5 Seniman Seni Diorama Kertas (Bagian II-Habis)

Oleh : Triasterina Lastanti (kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]:Saat kampanye go green menyinggung tentang penghematan kertas, beberapa orang mempergunakan kertas ini malah menjadi barang yang bukan dicap sebagai sampah yang akan menumpuk. Adalah seniman-seniman seni diorama kertas yang membuat kertas-kertas tersebut berakhir di meja tamu, ruang belajar bahkan di meja kerja anda, bukan tempat sampah. Uniknya.com merangkumnya dalam 5 seniman seni diorama kertas.

 

 

1. Sarah Bridgland

Tampaknya Sarah Bridgland yang percaya pada pepatah lama rongsokan seseorang, adalah harta untuk sebagian orang. Di usia 29 tahun, Sarah yang berasal dari Inggris ini telah memperoleh 3 penghargaan atas karya seninya dan puluhan pameran seni yang dia ikuti dari tahun 2008.

 

[spoiler]

Sarah Bridgland (Sumber: flavorwire.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Para pemahat dan seniman collge memanfaatkan pasar loak untuk menyelamatkan sisa kertas kuno, kotak tua, dan koleksi lainnya yang menarik , dalam rangka untuk berbaur mereka ke dalam karya seninya. Seperti halnya dengan seri diorama karya Sarah Bridgland yang bertempat di dalam kotak lama, wadah berbahan cotton, dan kotak staple memunculkan huruf dan imej yang meledak keluar dari kotakdimana huruf dan imej tersebut berasal dari potongan-potongan kertas tua.

 

2. Helen Musselwhite

Terinspirasi oleh alam, seniman yang berbasis di Inggris ini menciptakan desain potongan kertas yang cantik ditempatkan di kotak kayu, cangkir teh, dan tempat kue. Potongan halus Musselwhite digabungkan dengan lembaran kertas putih bersih bersama dengan warna mencolok, yang ia buat menjadi makhluk hutan, cottage, dan pohon. Karya ini ia ciptakan sebgai penghormatan kepada rakyat, etnis, dan pertengahan abad seni yang ia kagumi. Banyak dari karyanya memberikan suasana musim semi, dan lagi sosok burung, burung hantu, kelinci dan rusa yang sering menjadi bagian dari karyanya.  Anda dapat memiliki karyanya, dan membeli mereka di websitenya (www.helenmusselwhite.com)

 

[spoiler]

Helen Musselwhite (Sumber: flavorwire.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Elly MacKay

Berasal dari Ontario Kanada, seniman yang juga illustrator dan guru, Ella MacKay menciptakan adegan aneh keluar dari kertas Yupo, dinaungi oleh sebuah teater diorama buatan sendiri, sebelum mengabadikannya dengan berbagai filter cahaya. Warna yang dihasilkan dari karyanya lembut, hampir seperti sedang melihat sebuah film dengan sinematografi yang sangat menakjubkan. 4 penghargaan dan belasan pameran seni yang ia ikuti membuat dirinnya dikenal sebagai seniman diorama. Mackay menampilkan hasil karyanya dalam halaman Etsy dan juga situs resminya di www.ellymckay.com.

 

[spoiler]

Elly MacKay (Sumber: flavorwire.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Yuken Teruya

Di samping media mengejutkan seperti gulungan kertas toilet, tas belanja, dan kotak pizza, seniman yang berikarier di New York Yuken Teruya menggunakan tas McDonald dalam rangka menciptakan pohon yang berasal dari potongan kertas ke dalam seri karyanya dengan judul Notice-Forest. Seniaman asli Okinawa ini mengubah tas makanan, kotak, uangyang sudah using menjadi karya seni yang indah, yang berfungsi sebagai sebuah komentar pada masyarakat dan penyampaian pesan, membuktikan bahwa bahan apapun dapat berubah menjadi kreasi yang menarik jika anda memiliki bakat untuk itu. Teruya menjadi seniman yang digandeng oleh 3 galeri, dua diantaranya bertempat di Amerika Serikat dan satu di Berlin. Untuk melihat karya-karyanya anda dapat mengkases situs resminya di www.yuketeruyastudio.com

 

[spoiler]

Yuken Teruya (Sumber: flavorwire.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. People Too

Selain menciptakan patung musisi pujaan berbahan dasar kertas, Alexei Lyapunov dan Lena Ehrlich, dua seniman yang berperan besar dalam People Too, adegan diorama mode dari dalam kejadian-kejadian di pesawat terbang, kantor, pabrik, dan banyak lagi. Pekerjaan yang rumit yang dilakukan pasangan Rusia ini adalah membuat seri yang terbuat dari kertas dari mulai setting tempatnya, figur orang itu sendiri dan bahkan aksesorisnya dengan hasil mengejutkan seperti nyata.(**)

 

[spoiler]

People Too (Sumber: behance.ne,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, November 2011

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com