5 Olahraga yang Sesuai Dengan Kepribadian Anda

Oleh: Imonika Hansputri (kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Apakah Anda termasuk orang yang jarang berolahraga? Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang melewatkan kegiatan berolahraga. Padahal olahraga memberi banyak keuntungan bagi tubuh manusia secara fisik maupun mental. Solusinya, pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan kepribadian Anda agar olah raga terasa menyenangkan dan manfaat yang Anda dapatkan bisa maksimal. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 jenis olahraga yang cocok untuk 5 ragam kepribadian yang berbeda-beda. Teruslah membaca artikel ini karena salah satu jenis olahraganya bisa jadi cocok untuk kepribadian Anda:

1. Si Aktif

Orang tipe ini biasanya mempunyai segudang kegiatan setiap harinya. Untuk itu dibutuhkan stamina yang prima yang salah satunya bisa didapatkan dengan cara berolahraga. Olah raga untuk si aktif bisa dilakukan kapan saja disesuaikan dengan waktu yang ada. Jika anda termasuk orang yang aktif, cobalah jogging di waktu pagi hari atau sore hari. Idealnya jogging dilakukan selama 20 hingga 30 menit setiap harinya. Manfaat utama olahraga ini yaitu untuk mengatur tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, serta mengurangi lemak di tubuh. Olah raga sederhana ini memerlukan keteraturan agar hasil yang didapatkan maksimal. Selain jogging, berenang juga bisa menjadi pilihan menyenangkan yang dapat mengurangi resiko stroke dan juga penyakit jantung.

 

[spoiler]

Joging (sumber: kagakribet.com)

[/spoiler]

 

2. Si Pemuja Ketenangan

Bagi anda yang penyabar dan mencintai suasana tenang, yoga bisa menjadi alternatif olahraga yang tepat. Walaupun terlihat ‘berdiam diri’, sebenarnya yoga melatih organ-organ tubuh dan pikiran secara aktif. Melalui yoga, pikiran yang fokus bersinergi dengan sendi-sendi, aliran darah, jantung, paru-paru, dan organ tubuh lainnya. Hal itu bisa terjadi karena yoga mengatur pernafasan dan emosi melalui gerakan-gerakan lembut yang menciptakan atmosfer ketenangan. Yoga juga ternyata olahraga yang cukup menghasilkan keringat dan memiliki berbagai manfaat. Misalnya melancarkan sirkulasi darah, melenturkan tubuh, mengencangkan badan, membantu mengatasi insomnia, melancarkan pencernaan, dan menghalau stress. Sebagai nilai tambah, pilihlah tempat beryoga yang nyaman dan bersih supaya Anda mudah berkonsentrasi dalam melakukan olahraga ini.

 

[spoiler]

Yoga (sumber: yogaworldtours.com)

[/spoiler]

 

3. Si Petualang

Tipe petualang menyukai olahraga di luar ruangan. Salah satu olahraga yang tepat untuk orang dengan tipe ini adalah bersepeda. Bersepeda bukan hanya soal menggerakan otot-otot kaki tetapi juga melatih konsentrasi. Untuk Anda yang menyukai kegiatan bersepeda, cobalah melakukannya di tempat-tempat yang memiliki pemandangan indah. Dengan menikmati udara segar sambil bersepeda anda sudah menyumbang jasa kecil untuk bumi ini dengan cara mengurangi polusi kendaraan bermotor. Manfaat penting dari kegiatan bersepeda antara lain untuk menurunkan tekanan darah, membantu mengatasi obesitas, menangani diabetes, dan mengencangkan bokong juga kaki. Jika Anda menyukai olahraga yang lebih memacu adrenalin, kegiatan seperti panjat tebing, berkuda, paralayang, dan berselancar bisa menjadi pilihan.

 

[spoiler]

Petualang (Sumber: alaskaoutdoors.com)

[/spoiler]

 

4. Si Fleksibel

Perempuan yang banyak bergerak dan bersosialisasi biasanya masuk ke dalam kategori ini. Olahraga yang cocok untuk tipe ini adalah yang dilakukan beramai-ramai, misalnya aerobik dan menari. Cara melakukannya biasanya bersama-sama dengan banyak orang di bawah panduan seorang instruktur. Tentu saja suasana yang tercipta sudah pasti meriah dan penuh semangat ketika Anda melakukan gerakan serempak dengan teman-teman Anda dengan diiringi musik. Karena melibatkan gerakan seluruh anggota tubuh, olahraga ini tepat untuk membentuk tubuh yang kencang, kuat, dan ideal. Untuk kegiatan menari, jenis tarian yang bisa menjadi pilihan sangat beragam, dari mulai tari perut hingga hip-hop semuanya memiliki manfaatnya masing-masing.

 

[spoiler]

Tari (Sumber: yolasite.com)

[/spoiler]

 

5.  Si Kooperatif

Olahraga seperti voli, basket, dan sepak bola sangat cocok bagi Anda yang menyukai kegiatan bekerjasama dalam tim. Olahraga dengan tipe seperti ini melatih konsentrasi, kepekaan, dan sekaligus daya pikir. Selain kemampuan teknik dasar yang harus dilatih, tanggung jawab masing-masing peran dalam sebuah tim juga perlu diperhatikan. Setiap gerakan tubuh yang Anda lakukan sangat berkaitan dengan kekompakan tim. Manfaat utama dari olahraga dengan tipe seperti ini yaitu untuk menguatkan jantung, mengontrol lemak dan tekanan darah, serta menguatkan otot-otot tubuh. Dengan olahraga ini Anda tidak hanya mendapatkan tubuh yang bugar tetapi juga pelajaran mental tentang cara bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain. (**)

 

[spoiler]

Basket (Sumber: stowhoops.org)

[/spoiler]

 

Sumber: Janna, old.uniknya.com, Desember 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com