5 Varian Kopi yang Dikenal Nikmat

Oleh : Triasterina Lastanti (kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Kopi adalah salah satu minuman yang diminati oleh banyak orang di dunia. Dengan varian dan penyajian yang berbeda menyebabkan kopi ini bisa dinikmati, beberapa menginginkan kopinya yang kental ataupun dicampur  dengan bahan lain yang menggugah selera. Hampir di setiap negara, mereka mengeksplorasi biji kopi dengan cara yang berbeda. Uniknya.com merangkumnya  ke dalam 5 varian kopi yang dikenal nikmat untuk anda. Selamat menikmati kopi anda.

 

1. Irish Coffee

Kopi yang satu ini sering dikategorikan sebagai cocktail dibandingkan kopi. Terdiri dari campuran kopi hitam yang kental dengan Whiskey dengan perbandingan 2 berbanding 1 ditambah dengan krim dan brown sugar. Irish coffee ini juga biasanya dipercantik dengan rambahan whipping cream dan bubuk kayu manis di atasnya. Resep Irish coffee ini ditemukan oleh Joseph Sheridan, seorang kepala koki di salah satu restoran di kawasan Irlandia, untuk itu kopi ini diberi nama Irish coffee. Kareana sering dikategorikan sebagai koktail, tak heran beberapa penyajiannya kadang pada gelas koktail, bukan cangkir seperti biasanya.

 

Irish Coffee (Sumber: flickr.com,old.uniknya.com)

 

 

2. Coffee Creme Brulee

Resep ini pernah diperkenalkan oleh Chef Ramsay, seorang chef yang dikenal di Amerika Serikat dan mendunia sejak membintangi beberapa reality show tentang masak memasak dan tak ketinggalan figur kreatif seperti Martha Stewart pun pernah mengenalkannya. Coffee creme brulee ini terdiri dari kopi pekat dan hitam dengan tambahan krim dengan takaran seperempat dari kopinya, kemudian dikocok hingga membuat kekentalan yang sempurna. Dengan tambahan kuning telur dan vanilla dan kemudian dipanaskan menggunakan blowtorch hingga menjadi kerak pada di permukaan cangkir kopinya, menghasilkan kopi dengan penampilan cantik dan rasa yang nikmat.

Coffee Creme Brulee (Sumber: flickr.com,old.uniknya.com)

 

Beberapa orang terbiasa untuk mengetuk kerak karamel yang berkumpul di permukaan kopi tersebut hanya sekedar untuk ritual dan pastinya agar kopi bisa diseruput.

 

3. Cafe Bombon

Cafe Bombon sangat populer di Valencia, Spanyol dan kemudian semakin terkenal di seluruh dunia. Di Indonesia cafe bombon ini mendekati resep kopi susu. Dengan takaran satu banding satu pada kopi ekspresso dan susu, dan dimodifikasi dengan biji kopi asli untuk daerah asia seperti yang kopi susu di Indonesia dan Malaysia, Kopi Vietnam untuk di vietnam dan Kafe ron di Thailand, dengan penyajian yang berbeda-beda.

Cafe Bombon (Sumber: blogs.theherald.co.za,old.uniknya.com)

 

4. Ristretto

Kopi yang dikenal di Belanda, kepekatannya lebih kental dibandingkan ekspresso karena waktu penekanan di alat ekspresso lebih cepat dibandingkan ekspresso. Bahkan volume kopi yang dihasilkannya pun lebih sedikit dari ekspresso. Membuat varian kopi hitam/ekspresso bertambah dengan cara dan waktu penyajian yang berbeda.

Ristretto (Sumber: gimmecoffee.com,old.uniknya.com)

 

5. Cafe latte

Cafe latte bisa menjadi pilihan untuk peminum kopi yang tidak menyukai pekatnya kopi. Dengan perbandingan krim dan ekspreso 2 berbanding 1, menjadikan minuman kopi ini lebih manis dengan porsi krim yang lebih banyak. Kemudian dari cafe latte ini muncul banyak pilihan lagi seperti salah satunya skinny latte yang diperuntuk bagi mereka yang mengonsumsi krim rendah kalori atau mocha latte untuk mereka yang menginginkan esens mocha pada lattenya. Cafe latte ini dikenal berasal dari Italy dan kemudian dengan varian dan bahan yang sama orang Prancis menamakannya cafe au lait, cafe con leche di Spanyol dan galao di Portugis.

Cafe latte (Sumber: koffie-weetjes.nl,old.uniknya.com)

 

Dari berbagai sumber, uniknya, 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com