5 Fakta Ekstrim Tentang Binatang Kecil

Oleh ; Bintang Mian (kontributor old.uniknya.com)

 [UNIKNYA.COM] Mungkin kita tidak pernah membayangkan kalau hewan-hewan kecil di sekeliling kita memiliki sesuatu yang terasa seperti mustahil. Padahal dibalik ukurannya yang sangat kecil, hewan itu pasti memiliki kelebihan. Tapi pasti juga ada kekurangannya. Seperti dituliskan old.uniknya.com di bawah ini tentang kelebihan dan kekurangan dari hewan kecil yang ekstrim.

 

1. Semut

Hewan kecil ini terkenal dengan kekompakkannya dalam bekerjasama. Lihat saja mereka saling beriringan saat berjalan, saling berciuman saat berpapasan, hingga bergotong-royong kala mengangkat beban. Bisa jadi kita berpikir, semut akan selalu bersama-sama mengangkat beban yang jauh lebih besar dari tubuhnya. Padahal bisa saja mengangkat beban yang lebih besar itu sendiran, karena semut mampu mengangkat beban  50 kali lebih besar dari tubuhnya sendiri.

 

[spoiler]

Semut (Sumber: nationalgeographic.com)

[/spoiler]

 

2. Siput

Binatang paling lelet kalau berjalan. Tapi paling kuat jika terkena benda tajam. Setajam apapun benda itu tidak akan pernah bisa melukai kaki siput. Kita pasti pernah melihat siput diam di tempat yang sama dalam beberapa hari. Atau berpikir siput itu sudah berganti dengan siput yang lain.  Padahal bisa jadi yang kita lihat hari kemarin atau juga tahun lalu, adalah siput yang sama, karena siput bisa tidur selama 3 tahun.

 

[spoiler]

Siput (Sumber: animals.about.com)

[/spoiler]

 

3. Capung

Pernah menangkap capung? Diantara kita pasti ada yang pernah menangkap hewan kecil ini di saat kecil. Apalagi yang percaya bualan orang tua dulu, kalau anak yang masih ngompol, udelnya harus digigit capung. Nah, kalau kita butuh capung dan kebetulan kita lihat harus secepatnya kita tangkap, karena belum tentu besok bisa pakai untuk keperluan kita. Alasannya karena umur capung  cuma 24 jam saja.

 

[spoiler]

Capung(Sumber: wikimedia.org)

[/spoiler]

 

4. Kecoak

Banyak sekali diantara kita yang sangat jijik melihat kecoak. Aroma baunya itu yang membuat kita merasa mual dan jijik. Nah, kalau kita memang jijik, bunuh tuh kecoak sampai hancur jangan cuma kepalanya saja yang kita patahin, karena kecoak bisa hidup 9 hari tanpa kepala. Seteah itu akan mati karena kelapangan.

 

[spoiler]

Kecoa (Sumber: pestcontrolsupplies.com)

[/spoiler]

5. Ikan

Dalam beberapa film produksi Hollywood, dikisahkan petualangan heroik dari seekor ikan yang mencari anaknya. Bisa menjelajah sangat jauh dan kembali ke tempat asalnya. Pastilah itu hanya film untuk mendidik anak-anak kita, kalau dengan perjuangan yang keras dan penuh kasih sayang sejauh apa pun pasti bisa tercapai. Tapi kalau masalah bisa kembali ke tempat asalnya yang sebenarnya sepertinya tidak mungkin, karena daya ingat ikan hanya 3 detik.

 

[spoiler]

Ikan (Sumber: thefighterfish.com)

[/spoiler]

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Desember 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com