5 Kendaraan Resmi Presiden Amerika Serikat

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Negara yang memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1776 silam ini, kini meretas menjadi negara super power. Tak urung sederet kontoversi kebijaksanaan luar negerinyapun menuai pro dan kontra. Untuk menunjukan hegemoninya, salah satu yang ditunjukannya melalui kendaraan resmi kepresiden yang pernah atau sedang digunakan oleh sang presiden. Dengan sederet kecanggihan dan keamanan kelas super tentunya. Berikut old.uniknya.com himpun:

 

1. Air Force One 

Air Force One adalah tanda panggil (call sign) pengatur lalu-lintas udara bagi pesawat United States Air Force manapun yang mengangkut Presiden Amerika Serikat berplesir ke berbagai negara di dunia.

 

Air Force One (Sumber: wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Sejak tahun 1990, armada kepresidenan Amerika Serikat diperkuat oleh dua buah pesawat serial Boeing 747-200B dengan kode ekor ”28000″ dan “29000″ dengan nomor registrasi penunjukan “VC-25A”. Pesawat ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas kpresidenan terlengkap, layaknya Gedung Putih.Hanya ada satu Air Force One yang diperuntukkan bagi presiden; jika WaPres terbang pesawat ini disebut sebagai Air Force Two. Kalau tidak maka akan dipanggil dengan nomornya, seperti pesawat lain.

 

2. Marine One 

Marine One adalah tanda panggilan dari pesawat Korps Marinir Amerika Serikat  yang membawa Presiden Amerika Serikat. Marine One merupakan sebuah helikopter yang dioperasikan oleh  skuadron “Nighthawks” HMX-1. Berjenis VH-3D Sea King atau jenis terbarunya baru, lebih kecil VH-60N ”WhiteHawk”, baik karena digantikan oleh program VXX.

 

Marine One (sumber: globalsecurity.org,old.uniknya.com)

 

3. Cadillac One

Cadillac DTS  adalah salah satu dari jenis mobil ke-presiden Amerika Serikat yang dibuat oleh perusahaan mobil terkenal General Motors (GM). Mobil ini secara resmi dipergunakan oleh mantan presiden George W. Bush hingga presiden AS sekarang Barack Obama. Memiliki spesifikasi khusus layaknya mobil kpresidenan lainnya, baik dari sisi keamanan dan kenyamanan, maka tak heran call sign yang digunakan untuk kendaraan ini adalah “Cadillac One”.

 

Cadillac One (Sumber: cnet.com,old.uniknya.com)

 

4. Ground Force One 

Ground Force One adalah kode-nama untuk bus lapis baja hitam yang digunakan untuk mengangkut Presiden Amerika Serikat dan pejabat penting Amerika lainnya. Mobil ini dibeli dan dimodifikasi sedemikian rupa oleh Secret Service Amerika Serikat dari Perusahaan Tennessee seharga US $ 1,1 juta  bulan Juli 2010 selama pemerintahan Presiden Barack Obama.

 

Ground Force One (Sumber: gawkerassets.com,old.uniknya.com)

 

5. US Car No One/Ferdinand Magellan

Namanya diambil dari nama penjelajah Portugis, Ferdinand Magellan. Nama lain dari gerbong ini adalah US Car No 1. Gerbong kereta ini digunakan sebagai gerbong kepresidenan, dari tahun 1943 sampai dengan 1958.  Ferdinand Magellan  ditetapkan sebagai landmark sejarah nasional oleh Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat dan National Park Service pada tanggal 4 Februari 1985.(**)

 

US Car No One/Ferdinand Magellan (Sumber: flickr.com,old.uniknya.com)

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, November 2011 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com