5 Sayuran Warisan Leluhur

Oleh: Galih Pakuan Santoso

[UNIKNYA.COM] Seberapa jauhkah anda memiliki pengetahuan tentang sayuran? Seberapa banyak jenis sayuran yang anda ketahui? Tahukan anda bahwa ada beberapa macam sayuran langka dan merupakan warisan. Hukum di beberapa negara seperti di Kerajaan Inggris, melarang penjualan beberapa sayuran yang tidak ada pada daftar nasional. Tanaman-tanaman ini telah diwariskan oleh para keluarga dan kebudayaan-kebudayaan tertentu,  spesiesnya pun telah dipertahankan selama ratusan dan bahkan ribuan tahun.

 

Hal ini berarti bahwa ada ribuan macam sayuran yang mungkin anda pikir tidak pernah ada. Misalnya, apakah anda tahu bahwa catatan-catatan tertua tentang wortel (900 SM) adalah dari Afghanistan dan semuanya berwarna jingga? Faktanya telah dipercaya bahwa wortel jingga diciptakan dari sebuah perubahan (baca: mutasi) oleh orang Belanda sebagai penghormatan kepada keluarga kerajaan pada tahun 1700an. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 sayuran warisan manusia-manusia terdahulu:

 

1. Nasi Hitam (Forbidden Rice/Black Rice)

 

[spoiler]

Nasi Hitam (Sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

Nasi yang satu ini,  berasal dari Cina, merupakan salah satu dari beberapa spesies dari nasi hitam. Ketika dimasak, nasi ini berubah warna menjadi ungu kehitam-hitaman dan memiliki rasa yang sama dengan nasi cokelat. Nasi ini memiliki anthocyanin yang tinggi (antioksidan yang kuat), vitamin B, niacin, vitamin E, kalsium, magnesium, zat besi dan seng. Telah dipercaya bahwa nasi ini diberikan nama sebagai nasi Terlarang karena hanya keluarga kerajaan yang diijinkan untuk memakannya.

 

2. Cabai Cokelat Manis (Sweet Chocolate Peppers)

 

[spoiler]

Cabe Cokelat Manis (Sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

Cabai manis ini kali pertama diperkenalkan pada tahun 1965. Namun, menurut sejarah, cabai cokelat manis ini merupakan turunan dari jenis cabe manis (sweet peppers) yang diperkirakan lahir sekitar tahun 5000 SM. Cabai ini berubah dari warna hijau menjadi sangat cokelat ketika matang. Warna ini diduga berasal dari gabungan antara kulitnya yang berwarna ungu kehitam-hitaman dan daging di dalamnya yang berwarna merah bata. Cabai ini memiliki panen sangat banyak dan rasanya sangat manis. Cabe ini bisa digunakan untuk macam-macam salad dan dianggap sebagai satu jenis pencicip makanan di Amerika Serikat. Peppers dinamai oleh Christoper Columbus, yaitu jenis tanaman yang pedas karena tanaman ini mengingatkan Columbus tentang pedasnya biji merica hitam (baca: black peppercorns).

 

3. Terung Telur Putih dari Jepang (Japanese White Egg Eggplant)

 

[spoiler]

Terung Telur Putih dari Jepang (Sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

Sayuran ini merupakan terung atau aubergine warisan Jepang berbentuk telur, berwarna putih. Terung kecil ini mengalami panen yang sangat-sangat subur, dan lezat. Selama anda memanennya, sayuran ini akan terus berproduksi. Beberapa di antaranya dapat berubah warna menjadi kuning, dan rasanya pahit.

 

4. Bunga Kol Italia Berwarna Ungu (Violetta Italia Cauliflower)

 

[spoiler]

Bunga Kol Italia Berwarna Ungu(Sumber: wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Tanaman ini berwarna ungu muda, berukuran besar yang memesona. Sayuran ini lezat apabila dimakan mentah-mentah, begitu halnya apabila dimasak atau dikukus. Selain mengandung serat yang tinggi, berdaun dan vitamin C, tanaman ungu ini juga memiliki kadar anthocyanin yang tinggi, yang dapat memperlambat pembekuan darah dan mencegah penyakit jantung.

 

5. Brokoli Bertunas Bintang Putih (White Star Sprouting Broccoli)

 

[spoiler]

Brokoli Bertunas Bintang Putih (Sumber: wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Brokoli bertunas warna putih ini merupakan salah satu dari brokoli bertunas, selain ada juga yang berwarna ungu. Brokoli bertunas terasa lebih enak dibanding brokoli sup yang biasa kita temukan, namun diantaranya keduanya, yang berwarna putih rasanya lebih lembut dan manis dibanding yang berwarna ungu. Tanaman ini membentuk banyak hulu kecil di ujung batangnya dan satu hulu besar. Tanaman lezat dan lembut ini mengandung Vitamin C, K, B6 dan B9 yang tinggi.

 

Sumber: listverse.com, old.uniknya.com, Desember 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com