5 Adi Karya ‘Tokoh” Dunia (Bagian II-Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Beberapa tokoh dunia di bawah ini, terkenal karena diantaranya melahirkan adi karya atau ‘masterpiece’ yang begitu mendunia. Adi karya atau masterpiece merujuk pada karya-karya besar di bidang seni dan budaya. Termasuk didalamnya adalah karya dalam bidang sastra, musik, drama dan teater, film, seni lukis, seni pahat, seni tari, arsitektur dan karya seni yang lainnya. Berikut old.uniknya.com himpun diantaranya:

 

1. Guernica  (Pablo Picasso)

Guernica adalah lukisan karya Pablo Picasso. Ini diciptakan dalam menanggapipemboman Guernica, Basque Country, oleh pesawat tempur Jerman dan Italia atas perintah pasukan Nasionalis Spanyol, pada tanggal 26 April 1937, selama PerangSaudara Spanyol. Pemerintah Republik Spanyol Picasso ditugaskan untuk membuat muralbesar untuk tampilan Spanyol di Paris Pameran Internasional pada Pameran Dunia 1937di Paris.

Guernica menunjukkan tragedi perang dan penderitaan yang ditimbulkan atas individu-individu, terutama warga sipil tak berdosa. Karya ini telah memperoleh status yangmonumental, menjadi pengingat abadi tragedi perang, simbol anti-perang, dan perwujudanperdamaian. Pada saat penyelesaian Guernica dipajang di seluruh dunia dalam tur singkat, menjadi terkenal dan diakui secara luas. Tur ini membantu membawa Perang Saudara Spanyol untuk perhatian dunia.

 

sumber : artnewsblog.com, wikipedia.org, old.uniknya.com

 

2. Divina Commedia (Dante Alighieri)

Divina Commedia (Komedi Ketuhanan) adalah puisi epik atau wiracarita (puisi yang sangat panjang, seperti cerita) dalam sastra Italia yang ditulis oleh Dante Alighieri antara tahun 1308 sampai kematiannya pada tahun 1321. Puisi ini dianggap sebagai salah satu karya terbesar dalam sastra dunia. Puisi ini berisi mengenai perjalanan setelah kematian, yang imajinatif dan alegoris tentang pandangan dunia  dari abad pertengahan  mengenai akhirat seperti yang dikembangkan di Gereja Barat.

 

Dante Alighieri (sumber : wikipedia.org, old.uniknya.com)

 

3. Paradise Lost (John Milton)

Paradise Lost adalah sebuah puisi epik penyair abad ke-17 Inggris, John Milton. Puisi ini pada awalnya diterbitkan pada tahun 1667, dan diikuti edisi keduanya pada tahun 1674. Puisi ini menceritakan tentang proses “kejatuhan” manusia pertama Nabi Adam dan Hawa ke Bumi yang dikarenakan godaan setan. Kisah ini diadopsi dari cerita  yang dikisahkan dalam kitab suci.

 

Paradise Lost (sumber : wikipedia.org)

 

4. The Canterbury Tales (Geoffrey Chaucer)

The Canterbury Tales adalah sebuah koleksi cerita yang ditulis oleh Geoffrey Chaucer pada abad ke-14 (dua dalam bentuk prosa atau gancaran dan yang lainnya dalam bentuk puisi atau syair). Cerita-cerita ini yang beberapa di antaranya adalah cerita asli dan yang lain tidak, terkandung dalam sebuah cerita bingkai dan diceritakan oleh para peziarah yang berada dalam perjalanan dari Southwark ke Canterbury untuk mengunjungi monumen Santo Thomas Becket di dekat Katedral Canterbury. The Canterbury Talesditulis dalam bahasa Inggris Pertengahan.

 

Ukiran kayu Canterbury Tales dari tahun 1484 (sumber : wikipedia.org)

 

5. The Ring of the Nibelung (Richard Wagner)

Der Ring des Nibelungen atau The Ring of the Nibelung (Cincin dari Nibelung) adalah empat opera epik karya komposer Jerman Richard Wagner (1813-1883). Karya-karya ini didasarkan pada karakter dari Norse saga  dan Nibelungenlied.(**)

 

Ilustrasi Rihard Wagner sedang menulis skrip The Ring Of Nibelung (sumber : postershop.co.uk)

 

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, November 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com