5 Efek Pencemaran Udara Terhadap Manusia

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan. Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokal, regional, maupun global. Berikut adalah 5 efek pencemaran udara terhadap manusia:

 

1. Asap atau Kabut

Lokasi pegunungan yang dingin dengan intensitas kabut yang kuat atau lokasi yang berdampak dari maraknya pembalakan liar, dapat menyebabkan penyakit nronchitis, kanker, penyakit jantung dan pnumonia. Bagi anak-anak ashma, infeksi alergi yang dapat menyebabkan gangguan chronis dalam perkembangan hidupnya di kemudian hari.

 

[spoiler]

Asap atau Kabut (Sumber: 108csr.com)

[/spoiler]

 

2. Butir-butir Padat

Butir-butir zat padat yang sangat kecil dapat mengganggu sistem persyarafan manusia dan selain juga dapat menyebabkan penyakit jantung.

 

[spoiler]

Butir-butir Padat (sumber: nanowissen.bayern.de)

[/spoiler]

 

3. Butir-butir Cadmium atau Carbon

Karena butir-butir cadmium dapat berakibat mengabsorver gas pada permukaannya, maka besar kemungkinan carbon yang terserap oleh pernafasaan dan masuk ke dalam paru-paru ini membawa sejumlah gas yang beracun.

 

[spoiler]

Butir-butir Cadmium atau Carbon (Sumber: aquapuresolutions.com)

[/spoiler]

 

4. CO

Dapat meyebakan sakit pernafasaan dan bahkan menyebabkan kematian dalam 30 menit. Hal ini dikarenakan daya darah untuk mengambil oksigen berkurang, sehingga menyebabkan bertambahnya ketegangan pada jantung. Karena lebih banyak darah yang harus diedarkan keseluruhan tubuh dari pada normal.

 

[spoiler]

CO (sumber: climatechangeconnection.org)

[/spoiler]

 

5. No2 dan Hydrocarbon

Dapat menyebabkan sakit mata dan dan gangguan pada paru-paru. Selain itu dapat juga menyebabkan kanker. Contohnya, salah satu Hydrocarbon yang berbahaya adalah benzopyrene yang terdapat pada asap rokok, hasil pembakaran arang batu, pembakaran knalpot, dan pembakaran dari knalpot.(**)

 

[spoiler]

No2 dan Hydrocarbon (Sumber: micromet.psu.edu)

[/spoiler]

 

Sumber: Buku Pintar Seri Senior, old.uniknya.com, Desember 2011

One Response to 5 Efek Pencemaran Udara Terhadap Manusia

  1. wah,harus di galakan lagi pembersihan lingkungan agar polusi bisa di minimalisir,makasih gan info nya

    http://solution-u.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com