Cara Berpakaian Dapat Menghilangkan Stereotipe Ras Lho

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Apa hubungan antara pakaian dan ras seseorang? Ternyata hasil penelitian yang dilakukan di AS menunjukan seseorang akan dinilai sebagai ras tertentu dengan melihat pakaian yang dikenakannya, tidak peduli warna kulitnya.

 

(Sumber: christycat.com )

 

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Plos One  itu menyebutkan masyarakat di AS cenderung menganggap seseorang berkulit putih jika mengenakan pakaian resmi, misalnya setelan jas. Artinya ras apapun Anda, jika mengenakan pakaian resmi, berpeluang dianggap berkulit putih.

Demikian juga jika Anda mengenakan pakaian santai atau pakaian kerja lapangan, apa pun rasnya, berpeluang besar dianggap sebagai orang kulit hitam.

“Hasil penelitian ini menunjukkan apa yang seharusnya menjadi sebuah stereotip ternyata memungkinkan untuk berubah,” kata Jon Freeman dari Universitas Tutfs, yang memimpin penelitian. Freeman menjelaskan pandangan soal ras, gender, atau usia bisa berubah sejalan dengan perasaan orang lain serta mempengaruhi cara manusia berhubungan dan bersikap terhadap orang lain.

Jika demikian, penelitian-penelitian semacam itu, bisa digunakan untuk menghilangkan semua efek setereotip di tengah masyarakat.(**)

 

Sumber: Berbagai sumber, Oktober 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com