5 Pesawat Tentara yang Efisien Namun Efektif

Oleh: Eris Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Pesawat perang  di bawah ini memang tak semahal generasi mutakhir semacam B-2 Spirit atau F-22 Raptor yang harganya mencapai miliaran dollar Amerika. Pesawat di bawah ini harganya ratusan juta dollar, namun  terbukti efektif di berbagai medan perang. Apa saja mereka? Uniknya.com sajikan ulasannya di bawah ini:

 

1. E-2D Advanced Hawkeye (US$ 232 juta/Rp2,08 triliun) 

Pesawat ini memiliki sistem radar baru sehingga dapat melakukan pengawasan dan pengintaian musuh dengan seksama dan akurat. Kini, E-2D Advanced Hawkeye ini menjadi andalan bagi Angkatan Laut Amerika Serikat dalam berbagai operasinya, terutama di Timur Tengah.

 

E-2D Advanced Hawkeye (Sumber: aviationnews.eu)

 

2. F-35 Lightning II (US$ 122 juta/Rp1,098 triliun) 

Tahun 2001, pabrikan Lockheed Martin menyetujui  membuat pesawat jet supersonic besar untuk militer. F-35 ini memang dibuat untuk  meremajakan seri  pesawat sebelumnya. Namun demikian, kehandalannya di medan perang banyak dipuji.

 

F-35 Lightning II (Sumber: militaryfactory.com)

 

3. V-22 Osprey (US$118 juta/Rp1,062 triliun) 

Pesawat ini dapat terbang dan mendarat seperti helikopter namun hebatnya bisa  terbang lebih cepat daripada pesawat biasa. V-22 ini digunakan pertama kali untuk menyerang Irak pada  tahun 2007.

 

V-22 Osprey (sumber: military-today.com)

 

4. EA-18G Growler (US$102 juta/Rp918 miliar) 

Seri ini adalah  generasi terbaru  dari F/A-18 fighter, namun  telah ditambahkan untuk perang peralatan elektrik. Growler tidak hanya mampu menemukan dan merusakan radar pesawat yang menggunakan anti-radar, namun Growler juga mampu merusak sistem komunikasi musuh.

 

EA-18G Growler (sumber: desktopnexus.com,old.uniknya.com)

 

5. F/A-18 Hornet (US$ 94 juta/Rp846 miliar) 

Pesawat bermesin ganda ini memulai debutnya  melakukan penyerangan di tahun 1980-an. Pesawat ini bisa menyerang ke arah tanah dan udara sekaligus, seperti dilakukan pada Operasi Desert Storm. Banyak digunakan oleh kesatuan angkatan laut sejumlah negara. Negara yang  menggunakan pesawat ini selain Amerika Serikat adalah Kanada, Australia, Finlandia, Kuwait, Malaysia, Spanyol, dst. (**)

 

(Sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, November 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com