Kamar Jenazah di Ellis Island (Sumber: environmentalgraffiti.com)

[/spoiler]

 

Sang fotografer mengatakan,” di tahun 2008 ini aku mendapatkan sebuah keberuntungan, karena mendapatkan kesempatan langka untuk mengabadikan sebuah bagian dari sejarah Kota New York, sebuah kawasan yang masih tertutup untuk umum dan para wisatawan. Kami berjalan menyusuri setiap ruangan  di dalam rumah sakit, yang menampung pasien gangguan jiwa dan penyakit menular lainnya. Sebuah kesempatan langka ketika bisa berada dalam sebuah ruangan yang memiliki sejarah, melihat dan mengabadikan kamar jenazah serta sebuah tungku

 

3. Kamar Jenazah di Sanotarium Tidak Dikenal, di Jerman

Foto kamar jenazah ini diambil oleh seorang petualang urban, yang saat itu sedang melakukan perjalanannya di sebuah kawasan di Jerman. Kepada Times.com ia mengatakan,” aku pernah mengunjungi beberapa kamar jenazah di berbagai belahan dunia dan harus kukatakan bahwa itu adalah sebuah tempat yang menyeramkan. Selalu terbersit dalam pikiran ketika kita membayangkan apa saja yang pernah terjadi di kamar tersebut—melihat berbagai benda yang masih tersisa, dan beberapa tempat bahkan memiliki peralatan kuno yang melengkapi ruang jenazah.

 

[spoiler]

Kamar Jenazah di Sanotarium Tidak Dikenal (Sumber: environmentalgraffiti.com)

[/spoiler]

 

Ruang otopsi ini terlihat kecil dan sempit, kami menduga bahwa ruangan ini digunakan untuk mengotopsi mayat yang keadaannya sudah tidak baik lagi—ruangan ini memiliki jendela dan filter ruangan untuk membuang bau yang dihasilkan oleh mayat tersebut, sehingga seorang patholog dapat bekerja dengan nyaman.

 

4. Kamar Jenazah Tak Dikenal, di Inggris.

Foto berikut ini bukanlah oven pembakar roti, namun tempat penyimpanan jenazah yang nantinya akan diidentifikasikan dan diotopsi. Kami bertanya (times.com) kepada sang fotografer seandainya ia merasakan sesuatu yang aneh ketika berada di tempat ini, ia menjawab tidak merasakan sesuatu yang aneh dalam atmosfer ruangan jenazah itu.

 

[spoiler]

Kamar Jenazah Tak Dikenal (Sumber: environmentalgraffiti.com)

[/spoiler]

 

Berdasarkan keterangan, tempat ini banyak menyimpan jenazah yang tidak diketahui identitasnya untuk beberapa lama, hingga jenazah tersebut dicocokan dengan foto-foto orang yang dinyatakan hilang, bahkan untuk beberapa tahun. Beruntung, sekarang proses pengidentifikasian  jenazah tidak lagi dilakukan secara publik seperti yang dilakukan di Paris pada tahu 1400’an. Bahkan mayatnya disimpan hingga benar-benar dapat dikenali.

 

5. Kamar Jenazah Hospital Rumah Sakit Militer Cambridge, di Inggris.

Kamar jenazah ini dibiarkan terlantar dan bahkan dibiarkan rusak secara alami, terlihat di dalam foto tersebut dedaunan yang menutupi meja dan lantai ruang otopsi. Namun sedikit ada kejanggalan ketika ada telefon, sepertinya ada seseorang yang menanti untuk menjawab panggilan yang masuk.

 

[spoiler]

Kamar Jenazah Hospital Rumah Sakit Militer Cambridge (Sumber: environmentalgraffiti.com)

[/spoiler]

 

Berdasarkan keterangan yang ada,di sekitar kamar jenazah ini selalu terlihat tentara gurkha yang berpatroli (tentara buatan Inggris yang beranggotakan  bangsa Nepal dan India) sehingga membuat sang fotografer sulit mendapatkan jumlah foto yang baik.

 

 

Sumber: environmentalgraffiti.com, old.uniknya.com, Desember 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com