5 Cara Menyembuhkan Writer’s block

Oleh: Imonika HansPutri (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Bagi sebagian besar penulis, writer’s block adalah monster yang mengerikan. Siapa sih yang suka kalau sedang dikejar deadline, eh..otak malah buntu dan kehabisan ide untuk menulis. Ketika mengalami writer’s block, kepala ini terasa kosong dan ide-ide segar yang seharusnya bisa disulap menjadi kata-kata menguap entah kemana. Semua penulis baik yang masih awam maupun yang sudah professional sekalipun pasti pernah mengalami hal menyebalkan tersebut. Apakah writer’s block ini semacam penyakit? Dan jika iya bagaimana cara menyembuhkannya? Berikut ini old.uniknya.com membocorkan lima cara ampuh untuk mengusir monster ini jauh-jauh:

 

1. Tetaplah Menulis

Writer’s block itu cuma mitos!” kata Raditya Dika, seorang penulis novel best-seller dan blogger ternama di Indonesia. Dika mengatakan bahwa yang dinamakan writer’s block itu hanyalah excuse (alasan) seseorang untuk berhenti menulis. Kebanyakan penulis selalu menyalahkan mood yang buruk jika tulisannya tidak kunjung selesai. Bad mood dijadikan alasan untuk menunda-nunda pekerjaan. Ketika bad mood menyerang dan kepala terasa buntu, hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap menulis. Kenapa? Karena tulisan yang jelek masih jauh lebih baik daripada tidak menulis sama sekali. Jika dalam sehari anda mampu menulis satu halaman yang buruk, maka dalam waktu sebulan anda bisa memroduksi tiga puluh halaman draft tulisan yang buruk. Draft yang masih mentah tersebut tentu saja dapat anda perbaiki menjadi tulisan yang lebih baik lagi. Bandingkan dengan jika selama sebulan anda enggan menulis dengan alasan mood yang sedang jelek, yang anda hasilkan tentu hanyalah nol halaman.

 

[spoiler]

Tetaplah Menulis (Sumber: fleurphilips.com)

[/spoiler]

 

2. Lakukanlah Sesuatu yang Anda Sukai

Walaupun dikatakan sebelumnya bahwa writer’s block hanyalah mitos, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini sangat sering dialami oleh penulis terutama yang sedang mengerjakan tulisan panjang seperti novel atau skripsi. Dalam mengerjakan tulisan yang panjang penulis seringkali mengalami ‘thirty’s page blah’ atau yang dijelaskan Raditya Dika sebagai kebuntuan maksimal ketika sampai di halaman ke-tiga puluh.  Jika hal ini terjadi, maka anda tidak perlu terus memaksakan diri untuk menulis. Beristirahatlah sejenak untuk melakukan hal yang anda sukai dan bisa membuat anda merasa rileks. Misalnya memancing, berenang, mendengarkan music, bermain futsal, spa di salon seharian, dan masih banyak lagi tergantung kegemaran  anda.

 

[spoiler]

Lakukanlah Sesuatu yang Anda Sukai (Sumber: wandergirlspeaks.com)

[/spoiler]

 

3. Naik Angkot Keliling Kota

Ollie, seorang blogger ternama sekaligus pemilik toko buku online kutukutubuku.com dan online self publishing nulisbuku.com membagi tips-nya ketika mengalami writer’s block. Menurut Ollie, ide seringkali bisa dengan mudah kita dapatkan dari lingkungan sekitar kita. Yang harus anda lakukan hanyalah menjadi pengamat yang baik. Selain mengamati anda juga harus mempunyai jiwa kepo atau alias rasa penasaran yang tinggi. Salah satu hal yang sering Ollie lakukan ketika sedang buntu adalah jalan-jalan naik angkot atau kendaraan umum lainnya. Di dalam angkot terdapat bermacam-macam orang dari berbagai profesi. Ada yang sedang tidur, ada yang tidurnya mangap, dan mungkin ada juga anak sekolah yang sedang bertengkar sama pacarnya. Menurut penulis yang telah menghasilkan lebih dari 20 buku sejak tahun 2005 ini, hal-hal kecil seperti itu bisa menjadi cerita jika anda bisa merangkainya dengan baik. Kalau mau mengikuti tips dari Ollie ini jangan lupa siapkan ongkos buat membayar angkotnya ya..

 

[spoiler]

Tumpukan coretan tulisan yang salah (Sumber: charlesheflin.com)

[/spoiler]

 

4. Buatlah Deadline Untuk Diri Sendiri

Selain bisa disembuhkan ternyata writer’s block juga bisa dicegah, dan tentu saja yang namanya mencegah pasti jauh lebih baik daripada mengobati. Bagaimana caranya? Mudah saja, jadilah orang yang taat deadline. Jika itu saja masih belum cukup ampuh, maka buatlah deadline yang ditentukan oleh diri sendiri dan bukannya oleh orang lain. Misalnya jika anda mempunyai tugas kuliah yang harus dikumpulkan tiga hari mendatang, jangan anggap bahwa masa deadline anda adalah tiga hari lagi. Selesaikan tugas anda hari ini juga, atau sesegera mungkin. Anda harus memiliki komitmen terhadap diri sendiri, misalnya anda tidak akan menonton acara kesukaan anda di televisi jika tugas anda belum rampung dikerjakan. Dengan cara seperti ini diharapkan tidak ada lagi acara begadang semalam suntuk sehari sebelum waktu pengumpulan tugas.

 

[spoiler]

Buatlah Deadline Untuk Diri Sendiri (Sumber: blogtap.net)

[/spoiler]

 

5.  Jadikan Menulis Sebagai Sebuah Kebiasaan

Semua orang mempunyai waktu favorit untuk menulis. Ada yang bisa lancar menulis ketika pagi hari, sore hari, dan ada juga yang bisa dengan mudah mengetik kalimat demi kalimat pada malam hari ketika suasana sudah sepi. Kenalilah diri anda sendiri, dan waktu menulis yang manakah yang paling tepat untuk anda. Jika anda sudah menemukannya, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat kegiatan menulis itu sebagai sebuah kebiasaan. Misalnya anda adalah morning person yang memiliki stamina menulis paling maksimal di pagi hari. Maka jadikanlah menulis pagi-pagi sebagai sebuah rutinitas sehari-hari. Anda harus menulis setiap pagi, misalnya pada waktu setelah sembahyang sampai waktu sarapan pagi. Jangan perbolehkan diri anda melakukan hal lain (misalnya bermain twitter) sebelum anda menghasilkan sebuah tulisan. Dengan menjadikan kegiatan menulis sebagai sebuah kebiasaan, diharapkan anda akan terhindar dari writer’s block. Selamat mencoba.

 

[spoiler]

Jadikan Menulis Sebagai Sebuah Kebiasaan (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sumber: Dari berbagai sumber,old.uniknya.com, November 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com