5 PLTN yang Menuai Kontroversi

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Kebutuhan energi listrik dunia semakin meningkat. Karenanya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) dipandang sebagai sumber kebutuhan energi yang paling “ramah” yang bisa diaplikasikan. PLTN adalah stasiun pembangkit listrik thermal di mana panas yang dihasilkan diperoleh dari satu atau lebih reaktor nuklir pembangkit listrik. Hingga saat ini, terdapat 442 PLTN berlisensi di dunia dengan 441 diantaranya beroperasi di 31 negara yang berbeda. Keseluruhan reaktor tersebut menyuplai 17% daya listrik dunia. Namun dibalik itu, sederet kontroversi yang diakibatkan kecelakan nuklir senantiasa terus menghantui umat manusia. Berikut old.uniknya.com tampilkan 5 PLTN yang diantaranya menuai banyak kontroversi:

 

1. PLTN Chernobyl, Ukraina

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl adalah pembangkit listrik tenaga nuklir di kota Pripyat, Ukraina, 18 km barat laut dari kota Chernobyl, 16 km dari perbatasan Ukraina dan Belarus, dan sekitar 110 km sebelah utara Kiev. Tempat ini merupakan tempat terjadinya bencana Chernobyl tahun 1986, tetapi karena masih dibutuhkannya energi, tetap beroperasi sampai Desember 2000. Bencana Chernobyl menjadi momok yang begitu menakutkan bagi masyarakat dunia hingga kini.

 

[spoiler]

PLTN Chernobyl (sumber: wikimedia.org)

[/spoiler]

 

2. PLTN Fukushima I, Jepang

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima I sering disebut sebagai Fukushima Dai-ichi, adalah sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir yang terletak di kota Okuma di Distrik Futaba, Prefektur Fukushima, Jepang. Dengan 6 unit terpisah yang terletak di situs dengan jumlah tenaga 4,7 GW, Fukushima I adalah satu dari 25 pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di dunia. Fukushima I adalah pembangkit listrik tenaga nuklir pertama yang dibangun dan dijalanakan seluruhnya oleh Tokyo Electric Power Company (TEPCO).

 

[spoiler]

PLTN Fukushima I (sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

Pada Maret 2011, karena gempa bumi dan tsunami Sendai, pemerintah Jepang mendeklarasikan sebuah “keadaan darurat tenaga nuklir” dan mengevakuasi ribuan penduduk yang tinggal dekat Fukushima I. Ryohei Shiomi dari komisi keselamatan nuklir Jepang mengatakan bahwa para pejabat prihatin tentang kemungkinan kebocoran nuklir.Peristiwa ini,menjadi perhatian serius dunia internasional akan meluasnya dampak kebocoran nuklir yang bakal terjadi. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima II, yang terletak 115 kilometer (71 mil) di sebelah selatan, juga dijalankan oleh TEPCO.

 

3. PLTN Pulau Three Mile, AS

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Pulau Three Mile merupakan PLTN yang terletak di Pulau Three Mile, sebuah pulau buatan yang terletak di dekatHarrisburg, ibukota Pennsylvania. PLTN ini sekarang dimiliki oleh Exelon, dan dioperasikan oleh AmerGen Energy. Awalnya PLTN Pulau Three Mile dibangun sebagai reaktor 2 unit, namun TMI-2 menderita pencairan sebagian pada tahun 1979, dan seluruh inti reaktor itu sekarang telah dipindahkan dari tempat itu.

 

[spoiler]

PLTN Pulau Three Mile (sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

Unit Satu merupakan reaktor air bertekanan 816 MWe yang dipasok oleh Babcock & Wilcox. Pertama kali beroperasi pada tanggal 19 April 1974, dan akan beroperasi hingga 19 April 2014. Pada tahun 2003, Unit Satu membangkitkan listrik sebesar 6.197.031 Megawatthours pada faktor kapasitas 86,5%. Unit Dua hancur akibat pencairan sebagian di tahun 1979. Hancurnya unit dua ini, sempat menimbulkan kekhawatiran dan polemik di kalangan warga Amerika sendiri.

 

4. PLTN Bushehr, Iran 

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Bushehr adalah sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir di Iran yang berada dalam pembangunan. Pembangkit listrik ini terletak di 17 kilometer sebelah tenggara kota Bushehr, di antara desa Halileh dan Bandargeh sepanjang Teluk Persia. Sebuah upacara peresmian resmi diadakan pada 21 Agustus 2010, dan pembangkit listrik ini diharapkan untuk masuk ke jaringan listrik bulan depan. Proyek ini dianggap unik dalam hal teknologi, lingkungan politik dan iklim fisik yang menantang. PLTN milik Iran ini banyak dikecam oleh Amerika dan negara-negara sekutunya.

 

[spoiler]

PLTN Bushehr (Sumber: dw-world.de,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. PLTN Muria, Indonesia

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Muria adalah PLTN yang coba akan dibangun oleh pemerintah Indonesia. Dewan Energi Nasional telah memperhitungkan pada 50 tahun ke depan, Indonesia memerlukan energi listrik sekitar lebih dari 400 ribu megawatt. Dan, saat ini Indonesia baru mempunyai sekitar 30 ribuan energi listrik. Karenanya, pemerintah telah menetapkan pegunungan Muria di Jawa Tengah sebagai lokasi pembangunan reaktor nuklir yang cocok kedepannya. Tapi, rencana ini terus mendapatkan penolakan dari masyarakat setempat dan juga para aktivis lingkungan karena alasan keamanan hingga kini.(**)

 

[spoiler]

PLTN Muria (sumber: suaramerdeka.com)

[/spoiler]

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Desember 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com