5 Genre Musik ‘Unik’ Saat ini

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Musisi adalah salah satu penggiat seni yang setiap waktu pemikirannya dihantui dan dituntut untuk menghasilkan karya yang kreatif. Sehingga tak ayal beberapa musisi terjebak ke dalam lingkaran setan pemujaan dan ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang,  herbal psikotrofika dan alkohol. Namun seiring berjalannya waktu dan zaman, teknologi instrumen musik pun semakin canggih, semua yang menghasilkan bunyi dianggap layak untuk disebut dan dimasukan ke dalam sebuah komposisi musik, sehingga sikap tersebut banyak melahir jenis musik baru, bahkan terdengar aneh di telinga publik musik. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 genre musik unik untuk saat/zaman ini:

 

1. Glitch

Glitch adalah sebuah genre musik yang merupakan peleburan dari musik elektronika (musik industrial dan breakbeat), ide kelahiran musik ini berasal dari suara yang dihasilkan oleh sebuah kesalahan seperti komputer di saat peranti lunak dan kerasnya mengalami error. Suara yang dihasilkan oleh cd yang permukaannya rusak, suara dengan kualitas resonansi-frekuensi rendah, serta beberap unsur suara yang unik lainnya, kemudian dikomposisikan ke dalam sebuah struktur musik secara bersamaan. Sehingga jangan heran ketika Anda menyaksikan pertunjukan musik glitch ini, banyak musisi yang membawa perangkat elektronik yang sudah usang, rusak, dan aneh, namun masih berfungsi dan menghasilkan bebunyian. Genre musik ini berkembang di Jerman sekitar tahun 1990’an, saat itu musisi dan grup yang mencuat namanya adalah Aphex Twin dan Autechre. Genre ini mengutamakan rasa dan selera, dan menawarkan atmosfer yang berbeda. Anda Penasaran? Klik video musik di bawah ini:

 

[spoiler]

Autechre (Sumber: barcodezine.com)

 

Sumber : youtube.com

[/spoiler]

 

2. Anti-folk

Anti-folk adalah sebuah genre musik yang masih sulit untuk didefinisikan secara jelas. Menjadi unik karena memiliki daya tarik dari segi lirik dan banyak dilakukan eksperiment di dalamnya. Salah satu yang bisa dikemukakan adalah kentalnya unsur klasik folk (era 1960’an) dan lirik sarkasme yang disampaikan dengan cara yang ringan, seserius apapun. Secara musikalitas anti -folk sangat kental dengan nuansa avant garde dan suara-suara yang dihasilkanya pun cenderung aneh ditelinga. Namun tantangan bagi para musisi pengusung anti-folk ini adalah kesulitannya memeroleh kesempatan untuk tampil di atas panggung, di depan publik, seperti yang dialami oleh para musisi anti-folk di Kota New York. Namun kebanyakan para musisi anti-folk  tidak merasa terganggu oleh situasi seperti ini, seorang musisi bernama Lach bahkan membuka klubnya sendiri untuk memainkan genre anti-folk. Gerakan genre anti-folk ini kemudian menjangkiti daratan Inggris hingga menjadi musik subkultur London dan menjadi trends, seperti yang dituliskan oleh Majalah Times, “one of London’s hottest subcultures.” Beberapa artis yang dikenal secara global salah satunya adalah Beck, walaupun genre ini banyak mengundang polemik bagi para kritikus musik. Klik video dibawah ini untuk mendengarkan genre anti-folk.

 

[spoiler]

Beck (Sumber: xup.in,old.uniknya.com)

 

Sumber : youtube.com

[/spoiler]

 

3. Drone doom

Drone doom atau dikenal pula dengan drone metal dan power ambient, merupakan subgenre dari musik heavy metal, peleburan dari  genre doom metal dan drone music. Komposisi drone doom umumnya berdurasi cukup panjang, bahkan banyak yang menggambarkan sebagai komposisi musik menghasilkan kesan kuat secara psikologis—salah satu musisi membandingkan bahwa mendengarkan drone doom menyerupai pengalaman mendengarkan musik india raga kala terjadi gempa bumi. Genre ini sangat kuat dengan doom metal dengan segala kesuramannya, keras, cabikan bass kasar, namun kemudian struktur musik tersebut berubah menjadi lambat ketika dileburkan dengan power ambient menjadi musik drone doom. Drone doom pertama kali diusung di Seattle pada tahun 1990, melalui band Earth. Bahkan the Sunn, band pengusung drone doom dari Seattle. Mereka  telah meluncurkan tujuh album, dan terbukti melalui mereka esensi musik drone doom perdengarkan.

 

[spoiler]

The earth (Sumber: ast.fm)

 

sumber : youtube.com

[/spoiler]

 

4. Psychobilly

 Psychobilly adalah sebuah genre yang meraih kesuksesan di daratan Eropa pada tahun 1980’an dan di Amerika sekitar 1990’an. Psychobilly meleburkan dua genre musik rock era 1950’an dan  punrock di akhir 1970’an. Bagaimanapun, pada tahun 1960’an lagu “Paralyzed” milik Legendary Stardust Cowboy, disebut-sebut sebagai salah satu lagu terburuk sepanjang masa yang pernah direkam. Padahal lagu tersebutlah dimana genre psychobily lahir untuk pertama kalinya, menurut pendapat para kritikus psychobily.  Salah satu cara terbaik untuk menjelaskan psychobily adalah musik rockabily yang dimainkan dengan cepat, dengan cara punk, bahkan hampir menyebrang ke musik fast metal ataupun country metal. Secara lirik, psychobily terinspirasi oleh tema-tema horor, beberapa pengusung psychobily Graveyard Shift, The Young Werewolves, dan Zombina and the Skeletones.

 

[spoiler]

The Young Werewolves (Sumber: blogspot.com)

 

sumber : youtube.com

[/spoiler]

 

5. Folktronica

 Genre folktronica merupakan peleburan dari musik folk dan musik elektronika. Genre ini lahir di daratan Inggris di awal 2000’an, saat itu label rekaman di Inggris seperti Twisted Nerve banyak mengontrak beberapa musisi folktronica. Walaupun genre musik folk dan elektronika saling berlawanan satu sama lain, bahkan sebuah peristiwa yang cukup berkesan pahit harus dialami oleh Bob Dylan pada sebuah konser Tur Dunia tahun 1965-1966, saat itu Dylan mencoba melakukan sound check dengan menggunakan sebuah gitar listrik, saat itu pula salah seorang penontonnya meneriakinya dengan kata “Judas” (diartikan pengkhianat). Namun salah satu yang berhasil meleburkan folk dengan instrumen elktronika adalah band Animal Collective, Four Tet, dan Tunng.   Lagu  “Peacebone” adalah karya Animal Collective adalah salah satu contoh dari genre musik folktronic yang sangat popular. Genre folktronica memiliki cara untuk meleburkan semangat musik folk yang hangat ke dalam irama musik elektronika, sehingga menjadikannya sebagai genre musik yang unik. (**)

 

[spoiler]

Folktronica (sumber: blogspot.com)

 

sumber : youtube.com

[/spoiler]

 

Sumber: listverse.com, old.uniknya.com, November 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com