Ini Dia, Asal Muasal Planet Terbentuk

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Astronom berhasil mengambil gambar terbentuknya sebuah planet. Adam Kraus dari Institut Astronomi di University of Hawaii mengatakan planet tersebut terbentuk dari debu dan gas yang mengelilingi sebuah bintang berusi 2 juta tahun yang berjarak sekitar 450 tahun cahaya dari Bumi.

 

(Sumber: cosmostv.org)

 

Planet tersebut diperkirakan telah mulai terbentuk sekitar 50 ribu hingga 100 ribu tahun lalu. Planet yang diberi nama LkCa 15b itu merupakan planet termuda yang pernah diobservasi. Rekor sebelumnya berusia lima kali lebih tua.

Kraus dan rekannya, Michael Ireland dari Macquarie University menggunakan teleskop Keck di Mauna Kea untuk menemukan planet itu. “Kami melihat obyek tersebut pada waktu yang tepat. Kami menemukan sebuah bintang muda dengan disk yang mengelilinginya yang menunjukan ada sebuah planet yang tengah terbentuk. Kami kemudian melihat sesuatu terbentuk di tengah-tengah disk tersebut,” ujar Kraus.

Kraus menyampaikan penemuannya itu di Goddard Space Flight Center milik NASA di Maryland. Laporan penemuan Kraus dan Ireland itu akan segera diterbitkan di The Astrophysical Journal.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com