5 Produsen Sepeda Motor Legendaris Dunia

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang diciptakan untuk membantu dan mempermudah mobilitas manusia. Sepeda motor juga merupakan salah satu kebanggaan khususnya bagi para lelaki yang mencintai sepeda motor klasik Eropa dan Amerika. Bahkan di kota-kota besar, di hari – hari tertentu terlihat para pecinta motor tua wara wiri di jalan raya dengan deru knalpotnya yang khas, berkumpul dan parkir di sebuah tempat dengan menderetkan motor mereka di pinggir jalan raya. Berikut old.uniknya.com merangkum produsen sepeda motor legendaris dunia:

 

1. BMW

Pada awalnya ada dua perusahaan di Jerman, Rapp Motorenwerke GmbH dan Gustav Ott Flugmaschinenfabrik, bergabung pada tanggal 7 Maret 1916 untuk membentuk BFW atau Bayerische Flugzeuzwerke AG. Kemudian pada tahun berikutnya gabungan dua perusahaan tersebut merubah namanya menjadi Bayerische Motoren Werke AG atau Bavarian Motor Work yang memproduksi mesin pesawat terbang sampai akhir WW I (Perang Dunia I)

 

[spoiler]

BMW (Sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sepeda motor BMW pertama di buat di  76 Neulerchenfelder Strasse pada tahun 1920 sampai tahun 1922. Sepeda motor ini menggunakan mesin 2 stroke 148cc dengan 53mm bore dan stroke 60mm. sepeda motor ini dikenal dengan sebutan Flink dan masih tampak seperti sepeda yang diberi mesin. Langkah berikutnya adalah membuat mesin dengan kode M2B15  bernama Bavaria Light Engine yang merupakan mesin twin silinder horizontal berlawanan dengan 68mm bore dan stroke 68mm, dan menghasilkankan 6,5 tenaga kuda pada  2.800 rpm.

Antara Tahun 1921-1923 mesin ini dijual kepada perusahaan Jerman lain, tetapi selanjutnya menjadi terkenal melalui penggunaan pada sepeda motor  Helios  pada tahun 1923. Pada model ini M2B15, mesin dipasang arahnya sejajar dengan rangka bukan melintang seperti sepeda motor BMW saat sekarang. BMW hingga sekarang masih melakukan berbagai inovasi dalam mesin dan desain sepeda motornya.

 

2. Harley Davidson

Harley Davidson (HD) adalah sebuah merk sepeda motor Amerika Serikat dari dua yang masih bertahan (satunya adalah Victory) yang sangat legendaris dan mampu bertahan berproduksi hingga kini.  Nama HD diambil dari nama keluarga William S. Harley dan Arthur Davidson yang bekerja sama membangun motor.  Harley Davidson Motor Company berdiri tanggal 17 September oleh empat pendirinya yaitu Harley bersaudara dan Davidson bersaudara (empat saham).  HD bermarkas di Milwaukee, Wisconsin.

 

[spoiler]

Harley Davidson (Sumber: businessweek.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Perjuangan serta usaha keras empat bersaudara tersebut akhirnya pada yahun 1903 menghasilkan sebuah sepeda motor yang berkapasistas mesin kecil 116 cc dan 102 cc (blueprint).  Mesin tersebut dirancang untuk sebuah sepeda onthel biasa. Pada tahun 1904, dealer pertama HD berdiri di Chicago, dengan pemiliknya C.H. Lang yang secara komersil mulai menjajakan satu dari tiga sepeda motor Harley-Davidson pertama yang pernah dibuat. Pada tahun 1905, sebuah motor HD berhasil memenangi balapan 15 mil di Chicago dengan waktu 19 menit 02 detik.  Pada tahun yang sama, karyawan full-time pertama mulai dipekerjakan di Milwaukee.

Harley Davidson kemudian ikut berperan dalam pergerakan militer Amerika Serikat selama Perang Dunia I dan II, karena mesinnya yang tangguh mampu melewati medan berat sekalipun sehingga desainnya pun disesuaikan dengan khas militer. Tidak berhenti di situ saja Harley Davidson Co. hingga kini masih memproduksi dan tetap berinovasi.

 

3. BSA

The Birmingham Small Arms (BSA) merupakan perusahaan yang menghasilkan tidak hanya sekadar motor, pesawat, taksi, senjata dan banyak lagi. Tentu saja sepeda motor merupakan bagian besar dari kegiatan perusahaan dan tahun 1950-an mereka memproduksi lebih dari 75.000 sepeda. BSA berdiri pada tahun 1863 dan divisi sepeda motor mulai berdiri pada tahun 1880. Sepeda bermesin pertama diluncurkan pada tahun 1905 dengan mesin Minerva kecil yang melekat padanya. Mereka mulai memproduksi sepeda motor dengan serius pada tahun 1910.

 

[spoiler]

BSA (sumber: oldclassiccar.co.uk ,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

BSA memiliki reputasi baik untuk sepeda yang handal dan sukses tumbuh dengan diperkenalkannya S27 (juga dikenal sebagai model Sloper). Itu dihasilkan selama 10 tahun dan tersedia dalam 350cc, 500cc dan kemudian mesin 595cc. Sepanjang produksi sedikit diubah sehingga rancangan aslinya menjadi populer.

BSA juga merupakan salah satu alat transportasi militer yang digunakan pada Perang Dunia I dan II, sebagaimana sekutunya Amerika Serikat, Kerajaan Inggris menggunakan BSA sebagai kendaraan para tentaranya, dengan desain dan daya jelajah yang disesuaikan.

 

4. DKW

S.Rasmussen (1878-1964) seorang Engenier berkebangsaan Denmark tiba di Saxoni pada tahun 1916 dan mendirikan sebuah Perusahaan bernama “Zschopauer Maschinenfabric”. Awalnya Ia memproduksi kendaraan bertenaga uap ber-merk “DampkraftWagen” .Ditahun 1919 perusahaan ini mencoba menciptakan sebuah mesin kecil 2-tak- yang dapat dipasang secara “clip-on” di sepeda ,dengan menggunakan kulit sebagai pengingkatnya. Mesin-Mesin ini mereka beri nama “Das Knaben Wunder” Tahun 1921 “Zschopauer Maschinenfabric” berganti nama menjadi “Motorenwerke Rasmussen”, pada tahun 1922 mereka memproduksi Motor pertama mereka “Das Kleine Wunder” ( si kecil yang menakjubkan ) dan setelah itu Perusahaan ini berkembang dengan cepat.

 

[spoiler]

DKW (Sumber: germanmotorcycles.cl,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

 Sebagaimana Umumnya Perusahaan Otomotif lainnya, DKW juga tertarik untuk menguji produknya di ajang Balap Motor, dibawah Hermann Weber “Chief Designer & Engeneer DKW”, mereka membuat sebuah Unit kecil yang membawahi Departement Racing R&D, dan dengan desain dan performa mesin yang handal pada 1930-an DKW sudah merambah dunia Balap di kelas bergengsi Dunia , Ewald Kludge dengan DKW SS-250 nya tercatat dua kali menjuarai European Chamhionship pada 1938 dan 1939 bahkan pada tahun yang sama ia memecahkan Record kecepatan Dunia dengan Top Speed 183,2 km/h di TT Races.

 

5. Triumph

Triumph adalah perusahaan milik swasta Inggris dengan lebih dari 100 tahun sejarah. Triumph selalu memiliki karakter tersendiri dan sejarah menciptakan sepeda yang menjadi klasik desain sejak mereka pertama kali datang ke pasar di tahun 1900. Seperti bagian dari industri sepeda motor Inggris, Triumph bangkrut pada tahun 1980-an, tapi kemudian dibangkitkan lagi pada tahun 1990-an oleh industrialis Inggris John Bloor.

 

[spoiler]

Triumph (Sumber: motor4speed.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sejarah berdirinya perusahaan ini dimulai ketika pada tahun 1883 Siegfried Bettmann pindah ke Coventry Inggris dari Nuremberg, Jerman. Tahun 1887 perusahaan Bettmann mengalami perubahan nama ke New Triumph Co. Ltd. (Selanjutnya akan diubah lagi menjadi Triumph Siklus Co Ltd) dengan investor utamanya adalah John Dunlop, seorang dokter hewan Skotlandia yang, walaupun sebentar, memegang paten untuk ban pneumatik. Kemudian seorang insinyur Jerman, Mauritz Schulte, bergabung dalam Triumph. Dia meyakinkan bahwa Triumph Bettmann harus merancang dan menghasilkan produk sendiri. Oleh karena itu pada tahun 1888 Perusahaan membeli pabrik pembuatan pita-tua di Coventry dan di set untuk membuat sepeda.

1905 Triumph memproduksi sepeda motor pertama sepenuhnya di-rumah. Ini didukung oleh mesin 3-hp dan memiliki kecepatan tertinggi 45 mph. 1907 produksi tahunan mencapai 1.000 unit. Sebuah motor 450cc baru yang mempunyai tenaga 3,5 hp. 1908 Sebuah model baru dilengkapi dengan katrol variabel untuk mempermudah mengubah gigi sehingga pengendara tidak perlu berhenti sama sekali. (**)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, November 2011.

2 Responses to 5 Produsen Sepeda Motor Legendaris Dunia

  1. Nice post. I was watching continuously this blog and I’m impressed! Extremely useful info especially the last part I care for such info much. I was looking for this specific information for a long time. Thanks and best of luck.

  2. It’s really a cool and helpful piece of info. I’m glad that you simply shared this helpful info with us. Please stay us up to date like this. Thanks for sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com